Tips Cantik Alami Perawatan Wajah Tradisional Pewarna Cat Rambut Halal Daftar Harga Perawatan Klinik Kecantikan Terbaru

Tips Mata Sehat Di Depan Komputer Mencegah Mata Lelah dan Kepala Pusing

Tips Sehat Di Depan Komputer Mencegah Mata Lelah. Bagi anda yang rutin menggunakan komputer personal (PC) maupun Laptop terkadang mengalami gangguan dalam hal penglihatan dan pusing yang sering menghampiri. Apalagi sekarang di saat pandemi, kita sering memakai aplikasi zoom atau aplikasi meeting lainnya hingga berjam-jam di depan komputer. Efek radiasi dari layar monitor tentu saja berlangsung satu arah (dari layar ke mata), sehingga sangat berpengaruh terhadap penglihatan dan apabila berlangsung lama, maka mata akan mengkompensasi dengan gangguan penglihatan minus serta terkadang pusing, mual dan muntah. Baca juga: Trend Skincare Terbaru Perawatan Kulit Saat Pandemi.

Tips Mata Sehat Depan Komputer Mencegah Mata Lelah
Tips Mata Sehat Depan Komputer Mencegah Mata Lelah

Tuntutan pekerjaan atau tugas tentu saja tidak bisa terelakkan, namun menjaga kesehatan terutama mata, tetap harus dijaga, jangan sampai mata "rusak" karena pekerjaan tersebut.

Mencegah Kelelahan Mata di Depan Komputer



Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai bagaimana cara mencegah supaya tidak pusing pada saat berlama-lama di depan layar komputer.

1. Menempatkan monitor komputer sejajar dengan tubuh

Posisi monitor komputer yang baik adalah manakala sejajar dengan tubuh, terutama mata, yaitu jangan terlalu ke kanan maupun ke kiri. Dengan posisi sejajar ini harapannya adalah tubuh terasa nyaman, sehingga dengan tubuh (terutama mata) terasa nyaman maka berlama-lama di depan komputer bukan menjadi kendala yang berarti.

2. Menjaga jarak pandang dengan monitor

Jarak yang disarankan antara mata dengan monitor komputer adalah 50-100 sentimeter. Jarak itu merupakan jarak ideal yang baik guna menjaga mata supaya tidak cepat lelah dan menimbulkan pusing. Apabila dengan jarak tersebut tulisan/font dirasa kurang besar, maka tulisan bisa di setting lebih besar.

3. Mengganti monitor CRT dengan monitor LCD

Monitor tabung atau CRT memiliki efek yang kurang baik dibandingkan dengan monitor LCD, terutama untuk penglihatan. Selain efek yang kurang baik terhadap penglihatan, CRT juga membutuhkan energi yang lebih besar, sehingga dengan menggunakan LCD akan menghemat energi.

4. Mengatur setting monitor

Pre display mode pada layar monitor sangat membantu pengguna (user) untuk menciptakan kenyamanan penggunaan. Sesuaikan level kecerahan dan sebagainya terkait dengan tampilan, dengan kenyamanan penglihatan anda, bisa jadi setiap orang memiliki settingan kenyamanan yang berbeda-beda, sehingga apabila anda ingin menggunakan komputer dalam jangka waktu relatif lama, aturlah terlebih dahulu tampilan layar komputer.

5. Mengistirahatkan mata sejenak secara berkala

Mata perlu diistirahatkan dalam jangka waktu tertentu, disarankan untuk setiap 2 jam sekali perlu mengistirahatkan mata. Cara mengistirahatkan bisa dengan berkedip-kedip, maupun berpindah posisi dan pandangan mata, entah melihat pemandangan atau mengerjakan pekerjaan ringan yang lain tanpa melihat layar monitor. Waktu istirahat minimal 5-10 menit.

6. Menggunakan kacamata anti radiasi

Kacamata anti radiasi memang relatif mahal, namun demi menjaga kesehatan mata maka sebaiknya (terkhusus kepada yang sering menggunakan komputer dalam jangka waktu lama) menggunakan kacamata tersebut. Kacamata tersebut memiliki lapisan-lapisan yang berfungsi untuk mencegah pancaran sinar radiasi dari layar komputer langsung menuju ke mata. Dengan mengurangi radiasi tentu saja menjadikan mata jauh lebih nyaman dan aman dalam melihat komputer.


TIPS MATA SEHAT DEPAN KOMPUTER
Mengatasi Mata Lelah di Depan Komputer

Demikian 6 cara mencegah kelelahan mata di depan komputer, semoga dapat membantu Anda yang sering menggunakan komputer baik untuk pekerjaan, tugas maupun sekedar hiburan. Apalagi sekarang harus sekolah dan kerja di rumah (WFH) karena pandemi virus Corona. Mencegah memang jauh lebih baik daripada mengobati. Membudayakan hidup sehat memang pada awalnya sulit, tapi kalau sudah terbiasa, akan jauh lebih mudah dan nyaman.

0 Komentar untuk "Tips Mata Sehat Di Depan Komputer Mencegah Mata Lelah dan Kepala Pusing"

Back To Top