Kumpulan Tips Cantik Alami Perawatan Wajah Tradisional Tips Sehat Pewarna Rambut Cat Rambut Halal Model Rambut Terbaru

Bahaya Atau Akibat Dari Terlalu Sering Sakit Kepala

Akibat sering sakit kepala. Terkadang orang yang menderita sakit kepala menyepelekan apa yang mereka rasakan. Sakit kepala tergolong penyakit yang ringan, namun jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan timbulnya penyakit lainnya. Sakit kepala merupakan sakit yang dirasakan didaerah leher hingga kepala. Pada umumnya sakit kepala dapat di kelompokan menjadi dua, yaitu sakit kepala primer dan sakit kepala sekunder. Baca juga artikel terkait tentang Cara Meredakan Sakit Kepala Alami Tradisional
Bahaya Atau Akibat Dari Terlalu Sering Sakit Kepala
Bahaya Atau Akibat Dari Terlalu Sering Sakit Kepala

Jenis dari sakit kepala primer diantaranya adalah migrain, tension headache, dan cluster headache. Migrain merupakan sakit kepala yang terasa di salah satu sisi kepala yang biasanya berlangsung selama beberapa jam. Tension headache adalah jenis sakit kepala yang paling kerap dikeluhkan oleh penderita, dengan gejala rasa sakit pada kedua sisi kepala yang terasa kencang, dan terkadang rasa sakit ini sampai kebagian leher. Dan yang terakhir cluster headache, yaitu sakit kepala pada daerah sekitar mata.

Jenis sakit kepala sekunder merupakan rasa sakit yang berada di kepala dengan disertai gejala gangguan saraf, seperti terjadinya kejang-kejang, penglihatan ganda, mata menjadi juling, dan bahkan dapat terjadi kelemahan pada salah satu anggota gerak. Sakit kepala sekunder disebabkan oleh adanya kelainan patologis pada otak yang dapat berupa tumor, stroke, hipertensi berat, dan yang lainnya. Sakit kepala sekunder ini sangat perlu diwaspadai dan perlu penanganan medis dengan segera.

Dengan banyaknya jenis sakit kepala, oleh karena itu anda perlu mewaspadai jika mengalami sakit kepala yang sering terjadi. Berikut adalah beberapa akibat sering sakit kepala berlebihan :

1. Terjadinya gangguan pembuluh darah otak
Dengan gangguan aliran darah pada otak akan mengakibatkan skit kepala yang mendadak dan cukup parah. Biasanya akan diikuti dengan sensasi mati rasa dan kelemahan pada anggota tubuh, sulitnya berbicara, hingga kejang yang menyebabkan tidak sadarkan diri.

2. Penyakit tumor otak
Akibat sering sakit kepala yang cukup membahayakan yaitu munculnya penyakit tumor otak. Sakit kepala yang berulang dengan intensitas yang semakin meningkat merupakan salah satu gejala dari penyakit tumor otak. Gejala dari penyakit tumor diikuti dengan gejala khas keganasan, seperti menurunnya berat badan secara drastic, penurunan fungsi dari sensorik dan motorik sesuai dengan bagian otak mana yang terkena.

3. Penyakit infeksi
Kepala sakiit terus menerus menjadi salah satu gejala dari infeksi sistemik yang diakibatkan oleh virus, bakteri maupun jamur. Penyakit yang biasanya memiliki gejala sakit kepala karena infeksi ini seperti meningitis (gangguan selaput otak), infeksi pada paru-paru, AIDS, HIV, dan penyakit lainnya. Gejala yang mengikuti tergantung pada bagian mana yang terinfeksi. Sakit kepala yang diakibatkan oleh infeksi ini hanya dapat diketahui melalui pemeriksaan secara klinis dan laboratorium.

4. Gangguan metabolisme dan elektrolit pada tubuh
akibat sering sakit kepala yang berikutnya yaitu metabolisme tubuh menjadi terganggu. Adanya kepala sakit biasanya timbul akibat tubuh mengalami perubahan yang sangat ekstrim, karena adanya gangguan metabolisme dan elektrolit dalam tubuh. Kandungan oksigen yang kurang di dalam darah akan menyebabkan rasa pusing secara terus menerus.

5. Daya tahan tubuh menurun
Akibat dari seringnya sakit kepala akan menurunnya daya tahan tubuh, system kekebalan tubuh akan berkurang jika salah satu bagian tubuh mengalami gangguan.

Itulah beberapa bahaya akibat sering sakit kepala yang perlu anda waspadai. Segeralah konsultasi ke dokter jika sakit kepala dirasakan terus menerus untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan menginspirasi kesehatan anda.
0 Komentar untuk "Bahaya Atau Akibat Dari Terlalu Sering Sakit Kepala"

Back To Top