Kumpulan Tips Cantik Alami Perawatan Wajah Tradisional Tips Sehat Pewarna Rambut Cat Rambut Halal Model Rambut Terbaru

Tips Mencegah Rambut Rontok Memasuki Masa Menopause (Penuaan Alami)

Tips Mencegah Rambut Rontok Memasuki Masa Menopause - Kerontokan rambut menjadi salah satu masalah umum yang dihadapi wanita ketika menghadapi periode transisi menopause atau perimenopause. Keadaan ini juga kerap membuat para wanita tidak percaya diri dengan penampilannya. Baca juga: Tips Memilih Warna Cat Rambut untuk Menutupi Rambut Ubanan.
Rambut Lebat dan Indah di Masa Menopause
Rambut Lebat dan Indah di Masa Menopause | pinterest


Namun jangan terlalu khawatir, karena ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah masalah itu. Dilansir oleh Republika dari laman First for Women, berikut berbagai cara menangani rambut rontok selama perimenopause.

Mencegah Rambut Rontok Memasuki Usia Menopause



1. Cari tahu apakah ada masalah medis yang menyebabkan kerontokan rambut

Perimenopause adalah kondisi penuaan alami. Tapi rambut rontok bisa menjadi gejala dari masalah serius. Hal pertama yang harus dilakukan jika mengalami kerontokan rambut adalah menemui dokter Anda, untuk memastikan Anda tidak memiliki masalah kesehatan seperti anemia, lupus, atau hipotiroidisme.

Setelah Anda dan dokter menentukan bahwa kerontokan rambut Anda disebabkan oleh perimenopause, mungkin inilah saatnya untuk mencoba beberapa perawatan lain.

2. Pertimbangkan untuk menambah hormon

Jika kerontokan rambut dipicu oleh hormon kewanitaan yang menurun, maka Anda bisa mengganti estrogen dan progesteron melalui suplemen penumbuh rambut dan produk rambut rontok dapat membantu. Pilihan pengobatan lain mungkin dengan pil KB indeks androgen rendah.

3. Pakai produk penumbuh rambut

Anda juga bisa mencoba menghentikan kerontokan dengan memakai produk penumbuh rambut. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sekitar 20 persen wanita mengalami pertumbuhan rambut kembali dan sekitar 40 persen mengalami pertumbuhan kembali rambut setelah empat bulan penggunaan penumbuh rambut.

4. Kurangi frekuensi keramas

Para ahli tampaknya setuju bahwa keramas setiap hari tidaklah baik. Keramas memang tidak membuat rambut rontok, namun mengeringkan rambut dengan hair dryer atau penggunaan catokan akan membuat rambut rusak dan memicu kerontokan. Untuk mengurangi kerusakan, biarkan rambut kering secara alami atau kurangi penggunaan catokan.

5. Lakukan pijatan teratur

Penelitian menunjukkan bahwa pijat kulit kepala yang dilakukan dengan minyak esensial, termasuk lavender, cedarwood, thyme, dan rosemary, efektif merangsang pertumbuhan rambut. Kita juga bisa melakukan pemijatan kulit kepala sendiri, jadi tidak perlu pergi ke salon.

6. Pertimbangkan untuk mengubah gaya rambut

Ada gaya dan potongan tertentu yang sangat cocok untuk wanita dengan rambut yang mulai menipis. Misalnya dengan melakukan trim dan menambahkan lapisan untuk volume. Salah satu potongan yang sangat bagus untuk dicoba adalah gaya rambut bob.

7. Konsultasi dengan dokter tentang suntikan kortison atau akupunktur

Memang tidak ada data yang kuat tentang manfaat suntikan kortison untuk menumbuhkan kembali rambut. Namun ada beberapa wanita yang rutin melakukan cara tersebut dan berhasil. Suntikan kortison diberikan di kulit kepala, dan Mayo Clinic menyarankan agar suntikan ini dilakukan setidaknya dua bulan sekali.

Baca: Cara Mencegah Rambut Tipis Tidak Mengembang  

Ada juga saran yang menyebut bahwa akupunktur adalah solusi. Namun British Acupuncture Society menyatakan bahwa tidak ada bukti yang kuat untuk itu. Akupunktur mungkin membantu mengatasi masalah yang melatarbelakangi seperti membantu mengobati lupus, yang dapat menyebabkan kerontokan rambut.

8. Cobalah beberapa suplemen utama

Biotin dan Viviscal mungkin bisa dicoba untuk menghentikan kerontokan rambut ketika perimenopause. Biotin kaya akan vitamin B yang dapat memperbaiki kondisi rambut dan kuku. Sementara Viviscal mengandung kalsium dan vitamin C yang menguatkan rambut.

9. Jangan dibuat stres

Ketika kita menerima semua tanda penuaan, itu bisa membantu mengurangi kerontokan rambut. Berbeda halnya jika kita stres, maka itu akan berpotensi menambah skala kerontokan. Jadi cobalah menghela napas panjang, dan menerimanya.
Mengatasi Rambut Rontok Usia Menopause
Mengatasi Rambut Rontok Usia Menopause | sixtyandme.com

0 Komentar untuk "Tips Mencegah Rambut Rontok Memasuki Masa Menopause (Penuaan Alami)"

Back To Top