Kumpulan Tips Cantik Alami Perawatan Wajah Tradisional Tips Sehat Pewarna Rambut Cat Rambut Halal Model Rambut Terbaru

Cara Mengatasi Kulit Belang Karena Sinar Matahari Akibat Ultra Violet

Cara Mengatasi Kulit Belang Karena Sinar Matahari Akibat Ultra Violet - Memiliki kulit belang di pergelangan tangan tempat jam tangan atau di kaki karena sering pakai sendal jepit? Jangan takut. Dokter mengatakan kulit belang karena sinar matahari bisa kembali ke warna normalnya kok. Lihat juga artikel kesehatan sebelumnya tentang Bahaya Memakai Sepatu Hak Tinggi High Heels.
Foto Kulit Belang Karena Sinar Matahari Cara Mengatasi Akibat Ultra Violet
Foto Kulit Belang Karena Sinar Matahari Cara Mengatasi Akibat Ultra Violet

dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK dari D&I Skin Centre Denpasar mengatakan kulit menghitam ketika terpapar sinar matahari merupakan hal yang normal. Hal ini terjadi karena tubuh berupaya melindungi kulit dari bahaya sinar ultra violet matahari.

"Ketika kulit terpapar matahari, melanin, bagian dari pigmen yang mengatur warna kulit dan rambut, berkumpul di daerah itu. Jadi melanin melindungi kulit kita dari bahaya sinar matahari, makanya bagian kulit tersebut jadi menghitam," tutur dr Darma.

dr Darma mengatakan kulit yang menghitam tersebut bisa saja kembali ke warna normal. Namun butuh waktu lumayan lama, hingga beberapa minggu sampai melanin menghilang dari bagian kulit tersebut.

"Kalau nggak keluar-keluar rumah ya nanti balik lagi. Sama kayak kulit kita yang tertutup baju kan nggak hitam. Kalau kulit kita nggak kena matahari lagi ya warnanya akan kembali normal," tandasnya lagi.

Untuk mengembalikan kulit yang belang karena sinar matahari ke warna normal, ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Di antaranya adalah menggunakan krim kulit khusus yang membantu mempercepat proses pengembalian melanin. Selain itu bisa juga menggunakan terapi laser yang memiliki fungsi serupa.

Namun cara yang terbaik menurut dr Darma adalah melakukan pencegahan. Gunakan pakaian yang menutup kulit ketika bepergian ke luar rumah. Jangan lupa juga menggunakan sun-block jika dirasa perlu.

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Kalau nggak mau terlihat hitam, pakai pakaian yang tertutup atau gunakan sun-block ketika keluar rumah.
0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Kulit Belang Karena Sinar Matahari Akibat Ultra Violet"

Back To Top