Tips Cantik Alami Perawatan Wajah Tradisional Pewarna Cat Rambut Halal Daftar Harga Perawatan Klinik Kecantikan Terbaru

Trend Terbaru Operasi Plastik dan Bedah Kosmetik di Indonesia. Apa Bedanya?

Info tentang Trend Terbaru Operasi Plastik dan Bedah Kosmetik di Indonesia - Kasus Ratna Sarumpaet tengah santer diberitakan terkait berita bohong penganiayaan dirinya oleh sekelompok orang di Bandung, Jawa Barat pada tahun 2018 hingga wajahnya luka-luka bahkan lebam. Sebelumnya, banyak pihak yang mencurigai Lebam di wajahnya sebagai luka habis operasi plastik. Hingga akhirnya Ratna mengakui bekas lebam apa yang ia dapatkan. Ratna mengaku mendatangi Rumah Sakit Bina Estetika, Menteng, Jakarta Pusat. Tujuannya untuk menyedot lemak di pipi kanannya. Pernyataan ini sekaligus membenarkan dugaan bahwa foto wajah Ratna yang tersebar kemarin memang bukan karena dikeroyok, tapi hasil operasi.

Foto Perbedaan Operasi Plastik dan Bedah Kosmetik Trend di Indonesia
Perbedaan Operasi Plastik dan Bedah Kosmetik Trend di Indonesia

Di Indonesia permintaan untuk bedah kosmetik atau juga operasi plastik di dorong oleh selebriti di dunia entertainment. Mereka menyatakan operasi plastik berguna meningkatkan penampilan mereka melalui operasi.

Apa Beda Operasi Plastik dan Bedah Kosmetik

Pasti banyak yang bertanya-tanya apa bedanya operasi vs bedah kosmetik? Mengapa disebut operasi plastik? Apakah prosedurnya memakai plastik? Operasi plastik memang tidak pernah menggunakan plastik. Bahkan, plastik belum ditemukan saat operasi plastik dilakukan.

Kata plastik diambil dari bahasa Yunani, plastikos, yang berarti membentuk atau mencetak. Ya, bedah plastik telah dikenal sejak zaman Yunani, sekitar tahun 1837 silam. Pada 1855, seorang dokter bernama Alexander Parkes menggunakan selulosa dan asam nitrat untuk menghasilkan parkesine atau seluloid yang dipakai untuk bedah plastik.

Plastik sintetis sebagai bahan utama bedah plastik ditemukan kali pertama pada 1907 oleh Leo Hendrik Baekeland. Dikutip dari American Board Cosmetic Surgery, bedah plastik dilakukan untuk merekonstruksi bentuk tubuh karena cacat bawaan, luka, atau penyakit tertentu. Operasi ini juga biasa dilakukan dengan tujuan merekonstruksi bagian tubuh yang tidak berfungsi sempurna.

Adapun contoh dari prosedur bedah plastik adalah rekonstruksi payudara, perbaikan kulit akibat luka bakar, rekonstruksi akibat cacat bawaan, bedah tangan, sampai menghilangkan bekas luka. Namun, pada perkembangannya bedah plastik banyak dilakukan untuk mempercantik penampilan fisik, khususnya bagi para wanita.

Nah, prosedur menyempurnakan penampilan tersebut sebenarnya tidak tepat disebut bedah plastik. Pakar kecantikan menyebutnya dengan istilah bedah kosmetik. Adapun yang termasuk dalam prosedur bedah kosmetik adalah pembesaran payudara, memancungkan hidung, memperbaiki kontur wajah seperti meniruskan pipi dan dagu, mengencangkan kulit wajah, menghilangkan lemak di bawah mata, menebalkan bibir, sampai suntik botoks.

Nah, jenis bedah kosmetik belakangan mulai diminati masyarakat Indonesia. Berbagai klinik kecantikan menawarkan perawatan penyempurnaan penampilan mulai dari suntik botoks, filler bibir, hingga meniruskan pipi dengan harga yang bervariasi.

Tapi, jika ingin melakukan bedah kosmetik semestinya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang tepat. Sebab, bedah kosmetik cukup berisiko. Bagian tubuh yang dibedah lewat prosedur bedah plastik maupun bedah kosmetik, akan membengkak. Itulah sebabnya orang yang baru saja menjalani perawatan ini diminta beristirahat total.

