Kumpulan Tips Cantik Alami Perawatan Wajah Tradisional Tips Sehat Pewarna Rambut Cat Rambut Halal Model Rambut Terbaru

Alasan Mengapa Harus Menggunakan Kosmetik Halal dan Bersertifikasi MUI

Menggunakan Kosmetik Halal dan Bersertifikasi MUI ternyata sangat penting iya. Baca selengkapnya di artikel berikut ini alasan yang harus diketahui - Kosmetik atau produk make-up menjadi item penting dalam kehidupan setiap wanita. Kurang lengkap rasanya jika wanita bepergian keluar rumah tanpa mengaplikasikan produk kosmetik. Baca juga Daftar Kosmetik Palsu Berbahaya Terbaru Dan Efek Sampingnya.
Kosmetik Halal dan Bersertifikasi MUI untuk Muslimah Cantik Kulit Putih Bersih
Kulit Cantik dengan Kosmetik Halal dan Bersertifikasi MUI | image: beautymuslimah.com

Seiring dengan semakin meningkatnya komunitas hijab di Indonesia, yang terdiri atas fashion hijab blogger, selebriti Tanah Air yang mengenakan hijab, hingga perhelatan fashion show khusus kaum muslimah, membuat mereka seringkali mempertanyakan apakah produk kosmetika yang digunakan sudah bersertifikasi halal.

Mengapa Memakai Kosmetik Halal dan Bersertifikasi MUI Penting

Yang menjadi pertanyaan adalah apa pentingnya menggunakan kosmetika bersertifikasi halal padahal produk tersebut tidak dimakan? Hal ini pasti timbul di benak para muslimah ya.

Faktanya, para muslimah sebagai beauty enthusiast kini semakin peduli bahwa produk halal bukan semata soal konsumsi makanan, tetapi juga jenis kosmetik yang dikenakan pada kulit. Sebagaimana yang diatur dalam perintah agama serta dalam Undang-undang (UU) No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH), perlu kecermatan khusus dalam memilih dan menggunakan produk kosmetika. Salah-salah hal tersebut justru memengaruhi keabsahan ibadah yang dilakukan seorang muslim.

Jangan sampai terjadi, terutama bagi Muslimah, yang ingin tampil cantik, tetapi terpapar najis karena menggunakan produk kosmetika yang tidak jelas status kehalalan/kesuciannya. Akibatnya, ibadah yang dikerjakan menjadi tidak sah. Hal ini disampaikan oleh Wakil Direktur LPPOM MUI, Ir. Sumunar Jati. Dan ini kian diperkuat lantaran semakin banyak konsumen kosmetik yang tak mengetahui bahan yang terkandung dalam kosmetika.

Secara umum, kosmetik dibuat dari bahan atau zat aktif dan zat aditif (tambahan). Tak jarang jika kosmetik tersebut terdiri dari banyak bahan campuran atau gabungan yang berasal dari tumbuhan, hewan, sintetik kimiawi, mikroba, hingga jaringan atau organ tubuh manusia. Selain itu, tak semua produsen kosmetik mencantumkan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat produk kosmetik secara lengkap.

Alhasil, banyak pengguna kosmetik yang tak mengetahui asal muasal atau sumber bahan kosmetik tersebut, meski produsen kosmetik telah mencantumkan bahan-bahannya secara lengkap. Oleh karena itu, para muslimah pemakai kosmetik perlu waspada dalam menggunakan kosmetik.

Dengan demikian ada baiknya untuk memilih produk kosmetik di pasaran yang sudah memiliki label halal. Agar bisa memastikannya, Anda dapat membaca kandungan yang tertera pada produk, jika ada hal yang kurang jelas dapat menanyakannya langsung kepada produsen kosmetika yang bersangkutan.


0 Komentar untuk "Alasan Mengapa Harus Menggunakan Kosmetik Halal dan Bersertifikasi MUI"

Back To Top