Kumpulan Tips Cantik Alami Perawatan Wajah Tradisional Tips Sehat Pewarna Rambut Cat Rambut Halal Model Rambut Terbaru

Cara Mengatasi PSORIASIS Kulit Kepala Gatal Mirip Ketombe Secara Alami

Berikut informasi penting tentang Cara Mengatasi Psoriasis Kulit Kepala Gatal Mirip Ketombe - Rasa gatal yang berasal dari kulit kepala pastinya sangat mengganggu. Rasa gatal yang timbul biasanya disebabkan oleh ketombe yang menempel di kulit kepala. Namun, ada kalanya rasa gatal itu muncul dari kondisi medis yang disebut psoriasis. Lihat juga Manfaat Gule Merah untuk Kecantikan Kulit dan Mengatasi Jerawat.

Foto Rambut Panjang Indah Cara Alami Mengatasi Psoriasis Kulit Kepala Gatal Mirip Ketombe

Psoriasis adalah kondisi peradangan pada kulit, dan ini dapat saja terjadi pada kulit kepala. Psoriasis kulit kepala bisa sangat gatal dan kulit bisa kering dan berdarah. Kulit kepala yang terkelupas memang membuat tidak nyaman, serpihan kulit yang bertabur bisa terjadi karena ketombe atau psoriasis itu dua kondisi yang berbeda.

Ketombe dapat diobati dengan relatif mudah dan jarang menjadi masalah medis yang serius. Sedangkan psioriasis adalah kondisi kronis yang dialami kulit yang berhubungan dengan kekebalan tubuh.

Baca: Perawatan Rambut Secara Alami Bebas Rontok

Dikutip dari Healthline, ketombe dapat muncul karena penggunaan sampo yang tidak cocok karena terlalu banyak mengandung bahan kimia. Sedangkan psoriasis berhubungan dengan sistem kekebalan yang disebut juga sebagai penyakit autoimun. Serangan terhadap sistem imun membuat proses produksi kulit jadi lebih cepat dan menciptakan pertumbuhan kulit baru yang tidak sehat yang mengakibatkan kulit menjadi tebal dan bersisik.

Rasa sangat gatal yang luar biasa melebihi gatal yang ditimbulkan oleh ketombe. Jika ketombe dapat diatasi dengan sampo anti ketombe, psoriasis dapat diatasi dengan pengobatan topikal seperti pemberian obat salep, krim, atau lotion. Namun itu hanya membuat gejala menjadi ringan, untuk sembuh sepenuhnya belum ada obatnya.

Berikut ini beberapa cara alami untuk mengatasi psoriasis kepala gatal mirip ketombe:

1. Berjemur di bawah sinar matahari pagi

Sinar ultraviolet ternyata dapat mengatasi kulit kepala gatal psoriosis. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Clinical & Experimental Dermatology. Penyebab psoriasis adalah sel darah putih yang terlalu aktif (overaktif) dan terakumulasi di dalam kulit, sehingga sel kulit diproduksi secara berlebihan. Sinar matahari yang mengandung ultra violet dapat membunuh sel darah putih ini.

2. Meditasi untuk Mengurangi Stres

Penderita kulit kepala gatal psoriasis dapat mencoba melakukan meditasi dengan harapan dapat membantu mengakselerasi pembersihan kulit dari dalam. Hal ini dapat dibuktikan secara ilmiah, namun hasilnya dapat berbeda untuk setiap orang. Kuncinya adalah membuat diri kita lebih tenang dan merasa nyaman, sehingga tubuh mendapatkan energi positif dan proses kerja tubuh dapat berjalan dengan baik.

3. Menurunkan berat badan

Menjaga tubuh agar tetap langsing dan tidak kelebihan berat badan ternyata dapat membantu dalam menyembuhkan psoriasis. Sebagaimana proses meditasi, berat badan ideal dapat mengurangi stress dan menjaga keseimbangan tubuh.

4. Menggunting kuku dengan benar (manicure)

Penyebab psoriasis salah satunya adalah menggaruk kulit kepala yang gatal dengan kuku yang tidak dipotong dengan baik. Semakin pendek kuku akan dapat mengurangi kerusakan kulit kepala dan meredam psoriasis. Jadi punya alasan untuk pergi ke salon ya. Lakukan manicure sekarang juga.

5. Diet dan olahraga

Lakukan diet dengan displin dan olahraga secara teratur. Berlari atau aerobik lebih disarankan untuk penderita penyakit psoriasis.

6. Keramas dengan benar dan gunakan kondisioner

Setelah berolahraga disarankan untuk keramas secara bersih dan tuntas, agar terhindar dari penyakit tambahn seperti ketombe. Gunakan conditioner untuk melembabkan kulit kepala dan mencegah kekeringan.

7. Jangan memakai pakaian ketat

Cara terakhir ini khususnya untuk penutup kepala ya. Berikan ruang yang cukup buat kulit untuk bernafas.

Nah semoga informasi di atas dapat bermanfaat. Silahkan dishare jika tips cara mengatasi penyakit kulit kepala gatal psoriasis di atas bermanfaat ya. Menggaruk rambut yang gatal tidak hanya disebabkan oleh ketombe.
0 Komentar untuk "Cara Mengatasi PSORIASIS Kulit Kepala Gatal Mirip Ketombe Secara Alami"

Back To Top