Kumpulan Tips Cantik Alami Perawatan Wajah Tradisional Tips Sehat Pewarna Rambut Cat Rambut Halal Model Rambut Terbaru

Cara Alami Merawat Kecantikan Kulit Ibu Menyusui Secara Aman Sesuai Tipe Jenis Kulit

Info terbaru tentang Cara Alami Merawat Kecantikan Kulit Ibu Menyusui Setelah Lahiran Sesuai Tipe Jenis Kulit - Penggunaan bahan alami untuk kulit dan wajah bagi ibu menyusui pasca melahirkan sesuai saran dokter patut kita ketahui. Bagi ibu yang baru melahirkan dan menyusui, melakukan perawatan kulit, khususnya wajah mungkin akan terasa sulit. Baca juga: Tips Cara Langsing Pasca Melahirkan Tampil Cantik dan Ramping.
Cara Merawat Kecantikan Kulit Ibu Menyusui Secara Alami Sesuai Jenis Kulit
Cara Merawat Kecantikan Kulit Ibu Menyusui Secara Alami Sesuai Jenis Kulit | source: klikdokter


Selain karena sempitnya waktu, perawatan kulit di klinik kecantikan juga tentu membutuhkan biaya yang tak sedikit.

Akan tetapi, Mama tak perlu khawatir. Ternyata bisa lho melakukan perawatan kulit wajah di rumah sembari menyusui dan mengurus Si Kecil.

Bahkan, tak perlu menggunakan produk yang mahal, bahan-bahan alami yang murah meriah ternyata bisa kita manfaatkan.

Meski begitu, agar tetap aman, sebelum melakukan perawatan, ada baiknya Mama menyimak kiat-kiat dari dr. Suksmagita Pratidina, Sp.KK, berikut ini.

Cara Merawat Kecantikan Kulit Ibu Menyusui Pasca Melahirkan



Beliau merupakan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin mengatakan, bila ibu ingin menggunakan bahan alami untuk perawatan kulit, bisa mencoba buah, sayur, bahkan bumbu dapur.

Buah-buahan, sayuran, bumbu dapur terbilang relatif aman. Dalam arti, apabila kita mengoleskan bahan tersebut baik dalam bentuk masker, bubuk, atau potongan lalu ditempelkan ke kulit, tidak ada masalah.

Walaupun terbilang aman, hal yang tak boleh luput adalah memerhatikan tipe atau jenis kulit yang kita miliki.

Ditegaskan sekali lagi bahwa sangat penting untuk diperhatikan adalah apakah bahan-bahan tersebut sesuai dengan tipe kulit ibu. Contoh, jika kulit berminyak lalu menggunakan bahan yang agak lembap seperti yoghurt atau madu, mungkin akan menimbulkan sumbatan.

Kemudian, bila kulit kering kemudian memakai bahan yang bersifat asam seperti lemon, maka bisa menyebabkan iritasi,” lanjutnya.

Akan tetapi, dr. Gita memastikan bahan alami aman untuk digunakan ibu menyusui, karena penyerapannya ke kulit terbilang minim bahkan tidak ada sama sekali.

Jadi, kalau berbicara tentang keamanan dalam hal penyerapan bahan alami itu untuk masuk ke peredaran darah, tentunya aman karena tidak bermasalah dengan itu. Kenapa aman? Sebab, bahan-bahan alami itu belum diolah oleh pabrik untuk menjadi bentuk yang bisa diserap oleh kulit.

Baca: Apa Itu Bakuchiol Skincare Anti Aging Lebih Aman dari Retinol

Biasanya berat molekul bahan itu besar-besar sekali, jadi sekalipun dioleskan, penyerapannya ke dalam kulit maupun peredaran darah relatif tidak ada atau minim sekali,” jelas dokter cantik ini, yang berprofesi sebagai Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin di RS Pondok Indah dan RS Pondok Indah  Bintaro Jaya.

Sementara itu, kalau berbicara tentang penggunaannya, beliau mengungkapkan semua tergantung bahan-bahannya.

Kalau berbicara tentang penggunaanya seperti apa, tergantung bahan-bahannya. Jika bahannya cair, bisa digunakan sebagai masker, baik dalam bentuk tunggal maupun kombinasi.

Untuk bahan padat, bisa dihaluskan terlebih dahulu dalam bentuk potongan atau diblender, kemudian dioleskan,” jelasnya saat dihubungi secara virtual, sebagaimana dilansir dari situs oleh Nakita.id.
Perawatan Kecantikan Kulit Ibu Menyusui Pasca Pasca Melahirkan
Perawatan Kecantikan Kulit Ibu Menyusui Pasca Pasca Melahirkan | source: minews.id


Lebih lanjut, dijelaskan hal lain harus diperhatikan adalah cara penggunaan bahan alami itu sendiri.

Bahan Alami yang Tidak Cocok untuk Perawatan Kulit Ibu Menyusui Pasca Melahirkan


Bila cara penggunaannya keliru, bahan alami juga bisa menimbulkan efek samping, seperti iritasi.

Tapi, ada bahan yang digunakan untuk massage, biasanya bahan yang licin seperti minyak, kemudian kita campur dengan bahan alami. Saat melakukan massage biasanya kan ada tekanan atau gesekan tertentu, nah terkadang ada beberapa bahan yang bisa menimbulkan iritasi.

dr. Gita memberi contoh bahan alami yang bermanfaat namun justru bisa menjadi bumerang adalah kopi.

Adapun bahan yang biasanya dipakai untuk massage adalah kopi karena kandungan kafeinnya mampu mengurangi pembengkakan, bisa juga untuk mengurangi stretch mark.

Namun, biji kopi sendiri bila digiling atau dihaluskan, terkadang masih ada tesktur bijinya yang kasar. Nah, itu yang bisa membuat iritasi apalagi jika saat melakukan massage, Moms memakai tekanan tertentu,.

Jadi intinya, yang perlu diperhatikan dari bahan alami ini bukan aman atau tidaknya komponen di dalamnya, melainkan soal cara penggunaan atau jenis bahan alami tersebut tidak sesuai dengan jenis kulit ibu.
Merawat Kecantikan Kulit Ibu Menyusui Secara Alami Sesuai Tipe Jenis Kulit
Merawat Kecantikan Kulit Ibu Menyusui Secara Alami Sesuai Tipe Jenis Kulit | source: halodoc.com

0 Komentar untuk "Cara Alami Merawat Kecantikan Kulit Ibu Menyusui Secara Aman Sesuai Tipe Jenis Kulit"

Back To Top