Tips Cantik Alami Perawatan Wajah Tradisional Pewarna Cat Rambut Halal Daftar Harga Perawatan Klinik Kecantikan Terbaru

GEJALA STROKE DAN PERTOLONGAN PERTAMA SAAT KENA STROKE Ciri-Ciri Serangan Stroke

GEJALA STROKE DAN PERTOLONGAN PERTAMA SAAT KENA STROKE Ciri-Ciri Serangan Stroke. Stroke terjadi karena hilangnya fungsi otak dengan cepat, karena gangguan supplai darah ke otak. Stroke sendiri dibagi dalam dua jenis yakni stroke perdarahan dan stroke sumbatan atau iskemik. Apa bedanya?

GEJALA STROKE DAN PERTOLONGAN PERTAMA SAAT KENA STROKE<

"Stroke perdarahan diakinatkan pecahnya pembuluh darah di otak, lalu keluar darah. Sedangkan iskemik itu karena sumbatan sehingga timbul kematian sel," jelas dr Priscilla Ryanti Andradi, SpS dalam seminar bertajuk 'Solsusi Tepat Atasi 2 Penyakit Paling Mematikan se-Indonesia,' yang digelar Multicare di Putri Duyung Convention Hall, Jl Lodan Timur No 7, Ancol, Jakarta.

1. Mendadak mati rasa

Dalam kondisi ini, sebelah badan menjadi baal. Lalu bagian tubuh mana yang mati rasa? Itu tergantung dari letak pembuluh darah yang tersumbat. Jika pembuluh darah di otak sebelah kanan yang tersumbat, maka badan sebelah kiri yang terganggu. Demikian pula sebaliknya.

2. Kesemutan dan kelemahan pada tubuh

Kelemahan ini biasanya muncul di wajah, tangan, kaki, pada satu sisi tubuh ataupun seluruh tubuh. Kelemahan ini membuat pasien stroke kemudian berbicara cadel atau pelo

3. Mendadak kebingungan

Pasien menjadi lupa mendadak, sulit bicara, dans ulit mengerti.

4. Masalah penglihatan mendadak

"Mendadak muncul masalah penglihatan, pada satu atau dua mata," kata dr Priscilla. Masalah penglihatan ini antara lain penglihatan ganda dan penglihatan gelap

5. Mendadak kesulitan berjalan

Kesulitan berjalan terjadi karena yang bersangkutan kehilangan keseimbangan tubuh.

6. Pusing berat

"Pusing berat tanpa sebab yang jelas, ini mungkin karena terjadi perdarahan di otak," ujar dr Priscilla.

Untuk memastikan pasien benar-benar terkena stroke atau tidak bisa dilakukan electrocardiogram (EKG). Dilakukan juga foto toraks, pemeriksaan laboratorium, serta CT-scan kepala dan magnetic resonance imaging (MRI) kepala untuk melihat apakah stroke yang terjadi termasuk jenis perdarahan atau sumbatan.

4 Pertolongan Pertama yang Bisa Dilakukan Saat Orang Kena Stroke


Jika orang di sekitar Anda terkena stroke, jangan panik. Segera bawa yang bersangkutan ke rumah sakit. Namun pertolongan pertama perlu dilakukan. Berikut ini empat pertolongan pertama untuk orang terkena stroke:

1. Direbahkan

Rebahkan pasien dengan kepala disangga bantal. Tinggi kepala usahakan sekitar 30 derajat. "Ini agar aliran darah lebih lancar," terang dr Priscilla Ryanti Andradi, SpS dalam seminar bertajuk 'Solusi Tepat Atasi 2 Penyakit Paling Mematikan se-Indonesia,' yang digelar Multicare di Putri Duyung Convention Hall, Jl Lodan Timur No 7, Ancol, Jakarta.

2. Lancarkan Pernapasan

Saat ada orang terkena stroke, ada baiknya bebaskan yang bersangkutan dari pakaian yang ketat yang bisa menghambat pernapasan. Antara lain dengan melepaskan ikat pinggang atau bra yang dikenakan oleh yang bersangkutan.

3. Pemeriksaan Tekanan Darah

Ada baiknya memeriksa tekanan darah yang bersangkutan. Karena kerap kali lonjakan tensi terjadi saat pasien ada di rumah, dan ketika sampai di rumah sakit tekanan darahnya sudah lebih turun.

3. Pemeriksaan Tekanan Darah

Ada baiknya memeriksa tekanan darah yang bersangkutan. Karena kerap kali lonjakan tensi terjadi saat pasien ada di rumah, dan ketika sampai di rumah sakit tekanan darahnya sudah lebih turun.
0 Komentar untuk "GEJALA STROKE DAN PERTOLONGAN PERTAMA SAAT KENA STROKE Ciri-Ciri Serangan Stroke"

Back To Top