Kumpulan Tips Cantik Alami Perawatan Wajah Tradisional Tips Sehat Pewarna Rambut Cat Rambut Halal Model Rambut Terbaru

Gejala Dan Penyebab Penyakit Kepala Sebelah (Migrain)

Gejala Dan Penyebab Penyakit Kepala Sebelah (Migrain) - Gejala dan penyebab sakit kepala sebelah. Sakit kepala sebelah terkenal dengan sebutan migrain. Migrain adalah rasa nyeri kepala yang berdenyut berkali-kali disertai dengan rasa mual dan muntah. Penyakit migrain kadang sulit untuk dibedakan dengan sakit kepala jenis lainnya. Sakit kepala sebelah biasanya bersamaan dengan penyakit lainnya, seperti depresi maupun asma dan penyakit-penyakit lainnya. Sakit kepala sebelah sendiri dapat digolongkan menjadi dua golongan, pertama sakit kepala sebelah biasa dan sakit kepala sebelah klasik. Lihat juga artikel terkait Cara Mudah Meredakan Sakit Kepala secara Alami.
Gejala Dan Penyebab Penyakit Kepala Sebelah (Migrain)

Sakit kepala sebelah biasa ditandai dengan adanya rasa nyeri di kepala yang berdenyut di salah satu sisi dengan intensitas yang sedang sampai berat, dan semakin parah ketika saat melakukan aktivitas. Sedangkan sakit kepala sebelah klasik memiliki gejala dengan tanda-tanda mata berkunang-kunang, salah satu gerak tubuh terasa lemah, sulit berbicara yang terjadi dalam ½ jam sebelum timbul rasa sakit kepala sebelah.

Gejala yang sangat tampak pada sakit kepala sebelah adalah :

1. Gejala awal
Pada gejala awal sebelum menderita sakit kepala sebelah satu atau dua hari, biasanya akan mengalami tubuh terasa lemah, gelisah, emosi tidak dapat terkontrol, menguap berlebih, dan menginginkan suatu jenis makanan, seperti coklat.

2. Aura
Gejala ini hanya dapat dilihat pada sakit kepala sebelah yang tergolong dalam sakit kepala sebelah klasik. Kondisi ini akan terjadi dalam waktu 30 menit sebelum timbulnya sakit kepala sebelah. Aura merupakan gangguan pada penglihatan, seperti garis yang terlihat bergelombang, bintik gelap, bahkan tidak bisa melihat sesuatu dengan jelas. Selain itu gejala lain yang dirasakan adalah rasa kesemutan pada tangan.

3. Penderita akan merasakan rasa nyeri pada sisi kepala dan sering terjadi di bagian belakang mata.
4. Rasa mual dan muntah
5. Gejala akhir

Setelah penderita tidak merasa sakit kepala, penderita akan merasa nyeri pada otot, rasa lemas, bahkan merasakan kegembiraan yang singkat.

Penyebab sakit kepala sebelah sangat beragam, berawal dari makanan yang dikonsumsi, pola hidup, bahkan lingkungan sekitar. Efek yang ditimbulkan dari penyebab ini pun berbeda pada setiap individunya. Dan berikut ini penjelasan dari beberapa penyebab sakit kepala sebelah tersebut :

1. Mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat menimbulkan sakit kepala sebelah. Menurut National Headache Foundation makanan dan minuman dapat memicu sakit kepala sebelah atau migrain. Berikut ini makanan dan minuman yang dapat menjadi penyebab sakit kepala sebelah :

  • Keju seperti cheddar, stilton, dan brie
  • Cokelat
  • Makanan yang diasamkan, difermentasi, atau makanan yang diasinkan
  • Krim yang memiliki rasa asam
  • Kacang-kacangan bahkan selai kacang juga dapat menyebabkan sakit kepala sebelah
  • Buah-buahan dengan aroma sitrus
  • Makanan atau minuman yang mengandung kafein terlalu berlebih
  • Alcohol

2. Penyebab sakit kepala sebelah yang sering terjadi pada wanita adalah pada saat sedang mengalami menstruasi. Menstruasi bagi kebanyakan perempuan merupakan penyebab utama dari rasa sakit kepala sebelah. Kndar esterogen yang anjlok pada masa haid diduga menjadi pemicu utama sakit kepala. Hal yang sama juga dapat terjadi pada perempuan yang akan mengalami masa menopause.

3. Gaya hidup yang kurang baik. Kurangnya beristirahat sangat memicu seseorang terserang sakit kepala sebelah. Pada orang yang kurang istirahat akan kekurangan kadar oksigen di dalam darah, hal ini akan membuat kepala mudah terasa sakit termasuk rasa nyeri pada salah satu sisi kepala.

4. Lingkungan. Ada beberapa orang ketika menghirup bau parfum yang menyengat akan mengalami sakit kepala sebelah. Sebagian yang lain pada penderita sakit kepala sebelah pada saat melihat lampu-lampu yang berkelip-kelip, atau sorotan sinar matahari akan merasa sakit kepala di salah satu sisi yang menimbulkan migrain.

Semoga artikel tentang Gejala Dan Penyebab Penyakit Kepala Sebelah (Migrain) dapat bermanfaat ya.
0 Komentar untuk "Gejala Dan Penyebab Penyakit Kepala Sebelah (Migrain)"

Back To Top