Kumpulan Tips Cantik Alami Perawatan Wajah Tradisional Tips Sehat Pewarna Rambut Cat Rambut Halal Model Rambut Terbaru

Menghilangkan Bekas Luka di Wajah dengan 6 Bahan Alami Tanpa Bekas dan Efek Samping

Cara Efektif Menghilangkan Bekas Luka di Wajah dengan 6 Bahan Alami Tanpa Bekas dan Efek Samping - Memiliki wajah mulus adalh idaman bagi setiap wanita. Namun takdir tak mungkin bisa dihindari. Salah satunya adalah bekas luka di wajah, yang merupakan mimpi buruk bagi banyak orang. Bekas luka dianggap akan menganggu penampilan, karena ketika bertemu dengan seseorang pasti bagian wajah menjadi fokus utama, baru kemudian bagian lainnya. Ada banyak hal yang menyebabkan bekas luka di wajah. Misalnya bekas jerawat, atau luka bekas kecelakaan.

Sudah banyak cara menghilangkan bekas luka di wajah. Anda dapat mengambil langkah medis seperti operasi atau perawatan laser. Ada juga kosmetik atau skin care yang khusus untuk merawat bekas luka.

Baca juga: 3 Ramuan Bahan Alami Menghilangkan Bekas Luka Bakar

Namun semua metode tersebut memiliki efek samping dan resiko tersendiri. Misalnya saja produk skin care yang mengandung bahan kimia. Produk-produk ini tak baik jika digunakan secara rutin.

Sebenarnya Anda dapat menyamarkan bekas luka secara alami. Cara menghilangkan bekas luka di wajah secara alami ini cukup aman karena tidak ada unsur bahan kimia pada bahan-bahannya. Anda juga dapat melakukan perawatan sendiri di rumah.

Berikut ini 6 cara alami menghilangkan bekas luka di wajah dengan bahan-bahan yang sangat mudah ditemukan di rumah, sebagaimana dilansir dari situs Stylecrazer.

1. Menghilangkan Bekas Luka di Wajah dengan Lidah Buaya (Aloe Vera Gel)

Gel lidah buaya membantu memperkuat struktur kolagen di dalam jaringan parut. Ketika digunakan pada luka untuk penyembuhan, gel ini akan membantu meningkatkan proses penyembuhan sambil mencegah pembentukan bekas luka. Kandungan glikoproteinnya membantu menghentikan rasa sakit dan peradangan sambil membantu perbaikan dan pertumbuhan kulit.

Gambar Lidah Buaya (Aloe Vera Gel) Menghilangkan Bekas Luka di Wajah
Gambar Lidah Buaya (Aloe Vera Gel) Menghilangkan Bekas Luka di Wajah

Cara menggunakannya adalah dengan memotong lidah buaya dan ambil gelnya. Blender gel sampai mendapatkan tekstur yang halus.

Atau Anda juga dapat menggunakan gel lidah buaya murni siap pakai yang sudah banyak dijual di toko kecantikan.

Cuci muka dan keringkan dengan handuk. Oleskan gel lidah buaya ke bekas luka Anda. Biarkan gel lidah buaya mengering dan meresap ke kulit Anda. Gunakan olesan lidah buaya ini selama 2-3 kali sehari.

2. Menghilangkan Bekas Luka di Wajah dengan Cuka Apel

Menggunakan cuka apel adalah cara yang bagus untuk menghilangkan bekas luka. Cuka apel memiliki sifat zat kuat yang mengeringkan kulit Anda. Ini membantu mengikis semua kotoran, debu, dan sel kulit mati pada kulit Anda.

Gambar Cuka Apel Bahan Alami Menghilangkan Bekas di Wajah
Gambar Cuka Apel Bahan Alami Menghilangkan Bekas di Wajah

Cuka apel juga mengandung asam laktat dan malat yang membantu pengelupasan kulit melembutkan kulit, dan mengurangi kemerahan. Asam ini juga membantu memulihkan kulit dengan bekas luka berlekuk.

Ambil cuka sari apel dan air dalam porsi yang sama dan campur kedua bahan menjadi satu. Cuci muka dan tepuk hingga kering dengan handuk.

Celupkan kapas ke dalam campuran cuka apel tersebut dan mulailah mengoleskannya ke kulit Anda. Setelah semua bekas luka tertutup, biarkan cuka apel mengering selama sekitar 10 menit.

Cuci muka dan tepuk hingga kering dengan handuk. Lakukan setidaknya sekali sehari agar bekas luka Anda dapat segera tersamarkan.

