Kumpulan Tips Cantik Alami Perawatan Wajah Tradisional Tips Sehat Pewarna Rambut Cat Rambut Halal Model Rambut Terbaru

Saran Dokter untuk Mengatasi Jerawat dan Flek Bintik Hitam di Wajah

Langkah Tepat Mengatasi Jerawat dan Flek Bintik Hitam di Kulit Wajah Sesuai Saran Dokter - Berikut ini jawaban dari dr Juliana Yu, MD.H NH dari House Of Skinovation untuk pertanyaan bagaiamana cara mendapatkan kulit yang cantik dan bersih, sebagaimana disadur dari Femina. Untuk mendapatkan hasil terbaik memang harus konsultasi dengan ahlinya ya.

Konsultasi Saran Dokter Cara Mengatasi Jerawat dan Flek Bintik Hitam di Wajah
Cara Mengatasi Jerawat dan Flek Bintik Hitam di Wajah

Langkah-langkah untuk Mengatasi Kulit Berjerawat dan Flek Bintik Hitam


Bagi saya gaya hidup sehat (termasuk di dalamnya mengonsumsi makanan sehat dan seimbang setiap hari, berolahraga, tidak merokok, dan sebagainya) adalah pencegahan jangka panjang. Namun kulit wajah kita tetap bisa bermasalah karena banyak faktor luar dan dalam. Jika itu terjadi maka penanganan yang tepat, namun tidak berlebihan selalu solusi yang paling bijaksana.


JIKA WAJAH BERJERAWAT

Jerawat dan bekas jerawat pasti menjengkelkan. Apalagi kalau muncul dan muncul lagi. Pertolongan pertama adalah jangan memegang-megang apalagi memencetnya. Bakteri yang ada di tangan kita sangat rentan untuk jerawat. Kalau jerawatnya tidak parah boleh beli obat jerawat tanpa resep dokter. Gunakan sesuai aturannya. Pastikan membersihkan wajah dengan tuntas dengan memilih pembersih yang sesuai (untuk kulit berminyak).

Pada kondisi kulit sedang berjerawat dan Anda tetap butuh bermakeup, pilihlah bentuk foundation cair. Jika suka pakai primer/dasar sebelum memakai foundation, pilih yang berbentuk gel. Ulaskan tipis-tipis saja.

Untuk kunjungan klinik, berikut beberapa jenis perawatannya :
1/ Membersihkan wajah dari komedo dengan metode vacum comedone. Wajah bersih dan pengerjaannya tidak terlalu menyakitkan kulit.
2/ Jika kondisi jerawat cukup parah, sudah ada nanah, biasanya disarankan perawatan laser.
3/ Jika banyak bekas-bekas jerawat yang menghitam di wajah, biasanya dilakukan microdermabrasi atau hydro dermabrasi. Microdermabrasi diperuntukkan untuk kulit berminyak sedangkan hydrodermabrasi lebih baik untuk kulit yang cepat memerah dan proses eksfoliasi tetap ingin dilakukan.


JIKA WAJAH MENGALAMI FLEK ATAU BINTIK-BINTIK HITAM

Saat di wajah tiba-tiba tumbuh bercak hitam pada umumnya orang menyebut proses penuaan. Tidak perlu panik. Langkah pertama adalah cek terlebih dahulu apakah bercak itu kecil ataukah besar dan lihat kemungkinan penyebabnya:
1/ Sering terkena paparan matahari langsung
2/ Sedang mengonsumsi pil KB
3/ Menggunakan alat kontrasepsi spiral
4/ Hormon tidak seimbang
5/ Tidak cocok dengan skin care tertentu.

Saya menyarankan Anda berkonsultasi dengan dokter kulit dengan penanganan yang tepat. Klinik kecantikan yang berpengalaman biasanya menyarankan perawatan laser yang kini sudah sangat maju untuk mengurangi flek hitam ini. Dari paparan diatas, salah satu pencegahan yang harus dilakukan setiap hari adalah wajib menggunakan tabir surya (UV protection).

Saran dokter untuk mengatasi masalah jerawatan dan flek hitam di atas cukup sederhana namun sudah memuat poin penting yang perlu kita ketahui dan terapkan. Perawatan kulit dan wajah harus dilakukan secara rutin dan konsisten. Bila punya waktu luang yang cukup, silahkan merawatnya sendiri di rumah. Namun untuk yang tidak banyak waktu dan ingin praktis, dapat mengunjungi klinik kecantikan terdekat. Tentu saja akan ada perbedaan dalam hal anggaran yang harus dipersiapkan. Untuk riasan wajah, coba baca artikel menarik tentang Trend Make Up Terbaru Ala Wanita Thailand. Diyakini bakalan menggusur gaya poles wajah ala cewek Korea lho.
0 Komentar untuk "Saran Dokter untuk Mengatasi Jerawat dan Flek Bintik Hitam di Wajah"

Back To Top