Kumpulan Tips Cantik Alami Perawatan Wajah Tradisional Tips Sehat Pewarna Rambut Cat Rambut Halal Model Rambut Terbaru

Cara Mencegah Muka Jerawatan Karena Memakai Masker dengan Lima Langkah Mudah

Tips Cara Mencegah Muka Jerawatan Karena Memakai Masker - Kondisi pandemi COVID-19 saat ini semakin berbahaya karena secara statistik penderita positif dan jumlah yang meninggal semakin meningkat, sehingga kita diwajibkan untuk selalu memakai masker saat berada di luar rumah. Rasanya masker sudah menjadi kebutuhan pokok yang tidak boleh ditinggalkan dan harus selalu tersedia di rumah atau dimana saja saat beraktivitas. Jangan harap bisa memasuki wilayah atau tempat tertentu jika tidak bermasker. Baca juga: Cara Mengatasi Masalah Jerawatan di Dahi Benjolan Mengganggu.

Namun demikian, ternyata akibat seharian penuh memakai masker, cenderung membuat wajah semakin bermimyak, terlalu lembab atau basah. Hal ini menyebabkan muka gampang jerawatan karena memakai masker. Namun demikian, sebaiknya jangan khawatir ya. Berikut ini beberapa tips mengurangi risiko timbulnya jerawat karena keseringan memakai masker. 

Cara Mencegah Muka Jerawatan Karena Menggunaka Masker

1. Pilih masker yang tepat

Semakin tebal masker yang kita pakai maka semakin aman masker tersebut melindungimu. Namun sayangnya masker yang tebal dapat menghambat kulit untuk bernafas.

 
Masker Aman Muka Tidak Jerawatan
Masker Aman Muka Tidak Jerawatan | source:ugm.ac.id

Kamu sendiri bebas memilih masker tipe mana. Mulai dari masker kain hingga masker kain. Jika memakai masker kain, gunakan yang terbuat dari katun karena teksturnya yang lembut dan memudahkan kulit untuk dapat bernapas.

2. Cuci masker kain sebelum dipakai

Pastikan masker yang kamu pakai sudah bersih. Jangan menggunakan masker secara terus-menerus tanpa mencucinya. Terutama ketika memakai masker kain. sebaiknya cuci dahulu sebelum dipakai.
Mencegah Wajah Berjerawat Karena Masker Kulit Halus Mulus
Mencegah Wajah Berjerawat Karena Masker | source: matcha-jp.com


Hal ini berguna untuk membersihkan masker dari debu dan kuman yang menempel. Ada baiknya kamu juga mencuci wajah dengan cleanser sebelum memakai masker untuk mencegah munculnya jerawat.

3. Gunakan moisturizer secara rutin sebelum memakai masker

Meski wajahmu tidak akan terlihat, tidak ada salahnya untuk menggunakan moisturizer atau pelembab. Namun jangan pilih moisturizer yang bertekstur oily karena malah akan menyebabkan jerawat atau breakout jika dibarengi dengan penggunaan masker. Sebaiknya pilih moisturizer yang non-comedogenic sehingga tidak akan menimbulkan komedo setelah memakainya.
Moisturizer untuk Mencegah Muka Jerawatan Karena Masker Wajah
Moisturizer untuk Mencegah Muka Jerawatan Karena Masker Wajah | source: freepik.com


Kamu juga bisa memilih moisturizer yang memiliki paling tidak SPF30. Ini berguna untuk mencegah kulit wajahmu menjadi belang karena separuh akan terpapar matahari dan setengahnya tidak.

4. Pakailah makeup secukupnya dan jangan terlalu tebal

Makeup yang kamu gunakan tentu akan menyumbat pori-pori. Bayangkan saja jika kamu memakai makeup tebal ditambah masker pula. Kulitmu pasti akan kesulitan untuk bernapas.
Makeup Natural Sederhana Mencegah Jerawat Karena Memakai Masker
Makeup Natural Sederhana Mencegah Jerawat Karena Memakai Masker | source: freepik.com


Hal ini yang menyebabkan sering munculnya jerawat di wajah. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan makeup sewajarnya saja. Kamu juga pasti gak mau kan makeup menempel pada masker, bukan?

5. Selalu mencuci masker setelah digunakan seharian

Setelah kamu selesai menggunakan masker, jangan lupa untuk mencuci muka dengan produk facial foam atau cleanser andalanmu. Tetapi produk yang paling baik adalah yang mengandung setidaknya retinol, benzoyl peroxide, atau salicylic acid.
Mencuci Masker Untuk Menghindari Jerawatan
Mencuci Masker Untuk Menghindari Jerawatan | source: unicef.org


Ketiga komposisi di atas berguna untuk mengurangi munculnya jerawat. Pastikan kamu juga memakai moisturizer atau krim malammu setelahnya.

Demikianlah tips cara mencegah muka jerawatan karena memakai masker. Coba dipraktekkan ya agar wajah selalu bersih dan tidak gampang berminyak, karena dapat menimbulkan jerawat, setelah beraktivitas seharian dan tertutup rapat.

0 Komentar untuk "Cara Mencegah Muka Jerawatan Karena Memakai Masker dengan Lima Langkah Mudah"

Back To Top