Tips Cantik Alami Perawatan Wajah Tradisional Pewarna Cat Rambut Halal Daftar Harga Perawatan Klinik Kecantikan Terbaru

Inilah Dampak atau Akibat Berhenti Memakai Riasan (Make Up) Pada Wajah Anda

Dampak Akibat Berhenti Memakai Riasan atau Make Up Pada Wajah - Tiada hari yang dilewati tanpa memakai riasan atau make up karena bagi seorang wanita hal ini adalah salah satu keharusan dan tidak boleh ditinggalkan agar terlihat cantik dan menarik. Namun, pernahkah merasa ingin pergi ke luar rumah polosan saja, tanpa sedikit pun goresan make up di wajah? Perasaan ini pasti pernah timbul buat mereka yang sudah terbiasa menggunakan make up dan merasakan berat di wajah serta lelah menghabiskan banyak waktu untuk merias diri. (Baca juga: 5 Manfaat Madu dan Susu untuk Kecantikan dan Kesehatan)
Foto Dampak atau Akibat Berhenti Memakai Riasan Wajah (Make Up) Alami
Wajah Alami vs Memakai Riasan Wajah (Make Up)

Harap jangan abakaikan hal ini, karena ini mungkin pertanda agar kita sesekali membiarkan kulit wajah bernapas lega tanpa make up. Jadi penasaran ya, apa yang akan terjadi pada kulit saat berhenti pakai makeup atau riasan wajah?

Dilansir dari Kompas, jika kamu terbiasa menggunakan make up dan tiba-tiba tidak memakainya, kamu mungkin akan merasa pucat dan kurang percaya diri. Hal ini wajar, kok. Namun, berhenti pakai make up justru membuat kulit mendapat banyak manfaat berikut ini.

1. Kulit dapat bernapas lega

Memakai make up yang berlapis-lapis di wajah sama halnya dengan memasok bahan kimia setiap hari. Padahal, kandungan bahan kimia pada make up dapat membuat pori-pori wajah menjadi tersumbat.

Akibatnya, sirkulasi kulit terganggu dan ini bisa memicu timbulnya jerawat-jerawat yang menjengkelkan. (Baca juga: Cara Mengatasi Jerawat di Punggung)

Tiap kali tidak menggunakan make up, maka kita membiarkan kulit wajah bernapas lebih lega tanpa sumbatan kotoran di pori-pori wajah. Akibatnya, kulit menjadi lebih bersih dari jerawat.

2. Pori-pori tersamarkan

Kebiasaan buruk setelah memakai make up adalah tidak membersihkannya dengan baik. Padahal, dalam satu hari saja wajah sudah terpapar banyak kotoran dan polutan udara. Semua ini dapat menyebabkan pori-pori wajah menjadi tersumbat dan kian membesar.

Pori Pori Wajah Tanpa Make Up Riasan Cantik Alami

Nah, penumpukan kotoran ini dapat diminimalkan dengan membiarkan wajah bebas make up. Pori-pori wajah menjadi lebih rapat tersamarkan sehingga kulit lebih kencang. Jangan lupa, katakan selamat tinggal pada kerutan di wajah.

3. Kulit terlihat lebih bersih dan sehat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, produk make up memang sering menjadi biang keladi timbulnya jerawat di wajah. Terlebih kebanyakan wanita justru berusaha menutupi jerawat tersebut dengan make up berlapis-lapis. Ini berarti sama saja makin memicu jerawat di wajah, bukan?

Kulit Bersih dan Sehat Tanpa Riasan Wajah Makeup Kecantikan Alami

Di sisi lain, membiarkan wajah tanpa make up memberikan efek sebaliknya. Menghentikan penggunaan foundation (alas bedak) selama satu minggu dapat membantu membersihkan jerawat dan menghentikan ruam di wajah.

Tentu saja, kulit menjadi lebih bersih dan terhindar dari peradangan akibat paparan kuman dari produk make up.

4. Menurunkan risiko infeksi mata

Penggunaan eyeliner dan maskara dapat menimbulkan infeksi pada mata, terlebih bila digunakan secara rutin. Sebab, tabung maskara menyimpan kuman dan bakteri yang dapat mengiritasi mata hingga memicu infeksi mata, salah satunya konjungtivitis.

Hal ini akan semakin parah bila kamu memiliki kebiasaan saling pinjam eyeliner dan maskara dengan teman atau saudara. Perpindahan bakteri dari riasan mata menjadi semakin mudah sehingga siklus penularan akan terus berputar.

Jadi, mana yang lebih baik dilakukan untuk mencegah infeksi mata, tetap menggunakan perias mata atau justru berhenti menggunakannya?

5. Terhindar dari kulit kering

Selain menyumbat pori-pori, kandungan bahan kimia pada make up dapat membuat kulit wajah cenderung kering dan kusam. Pasalnya, tumpukan bahan kimia tersebut menghambat proses regenerasi sel kulit. (Baca juga: Cara Mengatasi Kulit Kering Bersisik)

Kulit Wajah Halus Lembut Tidak Kering Berhenti Memakai Make Up Riasan Muka

Sel kulit baru yang seharusnya menggantikan sel kulit mati menjadi terhambat sehingga kulit menjadi lebih kering dan kusam.

Oleh karena itu, dengan membiarkan kulit wajah bernapas lega tanpa make up, maka proses regenerasi sel kulit wajah menjadi lebih maksimal. Alhasil, kulit terlihat lebih segar dan awet muda.

6. Mengurangi alergi

Banyak produk-produk make up yang mengandung berbagai bahan kimia berbahaya, seperti paraben, sulfat, dan logam. Bahan-bahan tersebut mudah sekali memicu reaksi alergi pada beberapa orang.

Reaksi alergi ini terdiri dari dua jenis, yaitu dermatitis kontak iritan dan dermatitis kontak alergi.

Dermatitis kontak iritan terjadi bila kulit bersentuhan dengan bahan beracun. Hal ini memberikan efek berupa rasa gatal, kemerahan, dan luka bakar pada kulit.

Sementara pada dermatitis kontak alergi lebih memengaruhi sistem kekebalan tubuh seseorang setelah kontak dengan zat asing.

Oleh karena itu, gunakan make up sesuai kebutuhan dan pastikan untuk memperhatikan tanggal kedaluwarsa setiap makeup. Bila ingin benar-benar terhindar dari alergi di wajah, sebaiknya kurangi penggunaan makeup secara bertahap.

7. Wajah terlihat cantik alami

Meskipun pada awalnya merasa pucat dan kurang percaya diri tanpa make up, kamu justru dapat menunjukkan kecantikan alami tanpa riasan. Pasalnya, bintik-bintik dan rona kemerahan di pipi justru membuat seseorang terlihat lebih muda.

Wajah Cantik Alami Tanpa Makeup atau Riasan

Tenang saja, lama kelamaan kamu jadi terbiasa dan semakin percaya diri untuk keluar rumah tanpa riasan makeup.

Bila ditelaah dengan baik, dampak atau akibat menghentikan pemakaian riasan wajah atau make up ternyata positif ya. Kecantikan alami akan terpancar dan di sisi lain kesehatan kulit dapat terjaga. Selain itu, buat kamu yang sedang melakukan pendekatan dengan si dia, bisa juga dijadikan parameter, apakah si dia menyukaimu apa adanya atau terpikat dengan kecantikan berbalut riasan wajah semata.
0 Komentar untuk "Inilah Dampak atau Akibat Berhenti Memakai Riasan (Make Up) Pada Wajah Anda"

Back To Top