Kumpulan Tips Cantik Alami Perawatan Wajah Tradisional Tips Sehat Pewarna Rambut Cat Rambut Halal Model Rambut Terbaru

Cara Mudah Meredakan Sakit Kepala Secara Alami

Cara meredakan sakit kepala secara alami. Setiap orang pasti pernah merasakan sakit kepala. Sakit kepala biasanya muncul bersamaan dengan penyakit lain, seperti kurang darah (anemia), demam, hipertensi, flu, bahkan penyakit-penyakit lainnya. Sakit kepala adalah rasa sakit yang terjadi di bagian kepala. Selain terjadi karena munculnya bersamaan penyakit lain, sakit kepala disebabkan karena beberapa hal diantaranya. Pola makan yang tidak tepat (tidak tepat waktu), kurangnya cairan di dalam tubuh (dehidrasi), gangguan kejiwaan (stress), dan masih banyak lagi penyebabnya. Lihat juga ya artikel lalu tentang Dampak Bahaya Sering Keramas Setiap Hari untuk Kesehatan.
Cara Mudah Meredakan Sakit Kepala Secara Alami
Cara Mudah Meredakan Sakit Kepala Secara Alami

Untuk mengatasi masalah sakit kepala, ada beberapa cara untuk pengobatinya. Berikut ini cara alami meredakan sakit kepala yang bisa anda lakukan :

1. Air putih
Salah satu cara meredakan sakit kepala yang cukup efektif yaitu banyak mengonsumsi air putih dan memenuhi cairan di dalam tubuh, yaitu minimal 8 gelas per hari. Salah satu penyebab sakit kepala adalah karena seseorang mengalami dehidrasi. Dehidrasi terjadi karena cairan di dalam tubuh sangat kurang. Air merupakan komponen asupan yang sangat diperlukan oleh tubuh. Oleh karena itu apabila terserang sakit kepala, segeralah untuk mengonsumsi air putih. Biasakan

2. Tarik nafas
Cara meredakan sakit kepala yang berikutnya yaitu dengan tarik nafas perlahan sambil memejamkan mata. Dengan memejamkan mata, maka ketegangan otot mata yang menimbulkan rasa sakit kepala akan secara efektif mereda.

3. Mengompres kepala
Meredakan sakit kepala juga bisa dilakukan dengan mengompres kepala dengan menggunakan handuk atau kain yang lembut. Basahi kain dengan air bersuhu dingin, lalu tempelkan di kepala dan leher bagian belakang. Hal ini sangat efektif dilakukan sebagai cara untuk mengurangi rasa sakit kepala.

4. Kentang
Mengobati sakit kepala juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi kentang. Sakit kepala dapat terjadi karena hilangnya elektrolit seperti kalium. Untuk mengatasi hal ini, maka anda harus banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan kalium, seperti kentang. Cara mengonsumsi kentang dapat dengan memasaknya atau dibakar.

5. Pisang
Pisang memiliki manfaat sebagai pereda sakit migraine. Pisang kaya akan magnesium yang dapat membantu meredakan rasa sakit kepala.

6. Es batu
Es batu dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit kepala. Cara penggunaanya hanya dengan mengkompres es batu secara perlahan pada daerah kepala yang terasa sakit. Rasa sakit di kepala akan berkurang karena es batu dapat menyebabkan mati rasa.

7. Menjauhkan dari computer
Komputer menimbulkan radiasi yang dapat menyebabkan sakit kepala. Jika anda merasakan sakit kepala pada saat setelah menggunakan computer, maka segera matikan computer lalu pergilah ke ruangan lain atau keluar halaman untuk menghirup udara segar. Cara meredakan sakit kepala sangat efektif bagi ada yang menghabiskan waktu banyak di depan komputer.

8. Teh hitam
Meredakan sakit kepala juga bisa dengan menyeduh secangkir teh hitam. Mengonsumsi secangkir teh hangat dapat sangat membantu dalam meredakan sakit kepala.

9. Mengonsumsi ikan
Ikan sangat membantu dalam meredakan sakit kepala, karena ikan kaya akan omega-3 dan lemak esensial yang dapat mencegah peradangan yang menimbulkan migrain. Ikan yang banyak mengandung omega-3 seperti ikan tuna, ikan salmon, dan jenis ikan laut lainnya.

10. Melakukan stretching
Stretching adalah gerakan peregangan atau senam yang dapat meredakan sakit kepala yang disebabkan oleh otot-otot yang tegang. Melakukan gerakan senam atau yoga dapat membantu mengendurkan oto-otot yang tegang.

11. Menghindari stress
Stress pemicu otot-otot dan saraf menjadi tegang yang menyebabkan kepala merasakan sakit. Terlalu banyak berfikir dapat menimbulkan sakit kepala, oleh karena itu luangkan waktu untuk beristirahat atau berlibur agar terhindar dari rasa sakit kepala yang berkepanjangan.

Semoga informasi mengenai cara mudah meredakan sakit kepala secara alami di atas bisa bermanfaat.
0 Komentar untuk "Cara Mudah Meredakan Sakit Kepala Secara Alami"

Back To Top