Kumpulan Tips Cantik Alami Perawatan Wajah Tradisional Tips Sehat Pewarna Rambut Cat Rambut Halal Model Rambut Terbaru

Faktor Penyebab Seseorang Sering Sakit Kepala Sebelah

Penyakit sakit kepala sebelah biasanya sering menyerang kaum wanita, jumlahnya mencapai 3 kali lipat dari penderita pria. Pada umunya penyakit sakit kepala atau migrain diderita oleh wanita berusia antara 20 tahun sampai 30 tahun. Sakit kepala sebelah atau migraine adalah rasa nyeri pada kepala yang berdenyut berkali-kali, disertai dengan mual dan muntah. Penderita sakit kepala sebelah akan sensitif dengan suara, bau-bauan, cahaya, dan hal lainnya. Rasa sakit kepala sebelah ini hanya mengenai satu sisi kepala saja, kadang berpindah-pindah ke sisi sebelah lainnya. Penyebab sering sakit kepala sebelah sangat sulit untuk dibedakan dengan jenis sakit kepala jenis lainnya. Salah satunya sakit kepala yang terjadi akibat gangguan ketegangan otot leher, mempunyai gejala yang hampir sama dengan gejala migrain. Lihat juga artikel terkait tentang Bahaya Akibat Terlalu Sering Sakit Kepala.
Faktor Penyebab Seseorang Sering Sakit Kepala Sebelah
Faktor Penyebab Seseorang Sering Sakit Kepala Sebelah

Penyakit sakit kepala sebelah yang dirasakan terus menerus dapat muncul bersamaan dengan penyakit lainnya, seperti asma, depresi, tumor, dan penyakit-penyakit lainnya. Sakit kepala sebelah yang sering dirasakan merupakan salah satu gejala dari penyakit yang berat. Sakit kepala sebelah atau migrain dapat digolongkan menjadi 2 golongan yaitu :

a. Migrain biasa (migrain tanpa aura)
Penderita migrain sering masuk ke dalam golongan ini. Ciri-ciri dari migrain biasanya diantaranya rasa nyeri kepala yang berdenyut di salah satu sisi dengan intensitas yang sedang sampai berat, dan semakin parah pada saat sedang melakukan aktivitas. Migrain biasa terkadang disertai dengan rasa mual dan muntah serta sensitive terhadap cahaya, bau-bauan, dan suara.

b. Migrain klasik (migraine dengan aura)
Jenis penderita migrain ini didahului oleh suatu gejala yang dinamakan aura (merasakan lemah, mata tidak dapat melihat jelas atau berkunang-kunang, tangan serasa kesemutan, dan lainnya) yang terjadi selama 30 menit sebelum timbulnya migrain.

Penyebab sering sakit kepala sebelah masih belum diketahui secara pasti. Namun penyebab sakit kepala sebelah diduga akibat adanya gangguan pada aktivitas otak, yang dapat mengganggu keseimbangan kimia dan juga pembuluh darah otak. Hal ini biasanya dipicu oleh makanan, hormon, alkohol, stress, cahaya, bau-bauan, maupun suara. Penyebab sering sakit kepala sebelah lainnya diantaranya :

1. Rutinitas kerja
Rutinitas kerja yang tidak baik membuat seringnya seseorang terserang sakit kepala sebelah. Apabila seseorang melakukan rutinitas kerja dengan rasa cemas, maka akan menyebabkan otot di dalam tubuh menjadi tegang. Sehingga dapat memicu rasa sakit kepala sebelah.

2. Stress
Stress yang berlebihan menjadi salah satu penyebab sering sakit kepala sebelah. Stress dapat terjadi karena adanya gangguan kejiwaan. Gangguan ini dapat berupa pikiran yang terlalu berlebih atau tidak dapat dengan segera menyelesaikan masalah, sehingga emosi di dalam jiwa membuat otot-otot menjadi tegang. Biasanya otot pada leher maupun pundak akan mengencang dan membuat sakit kepala sebelah.

3. Merokok
Kebiasaan merokok ternyata dapat menjadi salah satu factor penyebab sering sakit kepala sebelah. Merokok dapat menyebabkan kesehatan seseorang terganggu, oleh karena itu hindari kebiasaan merokok untuk mencegah timbulnya penyakit migrain.

4. Banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang siap saji
Biasanya makanan dan minuman siap saji banyak mengandung zat kimia berbahaya yang dapat memicu timbulnya migrain. Kurangnya asupan gizi dan nutrisi di dalam tubuh, dapat membuat kepala mudah sakit terutama sakit kepala sebelah atau migraine.

5. Kurang olahraga
Kurang berolahraga juga merupakan salah satu penyebab sering sakit kepala sebelah. Kurang berolahraga akan membuat tubuh seseorang mudah terkena penyakit, salah satunya sakit kepala sebelah.

Seringnya seseorang merasakan sakit kepala sebelah perlu untuk diwaspadai, karena penyakit kepala sebelah terbilang sangat serius. Penyakit ini menunjukkan bahwa tubuh si penderita sedang mengalami gangguan yang berbahaya.

Semoga informasi tentang faktor penyebab sering sakit kepala sebelah di atas bisa bermanfaat.
0 Komentar untuk "Faktor Penyebab Seseorang Sering Sakit Kepala Sebelah"

Back To Top