Baca juga: Cara Memutihkan Gigi dengan Cuka Apel dan Minyak Kelapa

3. Menghilangkan Bekas Luka di Wajah dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat analgesik dan antiinflamasi yang sangat baik. Kandungan ini membantu mengurangi infeksi kulit dan mengobati masalah seperti psoriasis, dermatitis, eksim, dan jerawat. Minyak kelapa juga membantu mengurangi pembentukan jaringan parut selama proses penyembuhan dan membantu memudarkan bekas luka sampai batas tertentu setelah mereka sembuh.

Gambar Minyak Kelapa Bahan Alami Menghilangkan Bekas di Wajah
Gambar Minyak Kelapa Bahan Alami Menghilangkan Bekas di Wajah | iStcokPhoto

Panaskan minyak selama beberapa saat hingga agak hangat. Cuci muka dan tepuk hingga kering dengan handuk. Pijatkan minyak ke wajah Anda selama beberapa menit. Biarkan kulit menyerap minyak selama minimal satu jam. Lalu bilas dengan air bersih. Lakukan setidaknya sekali sehari.

4. Menghilangkan Bekas Luka di Wajah dengan Madu

Madu dapat mengandung antioksidan yang membantu menjaga kelembaban dan mencegah kerusakan kulit. Madu juga memiliki sifat antibakteri yang menjadikannya bahan yang efektif untuk digunakan ketika berhadapan dengan jerawat dan bekas jerawat serta bekas luka lainnya. Madu juga merupakan bahan pemutih yang akan membantu menyamarkan bekas luka.

Gambar Madu Asli Bahan Alami Menghilangkan Bekas di Wajah
Gambar Madu Asli Bahan Alami Menghilangkan Bekas di Wajah

Cuci kulit wajah Anda dan tepuk sampai kering dengan handuk. Letakkan handuk panas di wajah Anda selama beberapa menit untuk membuka pori-pori Anda. Lepaskan handuk dan oleskan madu ke wajah Anda. Biarkan selama 10 menit dan bilas dengan air. Tepuk-tepuk kulit Anda dengan handuk. Lakukan ritual ini sehari sekali.

Baca juga: Manfaat Terbaik Madu dan Susu untuk Kecantikan dan Kesehatan

5. Menghilangkan Bekas Luka di Wajah dengan Lemon

Vitamin C dalam lemon membantu meningkatkan produksi kolagen yang membantu perbaikan kulit sekaligus mengurangi tampilan bekas luka. Lemon juga membantu menghilangkan sel-sel kulit mati sekaligus meningkatkan elastisitas kulit. Jus lemon adalah zat pemutih alami yang bahkan dapat meratakan warna kulit Anda.

Gambar Lemon Bahan Alami Menghilangkan Bekas di Wajah
Gambar Lemon Bahan Alami Menghilangkan Bekas di Wajah \ iStockPhoto

Siapkan satu sendok teh perasan lemon. Cuci muka dan tepuk hingga kering dengan handuk. Oleskan perasan lemon tersebut dengan kapas ke bagian bekas luka. Biarkan selama 10 menit. Bilas wajah atau bersihkan dengan pembersih ringan. Lakukan rutin sekali sehari.

6. Menghilangkan Bekas Luka di Wajah dengan Baking Soda

Baking soda adalah salah satu bahan terbaik yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bekas luka. Baking soda memiliki sifat pengelupasan dan anti-inflamasi yang sangat baik yang membantu meringankan iritasi sambil mengusir kulit mati dan kotoran.

Gambar Baking Soda Bahan Alami Menghilangkan Bekas di Wajah
Gambar Baking Soda Bahan Alami Menghilangkan Bekas di Wajah | Shutterstock
Baking soda membantu menumbuhkan lapisan kulit yang lebih muda, memudarkan bekas luka. Namun, berhati-hatilah dengan bahan ini jika Anda memiliki kulit sensitif.

Campurkan soda kue dan air untuk hingga membentuk pasta yang halus. Cuci muka dan keringkan.

Oleskan campuran baking soda ke wajah Anda dan pijat selama 2-3 menit. Diamkan pasta selama 5 menit diwajah Anda. Cuci muka dan tepuk hingga kering dengan handuk. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu.

Enam Cara Alami Menghilangkan Bekas Luka di Wajah pada artikel di atas cukup menarik untuk dipraktikkan ya. Hasil akhir sangat relatif. Masing-masing bahan alami tersebut bisa menghilangkan bekas luka di muka dengan tingkat efektifitas dan kecepatan yang berbeda. Namun jangan khawatir karena efek sampingnya kecil dan yang dibutuhkan adalah kesabaran, karena prosesnya mungkin tidak terlihat dalam 1-2 minggu.
0 Komentar untuk "Menghilangkan Bekas Luka di Wajah dengan 6 Bahan Alami Tanpa Bekas dan Efek Samping"

Back To Top