Kumpulan Tips Cantik Alami Perawatan Wajah Tradisional Tips Sehat Pewarna Rambut Cat Rambut Halal Model Rambut Terbaru

Ciri-Ciri Keputihan Normal Yang Terjadi Pada Wanita

Ciri-ciri keputihan normal. Bagi kaum wanita keputihan merupakan momok yang sangat menakutkan, kaum wanita yang mengalami keputihan biasanya akan mengalami ketidaknyamanan. Selain itu, keputihan juga akan membuat rasa kurang percaya diri, terutama pada wanita yang sudah menikah. Masih banyak kaum wanita yang mengabaikan akan keputihan yang dideritanya. Keputihan adalah gangguan pada organ reproduksi seorang wanita. Adanya keputihan pada organ kewanitaan menandakan bahwa wanita tersebut sedang mengalami masalah atau dampak dari kesehatan yang berkurang. Lihat juga artikel menarik tentang Apa Penyebab Bibir Hitam dan Cara Mengatasinya.
Foto Ciri-Ciri Keputihan Wanita yang Normal

Keputihan itu sendiri digolongkan menjadi dua, yakni keputihan yang normal dan keputihan yang harus lebih diwaspadai, yaitu keputihan abnormal. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang wajar atau normal terjadi pada wanita, dan tidak perlu dikhawatirkan. Keputihan normal terjadi pada seorang wanita yang sudah mengalami menstruasi. Hal ini biasanya terjadi saat wanita memasuki masa sebelum atau setelahmenstruasi, pada masa subur, dan keputihan juga terjadi saat mendapat rangsangan.

Berikut ini ciri-ciri dari keputihan normal yang terjadi pada wanita :

1. Sebelum masa menstruasi, biasanya keputihan dapat terjadi 3 sampai 7 hari sebelum masa menstruasi, dan akan berlangsung sampai masa menstruasi itu tiba.

2. Lamanya menstruasi normalnya selama 7 harim kemudian setelah masa menstruasi itu berakhir akan muncul keputihan berikutnya yang menunjukkan bahwa darah menstruasi belum tuntas. Keputihan akan keluar bercampur dengan sisa darah menstruasi dengan warna cokelat muda. Setelah beberapa hari, cairan keputihan akan terus berubah menjadi cairan putih bening dan tidak berbau. Kondisi ini akan berlangsung biasanya 3 sampai 5 hari, pada setiap wanita kondisi ini akan berbeda sesuai dengan respon tubuh, dan tergantung hormone di dalam tubuhnya.

3. Keputihan dengan golongan normal merupakan keputihan yang sangat wajar terjadi pada wanita, selama keputihan yang dialami tidak meimbulkan sebuah penyakit ataupun gangguan kesehatan lainnya. Keputihan juga dapat diartikan sebagai peningkatan masa kesuburan seorang wanita. Dan ciri-ciri keputihan normal yaitu seperti cairan yang berwarna putih bening, tidak lengket, tidak mengeluarkan bau, tampak encer dan jumlah yang tidak banyak, selain itu juga tidak menimbulkan bekas pada celana dalam. Namun keputihan biasanya sedikit ada rasa lembab dan akan kering dengan sendirinya. Kondisi ini dipicu oleh meningkatnya hormone estrogen yang mendorong cairan keputihan dalam vagina meningkat, ditambah apabila sedang melakukan aktivitas yang cukup padat, maka akan meningkatkan keluarnya cairan keputihan.

4. Secara spesifik, ciri-ciri keputihan normal yaitu cairan yang keluar berupa cairan encer berwarna bening atau tansparan, dan pada saat menjelang menstruasi akan berangsur-angsur berubah warna menjadi kecoklatan sebelum keluarnya darah menstruasi. Saat dipegang cairan tidak tampak lengket, tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap dan tidak menyebabkan gatal didaerah kewanitaan.

5. Saat wanita mengalami keputihan normal, tidak akan menimbulkan rasa nyeri pada panggul hanya rasa sedikit rasa tidak nyaman. Sebagian wanita akan merasakan denyutan kecil pada vagina ketika akan mengeluarkan cairan keputihan. Hal ini diartikan sebagai vagina yang sedang mengalami ereksi.

Kandungan keputihan normal berupa lepasan jaringan vagina, lender endoserviks, jaringan leher rahim dan bakteri yang baik, terutama golongan Lactobacillus. Kondisi ini adalah sesuatu yang alami untuk membersihkan diri, pertahanan dari berbagai infeksi dan sebagai pelicin. Pada saat menstruasi, siklus menstruasi sangat berpengaruh pada jumlah cairan keputihan yang keluar dari vagina. Memasuki fase pematangan telur, jumlah cairan yang keluarkan makin akan berjumlah banyak dan mencapai puncaknya pada saat ovulasi, kualitas cairan akan menjadi lebih kental.

Lihat: Cara Alami Menghilangkan Bekas Operasi dan Melahirkan

Semoga ciri-ciri keputihan normal untuk wanita di atas dapat memberikan informasi yang bermanfaat.
Tag : Keputihan
0 Komentar untuk "Ciri-Ciri Keputihan Normal Yang Terjadi Pada Wanita"

Back To Top