Kumpulan Tips Cantik Alami Perawatan Wajah Tradisional Tips Sehat Pewarna Rambut Cat Rambut Halal Model Rambut Terbaru

Faktor Penyebab Keputihan Yang Berlebihan

Daftar faktor penyebab keputihan berlebih. Keputihan menjadi masalah sejak lama bagi kaum wanita. Setiap wanita pasti pernah mengalami gangguan keputihan, sehingga terkadang wanita menganggap enteng tentang persoalan keputihan. Padahal kondisi ini tidak dapat dianggap enteng, karena keputihan pada kaum wanita dapat mengakibatkan penyakit lain yang berbahaya jika keputihan tidak segera diatasi. Keputihan dapat mengakibatkan kemandulan, hamil di luar kandungan, dan keputihan juga menjadi gejala dari kanker leher rahim. Pengertian keputihan itu sendiri adalah cairan yang berlebihan yang keluar dari alat kelamin wanita. Lihat juga Tips Cara Mudah Memperindah Bulu Mata.
Faktor Penyebab Keputihan Yang Berlebihan
Faktor Penyebab Keputihan Yang Berlebihan

Cairan keputihan ini sering terjadi pada saat sedang masa subur atau sebelum dan sesudah menstruasi. Keputihan dapat digolongkan menjadi dua sifat, yaitu keputihan fisiologis atau keputihan dalam keadaan normal, dan keputihan patologis atau keputihan yang diakibatkan karena penyakit (abnormal). Keputihan yang dialami oleh setiap wanita tidak mengenal batas usia.

Keputihan fisiologis atau keputihan normal pada umumnya terjadi pada setiap wanita yang dialami pada saat sebelum dan sesudah menstruasi. Selain itu keputihan fisiologis terjadi pada masa subur wanita, dan pada saat mendapatkan rangsangan seksual. Ciri-ciri dari keputihan fisiologis adalah cairan yang keluar dari alat kelamin berwarna bening jernih, tidak lengket, dan tidak mengeluarkan bau. Sedangkan keputihan patologis atau keputihan abnormal merupakan keputihan yang bias dikategorikan ke dalam suatu gangguan kesehatan (penyakit).

Keputihan abnormal ini apabila tidak segera diatasi akan berbahaya. Ciri-ciri dari keputihan ini adalah keluarnya cairan dari alat kelamin perempuan yang berwarna putih keabu-abuan, kekuningan bahkan kehijauan yang mengeluarkan bau tidak sedap. Terkadang keputihan abnormal ini juga menimbulkan rasa gatal di area kewanitaan.

Masalah yang sering timbul pada organ kewanitaan adalah keputihan yang berlebih. Keputihan yang berlebih akan membuat seorang wanita merasa tidak nyaman dalam melakukan kegiatan rutinitas sehari-hari. Berikut adalah beberapa penyebab keputihan berlebih yang harus anda hindari:

1. Infeksi karena bakteri Canida Albicans
Bakteri ini sering menimbulkan masalah pada keputihan dan membuat pH di dalam organ kewanitaan tidak seimbang. Jika seorang wanita terkena infeksi akibat dari bakteri ini, maka harus segera diatasi. Karena keputihan yang berlebih yang diakibatkan oleh bakteri ini dapat menimbulkan berbagai resiko, seperti timbulnya kista, kanker, maupun tumor.

2. Jamur Monilia
Penyebab keputihan berlebih karena jamur Monilia yang dipicu oleh adanya penyakit kencing manis, pada saat penggunaan obat pil KB, dank arena daya tahan tubuh yang sangat rendah.

3. Virus
Penyebab keputihan berlebih akibat virus biasanya diderita oleh penderita penyakit kelamin.

4. Kurangnya menjaga kebersihan celana dalam
Bahan celana dalam yang digunakan seorang wanita sangat berpengaruh terhadap keputihan yang berlebih. Karena bahan yang tidak mudah menyerap air akan membuat daerah kewanitaan lembab dan menimbulkan jamur.

5. Membilas bagian kelamn dengan arah yang salah
Saat membilas lebih baik dilakukan dengan arah dalam ke arah anus. Karena apabila terbalik, maka bakteri yang ada di anus akan terbawa ke alat kelamn wanita.

6. Sering menggunakan WC umum yang kotor
Sebaiknya sebelum menggunakan fasilitas umum, bersihkan dengan tisu antiseptik atau tisu basah serta dialasi dengan tissue kering.

7. Kelelahan yang berlebih.
Tubuh butuh istirahat yang cukup agar semua organ bagian luar dan dalam berfungsi dengan baik

8. Rasa stress
Kurangi rasa stres dan lakukan relaksasi atau rekreasi

9. Tidak sering mengganti pembalut saat sedang menstruasi
Sebaiknya disiplin untuk mengganti pembalut dan jaga bagian penting kita tetap kering dan bersih

10. Pola hidup yang tidak seimbang
Bekerja atau beraktivitas boleh saja, namun tetap dijaga keseimbangannya ya. Work life balance itu penting

Pola hidup yang tidak seimbang ini yaitu seperti makan makanan yang siap saji tanpa memikirkan kandungan zat nutrisi yang ada di dalam makanan tersebut, dan kurangnya berolahraga.

Demikianlah beberapa faktor penyebab keputihan berlebih yang sebaiknya anda hindari. Jika anda sudah terlanjur mengalami keputihan yang berlebih, maka haruslah segera diatasi. Karena meskipun keputihan bukan merupakan suatu penyakit yang berbahaya, akan tetapi keputihan bisa memicu munculnya penyakit yang membahayakan tubuh. Semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Faktor Penyebab Keputihan Yang Berlebihan"

Back To Top