Kumpulan Tips Cantik Alami Perawatan Wajah Tradisional Tips Sehat Pewarna Rambut Cat Rambut Halal Model Rambut Terbaru

Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar

Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar - Bagi anda yang memiliki luka bakar dan sulit untuk dihilangkan, ada beberapa bagian dalam luka bakar serta tingkatannya. Berikut cara menghilangkan bekas luka bakar berdasarkan tingkatannya. Lihat juga Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah dengan Bahan-Bahan Alami.

 
Cara Mudah Menghilangkan Bekas Luka Bakar
Cara Mudah Menghilangkan Bekas Luka Bakar | kompas.com


Tingkatan Pertama

Luka bakar tingkat pertama atau ringan biasa pada umumnya kerusakan yang hanya timbul di kulit bagian atas, kulit terasa nyeri dan warna kulit memerah. Ada beberapa orang yang memiliki luka bakar tingkat ini tidak ada bekas luka bakar sehabis dilakukan penyembuhan dengan tepat, atau cuma menyisakan sedikit bekas luka. Kadang penyembuhan luka bakar yang tingkat ini dalam kurun waktu 6 hari dan tidak meninggalkan bekas.

Tingkatan Kedua

Tingkatkan kedua luka bakar akan memunculkan kerusakan pada bagian kulit bagian atas sampai masuk ke permukaan kulit yang lebih dalam, yaitu ke tempat dermis kulit. Akan muncul warna kulit memerah, kulit terasa nyeri dan muncul lepuhan.

Di tingkat ini kadang bekas luka bakar bisa tertinggal pada kulit. Akan tetapi, keparahan dari bekas luka yang tertinggal pun tergantung dari penanganan bekas luka saat awal diobati. Dengan begitu, Penyembuhan luka bakar di tingkatan kedua bisa memakan waktu 2-3 minggu bisa jadi meninggalkan bekas luka itu sendiri.

Tingkatan Ketiga

Tingkatan ketiga luka bakar adalah kondisi paling parah dan harus segera ditangani oleh tenaga medis, anda tidak dapat mengobati sendiri di rumah. Di luka bakar tingkatan ketiga ini telah terjadi kerusakan pada kulit di bagian permukaan sampai kerusakan ke bagian tendon dan tulang. Warna kulit juga akan berubah warna menjadi hitam atau putih karena hangus. Di kulit yang bagian nya terpapar luka menjadi mati rasa atau baal. Dikarenakan luka bakar sudah mengenai saraf kulit. Karena nya, Luka bakar tingkatan ketiga ini kadang memberikan bekas luka bakarnya bersifat permanen.

Nah, anda mungkin bertanya tanya bagaimana cara menghilangkan bekas luka bakar itu.

Cara menghilangkan bekas luka bakar diawali dengan penanganan awal. Seberapa ampuh kamu dapat menghilangkan bekas luka bakar itu tergantung pada penanganan luka bakar yang ditangani sejak pertama. Penanganan yang cepat dan tepat bisa meminimalisir bekas luka yang tertinggal.

Tahapan Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar



Saat pertama kali terkena luka bakar (tingkatan pertama atau tingkatan kedua), anda basuh luka bakar menggunakan air bersih mengalir dengan waktu sekitar 10 menit. Lalu segera rendam menggunakan air yang sejuk dengan waktu 5-10 menit. Pakailah salep antibiotik di daerah yang terkena terluka. Bila luka bakar tingkat kedua, ada baiknya anda konsultasikan ke dokter sehabis melakukan penanganan pertama di rumah. Pakai perban kasa steril namun yang tidak lengket agar melindungi kulit terbakar sehingga tidak infeksi. Sambil mengobati, anda memakan makanan yang tinggi antioksidan serta banyak mengandung protein, dan minumlah banyak air putih.

Jika luka bakar anda tingkatan ketiga, anda harus segera melakukan pengobatan ke tenaga medis agar cepat diberi penanganan yang tidak dapat anda lakukan dirumah. Cara menghilangkan bekas luka bakar itu sendiri, tergantung kepada tingkat keparahan nya. Jangan remehkan walaupun terlihat kecil atau tidak terasa nyeri. Dengan melakukan penangan awal yang tepat anda bisa membuat luka itu tidak terlalu parah dan tidak terlambat dalam pengobatan nya. Anda juga bisa menghilangkan bekas luka dengan bahan bahan alami seperti daun singkong yang dihaluskan, lidah buaya, dan banyak lagi resep tradisional yang dapat bisa menjadi cara menghilangkan bekas luka bakar yang anda alami.

0 Komentar untuk "Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar"

Back To Top