Tips Cantik Alami Perawatan Wajah Tradisional Pewarna Cat Rambut Halal Daftar Harga Perawatan Klinik Kecantikan Terbaru

Cara Memutihkan Gigi Kuning dengan 15+ Bahan Alami Aman dan Cepat

Cara Memutihkan Gigi Kuning dengan Bahan Alami Aman dan Cepat - Punya masalah dengan gigi kuning sangatlah tidak nyaman. Kalau tertawa suka ditahan jangan sampe terlihat gigi. Belum lagi timbul kesan mulut kita bau dan beberapa teman suka menjaga jarak ketika berbicara. Secara penampilan, tentu saja dapat menurunkan kadar kecantikan wajah. Sebel ya. Memiliki gigi yang putih dan bersih tentu menjadi dambaan semua orang. Gigi yang putih dan bersih mampu meningkatkan rasa percaya diri khususnya saat berhadapan dengan orang lain. Bahkan demi mendapatkan gigi yang putih tidak sedikit orang yang rela mengeluarkan budget lebih untuk melakukan perawatan khusus. (Lihat juga; 8 Manfaat Kurma untuk Perawatan Kecantikan Kulit dan Kesehatan)

Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami
Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami

Namun bagi kamu yang ingin memiliki gigi putih dan bersih, cara memutihkan gigi kuning secara alami ini bisa menjadi pilihannya.

Apa Penyebab Gigi Kuning?


Sebelum mengetahui cara untuk memutihkan gigi yang kuning agar terlihat lebih putih dan bersih, ada beberapa kebiasaan yang mungkin sering dilakukan sehingga warna gigi menjadi lebih kuning atau bahkan terlihat kotor. Berikut beberapa penyebab gigi kuning sebagaimana dilansir dari detikhealth:

- Kebiasaan minum teh dan kopi

- Malas menggosok gigi khususnya di pagi dan siang hari

- Terlalu banyak makan permen

- Mengkonsumsi alkohol

- Merokok

- Penggunaan obat tetes mata

- Suka minum-minuman berkarbonasi atau minuman bersuplemen

- Adanya penyakit tertentu

Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami


Untuk kamu yang ingin memiliki gigi putih dan bersih, maka tak perlu mengeluarkan biaya yang mahal.Cara alami di bawah ini bisa dilakukan secara rutin untuk mendapatkan gigi putih seperti yang diinginkan.

Baca juga: 5 Obat Sakit Gigi Alami Paling Ampuh


Berikut cara alami memutihkan gigi yang ampuh dan bisa dilakukan setiap hari:

1. Siwak

Penggunaan siwak mungkin bukan baru kali ini saja. Siwak sudah digunakan sejak zaman dahulu. Fungsinya yang digunakan sebagai alat tradisional pembersih gigi ini ternyata juga memiliki manfaat lain yaitu sebagai pemutih gigi alami.

Siwak Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami
Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami dengan Siwak

Caranya: gosokkan batang siwak secara merata ke gigi. Kamu bisa melakukannya 2-3 kali sehari.

2. Garam

Cara memutihkan gigi dengan garam ternyata menjadi cara yang cukup efektif untuk dilakukan. Kamu bisa menggunakan larutan air garam untuk berkumur-kumur setiap hari. Bahkan kandungan antibakteri yang terdapat di dalam garam juga dapat membunuh kuman penyebab gigi berlubang.

Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami dengan Garam
Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami dengan Garam

3. Arang Kayu

Arang kayu yang memiliki kandungan alkali ini mampu mengikis dan membersihkan noda kuning yang menempel pada gigi. Kamu bisa menggunakannya dalam skala kecil karena jika digunakan terlalu sering justru dapat mengikis lapisan enamel gigi.

Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami dengan Arang Kayu
Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami dengan Arang Kayu

Caranya: ambil secuil arang kayu kemudian haluskan dan tambah dengan perasan air lemon. Kemudian kamu bisa menyikatkan pada bagian gigi.

4. Lemon

Kandungan asam pada lemon mampu mengangkat bakteri penyebab gigi kuning. Kadar PH nya yang seimbang menjadikan buah ini dapat digunakan untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami dengan Jeruk Lemon
Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami dengan Jeruk Lemon

Caranya: ambil 1 buah lemon yang masih segar. Kemudian ambil air perasannya dan campur dengan 1 sendok teh baking soda. Gosokkan dengan menggunakan sikat ke bagian gigi.

5. Kulit Pisang

Setelah makan buah pisang, sebaiknya jangan langsung membuang kulitnya. Kulit pisang dapat digunakan untuk membersihkan gigi yang kuning.

Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami dengan Kulit Pisang
Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami dengan Kulit Pisang

Caranya: cukup gosokan kulit pisang ke bagian gigi secara merata.

6. Kulit Jeruk

Tidak berbeda jauh dari kulit pisang, kulit jeruk juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan gigi kuning hingga memutihkannya.

Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami dengan Kulit Jeruk
Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami dengan Kulit Jeruk

Caranya: gosokan kulit jeruk ke bagian gigi secara merata. Kamu bisa melakukannya setiap hari untuk hasil yang lebih maksimal.

7. Baking Soda

Baking soda yang dikenal sebagai bahan pembuat kue ini ternyata memiliki manfaat tersembunyi yaitu dapat memutihkan gigi kuning secara alami. Baking soda memiliki kemampuan untuk mengangkan noda penyebab gigi kuning.

Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami dengan Baking Soda
Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami dengan Baking Soda

Cara memutihkan gigi dengan baking soda: digosokan ke bagian gigi. Kemudian diamkan sekitar 3 - 5 menit setelah itu kamu bisa berkumur-kumur.