Pembengkakan itu biasanya terjadi selama 24-72 jam. Nah, selama itu Anda harus beristirahat agar tubuh tidak terkontaminasi bakteri yang menyebabkan operasi gagal. Anda tentu tidak ingin hasil bedahnya jelek bukan? Nah, sebaiknya pikirkan dengan matang sebelum melakukan penyempurnaan penampilan dengan bedah kosmetik maupun bedah plastik.

Tren Operasi Plastik Selebriti Tanah Air

Seperti Krisdayanti yang pernah mengaku melakukan operasi plastik pada payudaranya di Thailand. (Baca: Harga Paket Operasi Hidung di Klinik Kecantikan Thailand)

“Aku menjerit histeris. Rasanya minta ampun. Sakit tak tertanggungkan! Jeritanku bagai ringkikan seribu kuda. Nyaringnya luar biasa. Aku sampai ngos-ngosan karena menahan rasa ngilu campur perih yang diciptakan dari tarikan selang,” kata Krisdayanti, diva Indonesia, mengungkapkan rasa sakit yang mendera setelah melakukan operasi implan payudara di bawah penanganan Dokter Pitchet di Bangkok, Thailand, pada 2003. Dia membuat pengakuan di buku otobiografi “My Life My Secret”.

Indonesia sedang mengalami ledakan dalam industri kosmetik. Permintaan akan perawatan kecantikan kian meningkat, dan juga membuat dermatologis dan praktisi umum kecantikan juga semakin berkembang di dunia estetika.

Mengikuti tren dari negeri tetangga Thailand, Singapura, lalu sampai ke Korea Selatan yang memiliki begitu banyak klinik kecantikan di setiap sudut jalan di kotanya. Jadi, seberapa terobsesi Indonesia dengan kecantikan fisik?

Krisdayanti mewakili banyak perempuan yang memilih jalan singkat dengan operasi plastik demi tampil cantik. Ia rela mengeluarkan biaya yang tidak sedikit hingga puluhan juta ataupun ratusan juta untuk mempermak habis penampilannya.

Krisdayanti membayar lebih dari Rp155 juta saat melakukan implant payudara kedua dan tummy tuck atau menghilangkan gelambir perut di YEAP Plastic Reconstructive & Cosmetic Surgery di RS Mount Elizabeth Singapura, pada 2009.

Sedangkan untuk bedah kosmetik di Indonesia memang dinilai lebih murah. Seperti operasi kelopak mata di Jakarta memakan biaya rata-rata mulai dari 7 juta sampai 30 juta rupiah. Sementara itu, untuk memancungkan hidung butuh biaya 9 juta-21 juta rupiah, dibandingkan dengan bedah plastik di Korea Selatan yang bisa mencapai rata-rata 50 juta-100 juta rupiah yang memang terkesan lebih mahal.

Baca: Cara Membuat Lulur dari Bahan Alami Kulit Halus Lembut

Permintaan untuk bedah kosmetik di Indonesia kian meningkat, sedangkan jumlah dokter bedah plastik yang terdaftar di Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetika Indonesia (PERAPI) 2018 hanya 204 Dokter saja.

Prosedur Operasi Plastik vs Bedah Kosmetik Tren Kecantikan Terbaru
Prosedur Operasi Plastik vs Bedah Kosmetik Tren Kecantikan Terbaru

Pembedahan plastik, wajah, dan perut bukan satu-satunya area yang menarik perhatian di Indonesia saat ini. Bedah plastik lainnya yang diminati adalah menghilangkan keriput di sekitar mata, kemudian kelopak mata hingga menghilangkan kantong mata. Namun kebanyakan orang-orang menginginkan bedah plastik di area mata dan hidung mereka. Artikel dilansir dari tirto.id dan solopos.com.

Artikel tentang Trend Terbaru Operasi Plastik dan Bedah Kosmetik di Indonesia di atas semoga dapat menjawab rasa penasaran tentang apa perbedaan antara operasi plastik vs bedak kosmetik serta prosedur apa saja yang dilakukan terkait dengan perawatan kecantikan kulit, wajah dan tubuh pasien dua operasi tersebut.
0 Komentar untuk "Trend Terbaru Operasi Plastik dan Bedah Kosmetik di Indonesia. Apa Bedanya?"

Back To Top