Kumpulan Tips Cantik Alami Perawatan Wajah Tradisional Tips Sehat Pewarna Rambut Cat Rambut Halal Model Rambut Terbaru

Ini Jawaban Mengapa Rambut Cepat Ubanan Wanita dan Pria Wajib Tahu

Mengapa Rambut Cepat Ubanan Wanita dan Pria Wajib Tahu - Siapa yang suka rambut beruban? Tidak ada ya karena uban merupakan salah satu gejala penuaan. Kita ingin selalu tampil segar dan terlihat awet muda. Namun kenyataannya saat ini anak sekolah baik perempuan maupun laki-laki pun sudah banyak yang ubanan. Bahkan, si uban tersebut dengan pedenya sudah menjulur-julur keluar dari antara rambut hitamnya. Bila tak lebih dari 10 lembar sih, Anda mungkin akan langsung mencabutnya. Tetapi bila uban Anda sudah mulai ganas menyebar meski usia Anda di bawah 30 tahun, tentu hanya bisa pasrah dan menangis sesegukan meratapi nasib tua sebelum waktunya. Lihat juga artikel tentang Warna Rambut yang Bagus Terpopuler Tahun 2016.
Foto Rambut Wanita Ubanan Jawaban Kenapa Cepat Beruban

Ada beberapa hal yang menyebabkan mengapa rambut cepat beruban. Ada faktor-faktor yang tak dapat dicegah, namun ada pula yang masih bisa diatasi. Anda mungkin tahu beberapa di antaranya:

Usia

Faktor "U" memang tidak bisa ditolak; maka jangan menunjukkan sikap denial bila Anda mengalaminya. Siklus pertumbuhan rambut terjadi setiap 3-6 tahun, kata Paradi Mirmirani, MD, seorang ahli dermatologi di Vallejo, CA. Ketika rambut Anda tumbuh dalam setiap siklus, cenderung semakin ada yang salah dengan pigmennya. Sebagian orang bisa saja melalui tujuh atau delapan siklus sebelum mereka mengamati ada uban yang muncul. Menurut Mirmirani, pasiennya kebanyakan sudah mulai beruban di usia 30-an, namun ada juga yang sudah beruban di usia 8 atau 9 tahun! Nah, keuntungannya, meskipun uban merupakan salah satu tanda penuaan, Anda masih bisa menutupinya dengan mengecat rambut.

Genetik

Fenomena tubuh Anda sebagian Anda dapatkan dari orangtua, termasuk dalam hal warna rambut. Jika salah satu dari orangtua Anda cepat beruban, maka Anda pun cenderung mengalami hal yang sama. Faktor genetik memang memegang peran penting mengenai kapan Anda akan kehilangan pigmen. Kalau kedua orangtua Anda mendapatkan uban secara prematur, maka Anda pun bisa lebih cepat beruban daripada teman-teman (seusia) Anda. Dan, orang yang rambutnya hitam legam cenderung lebih cepat beruban daripada yang warna rambutnya kecoklatan atau pirang.

Merokok

Dari hasil beberapa studi observasi dalam skala kecil menemukan hubungan antara merokok dan tumbuhnya uban, demikian menurut Mirmirani. Penyebabnya kemungkinan adalah radikal bebas yang diproduksi ketika seseorang merokok. Seperti kita tahu, asap rokok juga bisa menyebabkan tumbuhnya keriput dan gigi yang menguning. Sebaiknya segera kurangi atau bahkan hentikan kebiasaan merokok ya karena terlalu banyak dampak negatifnya, dan salah satunya menjadi faktor pemicu mengapa rambut cepat tumbuh uban.

Stres

Stres yang dialami dari hari ke hari mungkin tidak mempengaruhi warna rambut Anda, tetapi rasa gelisah atau tegang yang sangat kuat bisa menyebabkannya. Belum ada penjelasan dari ilmu pasti mengenai hal ini, namun Mirmirani mengatakan bahwa peristiwa besar yang stressful bisa memberikan pengaruh fisiologis. Hal ini kemudian bisa saja menimbulkan perubahan dalam pigmentasi dan siklus rambut.

Kondisi medis

Memang hal ini merupakan kasus yang jarang terjadi, namun kondisi metabolik tertentu, kekurangan beberapa zat nutrisi, dan kelainan genetik juga bisa menyebabkan rambut beruban. Selain itu juga ada beberapa pengobatan kemoterapi untuk pasien kanker yang dapat mempengaruhi mekanisme pembuatan pigmen. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir. Setelah pengobatan usai, rambut Anda akan kembali ke warna aslinya.

Nah sekarang Anda jadi tahu ya Jawaban Mengapa Rambut Cepat Ubanan. Sebenarnya tidaklah perlu khawatir dan terus bertanya kenapa rambut banyak uban, karena sekarang bisa disemir atau diwarnai dengan cat rambut. Tapi. tumbuhnya rambut putih dijadikan pertanda bahwa usia terus bertambah dan kesehatan perlu dijaga ekstra hati-hati ya. Tetap hidup sehat dan cantik alami.
0 Komentar untuk "Ini Jawaban Mengapa Rambut Cepat Ubanan Wanita dan Pria Wajib Tahu"

Back To Top