Kumpulan Tips Cantik Alami Perawatan Wajah Tradisional Tips Sehat Pewarna Rambut Cat Rambut Halal Model Rambut Terbaru

Kulit Kering Saat Puasa? Ini Cara Merawat Kulit Tetap Sehat Saat Berpuasa

Kulit Kering Saat Puasa Solusi Jitu Cara Merawat Kulit Tetap Sehat Saat Berpuasa - Sebentar lagi memasuki bulan suci Ramadhan. Ketika menjalankan ibadah puasa, biasanya tubuh cukup rentan mengalami masalah dehidrasi karena kurangnya asupan air. Tentu saja kondisi ini ternyata dapat memicu masalah kulit kering. Badan terasa gatal dan bisa bersisik. Yang menjadi pertanyaan utama adalah apa solusi agar kulit tetap sehat dan tidak kering saat berpuasa? Baca juga artikel terkait mengenai Cara Mengatasi Kulit Kering Bersisik di sekitar Lengan Paha dan Kaki.
Foto Muslimah Cantik Cara Merawat Kulit Kering Saat Puasa Ramadhan

Sebaiknya masalah kulit kering tidak disepelekan. Seperti diungkapkan dokter spesialis kulit Melyawati Hermawan, kulit yang kelembapannya tidak terjaga adalah cikal bakal dari berbagai masalah kulit.

Jika kulit sensitif, mudah gatal dan iritasi, gampang terluka, terlihat kusam, bahkan keriput dan garis-garis halus yang adalah tanda-tanda penuaan dini.

Kulit kering terjadi apabila intensitas kelembapannya menurun, salah satunya karena cairan tubuh yang menipis sehingga berujung pada dehidrasi. Kondisi seperti ini lumrah terjadi saat kita menjalankan ibadah puasa mengingat asupan cairan tubuh dibatasi, sementara aktivitas tetap berjalan seperti biasa.

Menurut ahli gizi Ronald J. Maughan, Philip Watson, dan Susan M, dalam buku 'Nutrition Review', seperti yang dipaparkan saat acara, aktivitas dalam sehari dapat membuat kulit kehilangan cairan sebanyak setengah liter sehingga dapat mengakibatkan kulit kering.

Untuk mengantisipasi kulit kering kurang cairan, pemakaian pelembab tubuh atau body lotion secara berkala sangat dianjurkan. Pakailah body lotion sesering mungkin, terutama setelah tubuh terkena air, misal setelah mandi cuci tangan dan wudhu, karena air membuat tubuh kehilangan kelembapan alaminya. Jangan khawatir pemakaian body lotion yang terlalu sering tidak akan menimbulkan efek samping sehingga aman bagi kulit.

Selain itu, hindari pula mandi dengan air panas karena akan mempercepat proses penguapan air pada kulit. Di pagi hari, walaupun udara terasa dingin sebaiknya mandi dengan air biasa karena bagus untuk kecantikan. Selain itu, sebisa mungkin pula, jangan biarkan kulit terlalu sering terpapar sinar matahari.

Mengingat kelembapan kulit sangat bergantung pada asupan cairan di dalam tubuh, maka sebaiknya jangan melewatkan buah-buahan dan sayuran baik dalam menu sahur maupun berbuka puasa.

Kadar air dalam makanan tersebut sangat tinggi sehingga cukup sebagai cadangan untuk mengimbangi aktivitas kita saat berpuasa. Tentunya, pastikan Anda juga meminum air putih sedikitnya delapan gelas sehari agar asupan air lebih optimal.

Lihat: Cara Mengatasi Kulit Anak Kering dan Kusam.

Demikianlah artikel kecantikan tentang Kulit Kering Saat Puasa dan solusi mudah Cara Merawat Kulit Tetap Sehat Saat Berpuasa. Saat tiba waktu berbuka, sebaiknya minum yang cukup untuk mengganti cairan yang hilang. Demikian pula di waktu sahur, jangan malas minum air putih ya. Banyak orang yang takut beser atau sering ke belakang, padahal hal ini penting untuk kesehatan dan menjaga kecantikan.
0 Komentar untuk "Kulit Kering Saat Puasa? Ini Cara Merawat Kulit Tetap Sehat Saat Berpuasa"

Back To Top