Tips Cantik Alami Perawatan Wajah Tradisional Pewarna Cat Rambut Halal Daftar Harga Perawatan Klinik Kecantikan Terbaru

Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa Masalah Nafas Tidak Sedap

Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa Masalah Nafas Tidak Sedap - Memasuki bulan Ramadhan, salah satu tantangan saat berpuasa adalah masalah bau mulut. Ini wajar terjadi karena kita sama sekali nggak menyentuh minuman selama satu hari penuh. Terus, bagaimana ya cara agar mulut kita nggak terlalu bau saat bulan puasa? Nah baca selengkapnya ya tips cara mengatasi bau mulut saat berpuasa berikut ini. Supaya tetap merasa kenyang dan kuat menahan lapar, coba lihat artikel tentang Daftar Menu Sahur Puasa Ramadhan Sehat Bergizi.

Foto Mulut Segar Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa Nafas Harum
Foto Mulut Segar Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa Nafas Harum

Selama kita puasa, produksi saliva atau kelenjar air liur kita menurun drastis. Nah, produksi saliva yang menurun inilah yang bikin bakteri di mulut kita meningkat. Kata drg. Ratu Mirah Afifah GCClindent, MDSc., minimnya produksi kelenjar air liur ini bikin kesegaran mulut kita jadi nggak terjaga. Karena itu, kita nggak bisa menghindari bau mulut yang muncul saat bulan puasa, Girls!

Tambah Jadwal Sikat Gigi Kita

Kalau tadinya kita sikat gigi tiga kali sehari pas mandi pagi, mandi sore, dan malam sebelum tidur, sekarang kita harus ubah jadi minimal lima kali sehari. Ini berguna untuk mengurangi bau dan memberi kesegaran pada mulut kita.

Untuk menghindari bau mulut saat puasa, dianjurkan untuk menyikat gigi setelah berbuka puasa, setelah sahur dan sesuai rutinitas biasa, yakni malam sebelum tidur dan pada saat mandi pagi serta sore hari," ujar drg. Ratu menambahkan. Tambahan jadwal sikat gigi kita ini ampuh banget untuk menyiasati bau mulut karena kita nggak bersentuhan dengan makanan dan minuman apapun seharian. Tapi, jangan telan air kumur-kumurnya ya. Satu hal lagi, setelah gosok gigi, sebaiknya cukup sekali berkumur agar khasiat pasta gigi dapat optimal.

Pakai Mouthwash & Sikat Lidah

Setelah sikat gigi atau di sela-sela puasa, kita bisa kumur-kumur pakai mouthwash buat menambah efektivitas menyikat gigi kita. Kenapa kita harus pakai mouthwash? Karena ini bisa membantu kita menjangkau area-area sempit pada mulut dan gigi. Karena, kalau dengan sikat gigi biasa, kita nggak akan bisa menyentuh area-area sempit tersebut.

Biar lebih mantap lagi, kita dianjurkan untuk menyikat lidah setelah gosok gigi atau kumur-kumur. Menyikat lidah ini berguna untuk menghilangkan kuman yang ada di area lidah karena seringkali kotoran dan kuman yang ada di lidah bikin mulut kita bau. So, dengan menyikat lidah tentu bau mulut kita akan berkurang.

Perbanyak Minum Air Putih Saat Sahur dan Buka

Next, untuk menghindari bau mulut saat puasa kita bisa siasati dengan meminum air putih dalam jumlah yang lebih dari biasanya pas sahur dan berbuka puasa. Jangan lupa juga untuk makan-makanan yang berserat serta konsumsi buah-buahan agar kesehatan mulut kita terjaga.

Biar nggak bau mulut, kita harus banyak minum air putih saat berbuka dan sahur. Kalau biasanya kita malas untuk minum air putih, sebisa mungkin hilangkan kebiasaan itu. Minum air putih berguna untuk menghilangkan kuman-kuman yang ada di mulut. Jadi, kita harus perbanyak konsumsi air putih.

Nah mudah-mudahan tips Ramadhan Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa ini dapat menjadi solusi agar nafas tidak sedap hilang seketika dan kita nyaman dalam beraktifitas. Tetap semangat dan selamat menjalankan ibadah puasa.

0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa Masalah Nafas Tidak Sedap"

Back To Top