Kumpulan Tips Cantik Alami Perawatan Wajah Tradisional Tips Sehat Pewarna Rambut Cat Rambut Halal Model Rambut Terbaru

Perbandingan Manfaat JUS vs SMOOTHIE: Kelebihan dan Kekurangan dari Segi Kesehatan

Manfaat Minuman Jus vs Smoothie Kelebihan dan Kekurangan dari Segi Kesehatan - Boleh dikatakan kedua jenis minuman ini serupa tapi tak sama. Sama-sama berbahan dasar sayur dan buah. Menurut ahli gizi dan penulis kesehatan Cynthia Sass, MPH, RD, jus maupun smoothie bisa menjadi sehat atau tidak sehat tergantung bagaimana Anda mengonsumsinya. Lihat juga Penuaan Dini Akibat Terlalu Sering Nonton Film di Hp.
Perbandingan Manfaat Jus vs Smoothie untuk Kesehatan dan Kecantikan

SMOOTHIE

Positif:
Smoothie umumnya merupakan campuran dari berbagai jenis bahan makanan, sehingga Anda akan mendapat manfaat sehat selain dari buah dan sayuran. Misalnya, Anda bisa mendapatkan asupan protein dengan menambahkan yogurt Yunani atau bubuk protein pada campuran buah atau sayur.

Anda juga dapat menambahkan lemak sehat, dalam bentuk alpukat, biji chia, atau mentega almond. Bisa juga mencampur banyak bahan makanan super lainnya untuk nutrisi yang lebih banyak, seperti jahe segar parut, bubuk matcha atau cokelat, mint segar, dan kayu manis.

Dengan kata lain, keseimbangan gizi smoothie dapat menjadi makanan pengganti atau minuman untuk memulihkan kondisi tubuh pasca olahraga berat atau pada masa penyembuhan.

Negatif:
Mengonsumsi smoothie sebagai minuman pendamping makan, benar-benar dapat membuat Anda menelan lebih banyak kalori dari yang Anda bakar.

Ini justru dapat mengganggu penurunan berat badan atau bahkan menyebabkan kenaikan berat badan. Sehingga, tanpa sadar, Anda seperti mengonsumsi dua makanan sekaligus; satu berbentuk makanan, satu berbentuk minuman.

Cynthia Sass menceritakan kejadian nyata kedatangan seorang klien yang mengeluh tidak mendapat hasil penurunan berat badan, meskipun ia makan sehat dan berolahraga. Ternyata, salah satu penyebab utama yang ditemukan adalah ia meminum smoothie 400 kalori setiap pagi, bersama dengan semangkuk oatmeal, atau sayuran dan telur dadar.

JUS

Positif:
Jus merupakan minuman terbaik untuk mengisi kesenjangan gizi yang serius. Misalnya buat Anda yang sangat tidak suka sayuran, dia bisa minum jus hijau setiap hari, yaitu campuran apel dan jahe yang bisa membuat rasanya menjadi lebih enak.

Bahkan untuk beberapa atlet profesional dengan jadwal sibuk, mengonsumsi buah atau sayur dalam bentuk cair memungkinkan tubuh mendapatkan nutrisi harian dengan lebih cepat.

Pada dasarnya, jus memang dapat membuat Anda lebih mudah mendapatkan semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Negatif:
Jus umumnya kaya akan nutrisi, tetapi minim serat, terlebih bila Anda memprosesnya dengan juicer. Ini membuat jus kurang bisa membuat Anda kenyang, ketimbang smoothies atau buah utuh.

Jus yang rendah serat juga bisa membuat Anda kehilangan beberapa nutrisi penting dan manfaat kesehatan bagi usus.
Jus Buah Segar Jeruk Kiwi Apel untuk Diet Sehat dan Tepat

Baca: Cara Mencegah Gigi Kuning Akibat Minum Juas Buah dan Kopi

Setelah membaca Perbandingan Manfaat Jus Buah vs Smoothie dari Segi Kesehatan di atas dapat disimpulkan bahwa cara mengolah dan mengkonsumsi kedua jenis minuman sehat ini dapat mempengaruhi tujuan yang ingin kita capai, yaitu diet agar badan langsing dengan mengkonsumsi minuman serat tinggi namun rendah kalori. Kalau tidak tepat? Tentu saja berat badan justru semakin bertambah dan kandungan lemak berlebih di badan tidak terkendali. So ukur terus pencapaian dietmu dan sebaiknya dikombinasi dengan olahraga yang teratur. Tetap sehat.
0 Komentar untuk "Perbandingan Manfaat JUS vs SMOOTHIE: Kelebihan dan Kekurangan dari Segi Kesehatan"

Back To Top