Tips Cantik Alami Perawatan Wajah Tradisional Pewarna Cat Rambut Halal Daftar Harga Perawatan Klinik Kecantikan Terbaru

Urutan Cara Merias Wajah Memakai Make Up yang Benar

Urutan Cara Merias Wajah Memakai Make Up yang Benar - Memakai make up menjadi suatu keharusan bagi seorang wanita agar terlihat cantik dan segar. Kadang kala tata cara merias wajah bisa menjadi perdebatan mengenai apakah foundation atau concealer yang lebih dulu digunakan.
Urutan Cara Merias Wajah Memakai Make Up yang Benar

Urutan yang Benar dalam Merias Wajah

Namun yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana urutan pakai make up secara keseluruhan. Mana yang harus dirias terlebih dahulu? Make up wajah atau make up mata dulu? Belum lagi ada bagian pipi dan bibir. Ternyata tidak sederhana ya.

Bisa jadi Anda termasuk sebagai salah satu yang justru semakin bingung setelah melihat beberapa “versi” cara merias wajah di beberapa posting sosmed atau media berita.

Namun, jangan pernah memberi cap benar atau salah begitu saja untuk urutan pakai make up. Ada memang yang lebih nyaman memakai rias mata terlebih dahulu.

Biasanya dikarenakan jika sampai ada bubuk eyeshadow yang jatuh, bisa dibersihkan tanpa perlu khawatir akan menghapus foundation.

Di sisi lain, ada juga yang suka memakai make up wajah terlebih dahulu, lengkap sampai bedaknya. Lalu kalau sampai ada bubuk eyeshadow yang jatuh bagaimana? Tinggal “disapu” dengan powder brush dan selesai sudah. Simpel juga kok.

Berdasarkan bagian yang terdapat di wajah, berikut ini urutan merias wajah memakai make up yang benar:

1.Wajah (Face Primer-Foundation-Concealer-Bedak)

Produk pertama yang dipakai untuk rias wajah sudah pasti face primer yang bertujuan untuk memberi tekstur halus pada kulit, menyamarkan tampilan pori-pori, dan membuat make up wajah lain yang dipakai sesudahnya tahan lebih lama. Sangat penting ya.

Setelah primer, urutan berikutnya adalah menggunakan foundation untuk menyamakan warna kulit. Kalau masih ada noda di kulit seperti bekas jerawat? Samarkan dengan concealer. Terakhir, set semuanya dengan bedak translucent atau bedak tabur agar nantinya jika ada bubuk eyeshadow yang jatuh ke bagian wajah mudah dibersihkan.

2. Mata (Eye Primer-EyesShadow-Eyeliner-Mascara)

Sama seperti rias wajah, eye primer pun penting digunakan supaya rias mata Anda tidak “meleleh” atau luntur di tengah hari. Setelah memakai eye primer, lanjutkan dengan eyeshadow. Anda yang ingin memulaskan eyeliner dengan mudah, gunakan mascara sebagai langkah paling akhir. Memang ada kemungkinan garis eyeliner akan ikut terangkat karena sapuan mascara, namun Anda bisa mengulangi lagi tahap eyeliner agar tidak meninggalkan celah.
Eye Primer-EyesShadow-Eyeliner-Mascara

Nah, kalau Anda tergolong wanita yang ingin satu kali “kerja” saja dan tidak ingin repot harus re-apply, gunakan mascara dulu baru eyeliner. Bagiamana dengan alis? Bagian alis cukup fleksibel kok. Anda bisa merapikan alis sebelum atau sesudah rias mata.

3. Pipi (Countour-Bronzer-Blush)

Apakah Anda masih bingung apa perbedaan contour dan bronzer? Sebagai informasi, teknik contouring digunakan untuk mempertegas tulang pipi, biasanya dengan menarik garis tepat di bawah tulang pipi mulai dari dekat telinga ke arah bibir. Dengan begitu ada ilusi bayangan pada wajah sehingga pipi terlihat lebih tirus dan tulang pipi jelas terlihat.
Perbedaan Make Up Contour vs Bronze

Anda yang ingin menambah contour, pilih produk yang hasil akhirnya matte ya. Nah, kalau bronzer kita gunakan untuk memberi efek sun-kissed glow di sepanjang tulang pipi sampai ke puncak tulang pipi teratas supaya wajah tidak terlihat flat. Ada dimensi dan kilau cantik yang bisa didapatkan jika Anda menggunakan bronzer yang tepat. Pilih yang warnanya sesuai dengan skin tone, 1-2 warna lebih gelap dari kulit Anda sudah cukup. Blush adalah produk andalan terakhir yang dipakai untuk memberi rona cantik pada wajah.

4. Bibir (Lip Balm-Lip Liner-Lipstik-Lip Gloss)

Bagian bibir biasanya dilakukan terakhir sebagai finishing touch untuk menyeimbangkan make up secara keseluruhan. Lip balm digunakan pertama kali untuk memberi kelembapan pada bibir.
Lip Balm Lip Liner Lip Gloss

Anda bisa menggunakan tisu untuk menghapus sisa lip balm sebelum memakai produk berikutnya agar warna lip pencil yang akan digunakan berikutnya lebih terlihat. Lip pencil digunakan untuk membingkai bibir agar pulasan warna lipstik lebih rapi. Tak hanya itu, lip pencil juga bisa Anda gunakan pada seluruh bibir sebagai warna dasar sebelum menggunakan lipstik.

Kemudian poleskan lipstik dan tambahkan lip gloss jika diinginkan. Lip gloss mampu memberi efek bibir terlihat penuh dengan kilaunya yang cantik. Tinggal Anda sesuaikan saja sesuai preferensi. Ingin hasil akhir matte atau glossy.

Demikianlah informasi tentang Tutorial Urutan Cara Merias Wajah Memakai Make Up yang Benar sebagai referensi buat Anda yang ingin tampil maksimal dan cantik. Sekali lagi, langkah-langkah di atas berdasarkan pengalaman para ahli di bidang riasan wajah. Namun, gunakan juga pengalaman selama ini yang biasa Anda praktekkan ya, karena hasil bisa relatif. Kalau pasananga Anda atau para sahabat sudah memberikan komentar positif atas make up yang kita kenakan, silahkan lanjutkan.
0 Komentar untuk "Urutan Cara Merias Wajah Memakai Make Up yang Benar"

Back To Top