8. Cuka Apel

Cuka apel yang sering digunakan sebagai penambah cita rasa makanan ini ternyata memiliki manfaat yang dapat membuat gigi terlihat lebih putih dan bersih.

Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami dengan Cuka Apel
Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami dengan Cuka Apel

Caranya: ambil 1 sendok cuka apel kemudian gosok-gosokan secara metara pada bagian gigi.

9. Stroberi

Siapa yang tak suka makan buah strawberry? Buah yang memiliki rasa sedikit masam ini menjadi buah yang dapat memutihkan gigi secara alami. Selain bisa dikonsumsi setiap hari, kamu bisa memutihkan gigi dengan buah strawberry.

Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami dengan Strawberry
Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami dengan Strawberry

Caranya: gosok bagian luar buah strawberry ke gigi. Cara ini cukup efektif untuk mengangkat noda dan kotoran pada gigi kamu.

10. Apel

Selain dikenal sebagai buah yang baik untuk menjaga pencernaan, apel juga memiliki manfaat untuk memutihkan gigi yang kuning secara alami. Kamu bisa mengkonsumsi buah ini secara rutin setiap hari. Selain itu, kamu juga bisa menggosokkan buah apel secara langsung ke bagian gigi untuk mengangkat noda-noda kuning pada gigi kamu.

Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami dengan Buah Apel
Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami dengan Buah Apel

11. Biji Buah Pinang

Biji buah pinang mungkin menjadi salah satu bahan alami yang sudah banyak digunakan sebagai pembersih gigi oleh nenek moyang kita dulu. Biji dari buah ini memiliki kemampuan untuk membersihkan gigi secara menyeluruh. Bahkan penggunaan biji buah pinang juga dapat mempertahankan kekuatan gigi secara alami. Caranya, haluskan biji buah pinang terlebih dahulu. Jika sudah, kamu bisa langsung menggosokannya ke bagian gigi secara merata.

Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami dengan Biji Buah Pinang
Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami dengan Biji Buah Pinang

12. Daun Sirih

Selain biji buah pinang, nenek moyang kita dahulu juga menggunakan daun sirih sebagai bahan untuk membersihkan gigi secara alami. Kandungan yang terdapat di dalam daun sirih mampu membasmi kuman penyebab kerusakan gigi dan bahkan dapat memutihkan gigi secara alami. Caranya, ambil 1 - 2 helai daun sirih yang masih segar kemudian gosokan ke bagian gigi secara merata. Selain itu, kamu juga bisa merebusnya kemudian gunakan untuk berkumur-kumur.

Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami dengan Daun Sirih
Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami dengan Daun Sirih

13. Susu

selain bermanfaat untuk menambah asupan kalsium dalam tubuh, susu juga memiliki manfaat yang bisa digunakan untuk membersihkan gigi dari noda kuning. Bahkan kandungan fosfor dan magnesium yang terdapat di dalam susu juga dapat digunakan untuk memperkuat gigi dari dalam. Caranya, kamu cukup mengkonsumsi susu secara rutin setiap hari.

Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami dengan Susu
Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami dengan Susu

14. Jahe

Jahe yang memiliki kandungan antibakterian ini ternyata juga dapat membersihkan noda kuning pada gigi. Kamu bisa menggunakannya untuk membuat gigi semakin putih dan bersih. Caranya, cukup gosok-gosokan jahe ke bagian gigi secara merata saja.

15. Jeruk Nipis

Selain lemon, jeruk nipis juga dapat kamu gunakan sebagai bahan alami untuk membersihkan gigi yang kuning. Bahkan kandungan antibakterinya mampu menghilangkan kuman penyebab gigi kuning. Caranya, kamu bisa menggosokan jeruk nipis langsung ke gigi atau bisa juga dengan mengambil perasan air jeruk nipis kemudian tambah dengan segelas air dan gunakan untuk berkumur-kumur.

16. Daun Salam

Daun salam yang banyak digunakan sebagai penambah cita rasa alami pada makanan ini juga dapat digunakan sebagai cara memutihkan gigi secara alami. Caranya, rebus daun salam pada air secukupnya. Kemudian kamu bisa menggunakannya untuk berkumur-kumur.

17. Daun Mimba

Kandungan azadirahtin yang terdapat di dalam daun mimba dapat digunakan untuk membunuh bakteri peyebab gigi berlubang. Selain itu sifatnya yang mampu mengangkat dan membersihkan noda kuning pada gigi sangat baik digunakan untuk kamu yang ingin memiliki gigi yang lebih putih dan bersih. Caranya, gosokkan daun mimba ke bagian gigi secara merata. Selain itu, ekstrak daun mimba yang bisa dibeli di apotek pun juga dapat kamu manfaatkan sebagai campuran pasta untuk memutihkan gigi yang kuning.

Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami dengan Daun Mumba Intaran
Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami dengan Daun Mumba

Baca: Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

Nah semoga informasi di atas tentang Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami dapat bermanfaat. Untuk mendapatkan gigi yang putih dan bersih tidak selalu dilakukan dengan perawatan gigi yang mahal. Kamu bisa melakukannya dengan bahan-bahan alami setiap hari dengan cara yang lebih mudah dan murah. Amati bagian mulut, bibir dan lidah, bila ada kelainan. Mungkin ada cara alami di atas yang tidak sesuai sehingga menimbulkan alergi, walaupun kemungkinannya sangat kecil.
0 Komentar untuk "Cara Memutihkan Gigi Kuning dengan 15+ Bahan Alami Aman dan Cepat"

Back To Top