Kumpulan Tips Cantik Alami Perawatan Wajah Tradisional Tips Sehat Pewarna Rambut Cat Rambut Halal Model Rambut Terbaru

MANFAAT MINYAK INTARAN atau NEEM Untuk Perawatan Kulit dan Rambut Alami Ayurveda

Manfaat Minyak Intaran atau Neem Untuk Perawatan Alami Kulit dan Rambut - Sejak jaman dulu kala, minyak intaran hanya dianggap sebagai produk kuno di India. Akan tetapi, minyak neem saat ini menjadi salah satu minyak yang paling banyak digunakan dalam pengobatan ayurveda karena diketahui dapat membantu proses penyembuhan beberapa gangguan dan infeksi. Lihat juga Cara Merawat Rambut Indah dan Sehat dengan Manfaat Bengkuang.
Manfaat Minyak Intaran atau Neem Untuk Perawatan Kulit dan Rambut Ayurveda

Dilansir dari situs Bold Sky, selain sebagai obat alami, ternyata minyak intaran juga memiliki khasiat atau manfaat yang baik bila digunakan pada kulit dan rambut. Harus diakui bahwa bau atau aroma neem bagi sebagian orang kurang begitu menyenangkan. Tapi saya yakin, delapan khasiat atau manfaat minyak intaran untuk kecantikan kulit dan rambut alami berikut ini akan membuat mereka mencintai Neem.

Menumpas jerawat

Penggunaan minyak neem pada kulit memiliki khasiat untuk menghilangkan jerawat dan juga bakal jerawat. Minyak neem ampuh dalam menumpas jerawat karena mengandung antioksidan yang kuat. Untuk mengatasi jerawat dengan minyak neem, yang perlu dilakukan ialah mencampur beberapa tetes minyak neem dengan minyak lavender. Setelah tercampur rata, oleskan campuran minyak neem dan minyak lavender pada area jerawat. Usahakan untuk tidak mengaplikasikan minyak neem langsung pada kulit.

Menghilangkan ketombe

Mengatasi ketombe dengan minyak neem pada dasarnya merupakan cara kuno yang kerap dilakukan orang zaman dahulu. Ketombe pada dasarnya merupakan infeksi jamur yang dapat disembuhkan secara total dengan minyak neem. Minyak neem juga sangat membantu mengatasi berbagai infeksi kulit kepala lainnya.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, cukup tambahkan minyak neem ke dalam sampo yang biasa digunakan. Kemudian, cuci rambut yang telah dibersihkan dengan campuran sampo dan minyak neem seperti biasa.


Mengatasi kurap kaki

Kurap kaki atau athlete's foot merupakan masalah jamur yang biasanya timbul akibat kondisi yang tidak bersih. Kurap kaki biasanya menimbulkan rasa yang sangat nyeri karena dapat membuat kaki terkena inflamasi dalam skala yang lebih lebar. Untuk mengatasi kurap kaki dengan minyak neem, cukup campurkan minyak neem dengan minyak kelapa hingga merata dan oleskan pada area kulit yang terkena kurap kaki.

Merawat pori-pori besar

Minyak neem merupakan bahan yang sangat baik untuk digunakan dalam merawat pori-pori besar di kulit. Dengan sifat anti-inflamasi dan antibakteri, minyak neem dapat menutup pori-pori yang terbuka sehingga dapat mencegah masuknya kotoran ke dalam pori-pori. Manfaat ini bisa didapatkan dengan mencampur minyak neem dengan minyak kelapa hingga merata sebelum dioleskan pada wajah.

Menyembuhkan eksim

Eksim merupakan gangguan inflamasi kulit yang cukup umum ditemukan di tengah masyarakat. Minyak neem terbukti dapat membantu penyembuhan eksim karena memiliki sifat anti inflamasi dan analgesik yang baik untuk kulit. Cara mengatasi eksim dengan minyak neem terbilang mudah karena minyak neem cukup diteteskan ke dalam air hangat kuku yang akan digunakan untuk mandi berendam setiap hari. Olesan minyak neem pada area kulit yang terkena eksim juga dapat mengurangi nyeri yang timbul akibat penyakit kulit tersebut.

Merawat pori-pori besar

Minyak neem merupakan bahan yang sangat baik untuk digunakan dalam merawat pori-pori besar di kulit. Dengan sifat anti-inflamasi dan antibakteri, minyak neem dapat menutup pori-pori yang terbuka sehingga dapat mencegah masuknya kotoran ke dalam pori-pori. Manfaat ini bisa didapatkan dengan mencampur minyak neem dengan minyak kelapa hingga merata sebelum dioleskan pada wajah.

Menjauhkan nyamuk

Untuk menghindari ancaman nyamuk, cukup banyak orang menjatuhkan pilihan pada krim anti nyamuk yang terbuat dari bahan-bahan kimia. Padahal minyak neem merupakan salah satu bahan alami yang ampuh untuk melindungi kulit dari gigitan nyamuk. Cukup oleskan campuran 10 hingga -15 tetes minyak neem dengan 1/4 cangkir minyak kelapa pada area kulit yang ingin dilindungi dari gigitan nyamuk.

Menghalau kulit kering

Menggunakan minyak neem pada wajah dapat mencegah kulit wajah menjadi kering dan flaky atau bergaris-garis. Alasannya, minyak neem dapat melembabkan kulit dengan lebih dalam. Manfaat ini bisa didapatkan dengan mencampurkan minyak neem dengan minyak kelapa atau minyak zaitun dan diaplikasikan dengan pijatan-pijatan ringan di area kulit. Biarkan campuran minyak neem ini di kulit untuk beberapa saat agar kandungan-kandungan minyak neem dan minyak kelapa atau minyak zaitun dapat bekerja memperbaiki kulit yang kering dengan sempurna.

Mengobati Hiperpigmentasi

Minyak neem memiliki khasiat yang sangat baik dalam merawat hiperpigmentasi pada kulit. Penggunaan minyak neem secara rutin dapat memperbaiki hiperpigmentasi pada kulit dengan efektif karena kandungan minyak neem dapat memperlambat produksi melanin pada kulit yang menyebabkan hiperpigmentasi. Untuk mengatasi hiperpigmentasi dengan minyak neem, cukup campurkan minyak neem mentah dengan minyak kelapa dan oleskan campuran tersebut pada area wajah dan tubuh disertai dengan pijatan ringan selama beberapa menit.

Mudah-mmudahan informasi tentang Manfaat Minyak Intaran atau Neem Untuk Perawatan Kulit dan Rambut Alami Ayurveda di atas dapat melengkapi cara merawat kecantikan alami di blog Tips Cantik Terkini. Kunjungi terus ya dan berikan komentar positif Anda agar dapat terus kami perbaiki kualitasnya.
0 Komentar untuk "MANFAAT MINYAK INTARAN atau NEEM Untuk Perawatan Kulit dan Rambut Alami Ayurveda"

Back To Top