Tips Cantik Alami Perawatan Wajah Tradisional Pewarna Cat Rambut Halal Daftar Harga Perawatan Klinik Kecantikan Terbaru

CARA MEMBUAT BISNIS PLAN Membuka Salon Kecantikan Perencanaan Usaha Klinik Kecantikan

Bisnis Plan untuk Membuka Salon Kecantikan Perencanaan Usaha Klinik Kecantikan - Bisnis salon atau klinik kecantikan merupakan bisnis yang tidak kalah dengan bisnis besar lainnya. Lihat saja klinik kecantikan NMW Skin Care, Erha Clinic, Natasha Skin Care, dan London Beauty Center LBC, yang boleh dikatakan sebagai raksasa bisnis kecantikan di Indonesia. Sudah pasti hal ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa perawatan kecantikan sudah menjadi hal pokok bagi para wanita, tidak heran jika bisnis yang satu ini tampak terus bertumbuh di Indonesia. Para wanita biasanya akan mendatangi salon minimal 1 kali dalam seminggu. Tentu itu menjadi peluang besar dalam bisnis salon kecantikan.

BISNIS PLAN Salon Kecantikan Perencanaan Usaha Klinik Kecantikan Beauty Salon
Bisnis Plan Salon Kecantikan | Rencana Usaha Klinik Kecantikan

Jika Anda tergiur dan ingin berbisnis salon kecantikan, sebaiknya Anda melakukan tahapan dalam membuat perencanaan usaha atau bisnis plan berikut ini.

1. Asah Kemampuan Terlebih Dahulu

Jika Anda memang serius ingin menjalankan bisnis salon kecantikan ini, terlebih dahulu yang harus Anda lakukan adalah mengasah kemampuan terkait soal kecantikan. Jika Anda memang sudah memiliki skill yang mumpuni, jangan ragu untuk memulai bisnis ini. Namun, jika Anda sama sekali tidak mengetahui soal ini, sebaiknya tahan dulu keinginan Anda untuk membuka salon kecantikan. Hal ini karena bisnis ini membutuhkan keahlian khusus. Apalagi, bila Anda ingin membuka salon kecantikan yang dikelola sendiri. Maka, secara otomatis Anda yang akan menangani langsung perawatan-perawatan untuk pelanggan. Tentu pelanggan ingin mendapatkan perawatan dan pelayanan yang terbaik dari ahlinya, bukan?

Nah, jika Anda belum memiliki kemampuan, jangan khawatir. Anda bisa terlebih dahulu mengikuti kursus kecantikan. Ada banyak jasa yang menyediakan kursus kecantikan. Jika Anda memang berniat membuka salon kecantikan, segeralah mengikuti kursus kecantikan dan bekali diri Anda dengan kemampuan akan hal ini.

2. Mulai Buat Perencanaan

Setelah memiliki kemampuan yang cukup, Anda bisa mulai membuat perencanaan terkait bisnis salon kecantikan. Anda bisa memulai dengan menulis target sasaran bisnis, prospek ke depan, dan bagaimana cara menangani bisnis tersebut.

Buatlah rencana bisnis yang spesifik dengan menuliskan poin-poin penting yang dibutuhkan. Kemudian, Anda bisa melanjutkan dengan mendata alat dan barang yang Anda butuhkan untuk membuka bisnis salon kecantikan.

Kelompokkan barang-barang tersebut, mana yang sudah Anda miliki dan mana yang harus dibeli untuk melengkapi salon kecantikan Anda. Selain itu, tentukan pelayanan seperti apa yang akan Anda tawarkan pada konsumen.

Fokuskan pada pangsa pasar yang sudah Anda buat serta target yang ingin dicapai. Jangan lupa untuk memikirkan strategi pemasaran yang tepat sehingga salon kecantikan yang Anda miliki berbeda dengan lainnya. Ini akan memberikan nilai tambah untuk salon Anda.

3. Cari Lokasi yang Strategis

Mulailah mencari lokasi yang tepat atau strategis untuk bisnis salon kecantikan Anda. Tempat yang strategis akan memberikan daya tarik tersendiri bagi konsumen, dalam hal ini lokasi yang mudah dijangkau.

Anda bisa mencari lokasi yang dekat dengan pusat keramaian, seperti sekolah, kantor, dan supermarket. Anda juga bisa mencoba membangun bisnis salon di kawasan pusat perbelanjaan yang mana nantinya mereka bisa berbelanja sekaligus menikmati perawatan kecantikan. Saat ini, banyak orang yang lebih memilih melakukan beragam kegiatan di satu tempat karena lebih praktis. Ini dinilai bisa menghemat waktu mereka.

4. Siapkan SDM

Tentu saja dalam membangun bisnis itu dibutuhkan adanya tenaga atau pekerja (SDM/sumber daya manusia) yang berkualitas. Dalam bisnis salon kecantikan, SDM menjadi peran kunci yang penting sebagai salah satu penentu kesuksesan bisnis Anda.

Empat tahap di atas semoga dapat memberikan gambaran mengenai hal-hal yang harus dipersiapkan, sebagai bagian dari bisnis plan dalam membuka salon atau klinik kecantikan. Tentu saja perencanaan usaha yang matang tidak akan ada artinya jika tidak dieksekusi atau dilaksanakan. Jangan takut gagal, karena seiring dengan berjalannya usaha akan ada evaluasi dan perbaikan, sehingga bisnis atau usaha kecantikan Anda dapat berjalan dengan baik dan bertahan dalam jangka panjang.
0 Komentar untuk "CARA MEMBUAT BISNIS PLAN Membuka Salon Kecantikan Perencanaan Usaha Klinik Kecantikan"

Back To Top