Kumpulan Tips Cantik Alami Perawatan Wajah Tradisional Tips Sehat Pewarna Rambut Cat Rambut Halal Model Rambut Terbaru

Faktor Penyebab dan Cara Mencegah Bau Mulut

Faktor Penyebab dan Cara Mencegah Bau Mulut - Mencegah bau mulut sering kali menjadi hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Tak jarang, banyak orang memerlukan bantuan profesional untuk mengatasi masalah bau mulut. Sebelum meminta bantuan profesional untuk membantu mengatasi masalah bau mulut, ada baiknya Anda mencoba beberapa cara untuk mengatasi bau mulut. Lihat juga artikel terkait tentang Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa.
Foto Cara Mencegah Bau Mulut

Mencegah bau mulut kerap menjadi masalah yang menggangu dan ternyata cukup sulit untuk disingkirkan, berikut ada beberapa cara mencegahnya

Faktor Penyebab Bau Mulut

Bau mulut sering kali disebabkan oleh faktor-faktor berikut:

  • makanan dan minuman yang dikonsumsi memiliki aroma yang tajam, seperti bawang dan durian. Aroma makanan ini akan tertinggal di rongga mulut sehingga menyebabkan bau mulut.
  • gigi berlubang dan gusi yang bermasalah dapat menyebabkan munculnya bau tertentu yang kurang sedap.
  • kebersihan mulut yang tidak terjaga serta kondisi mulut yang kering juga menyebabkan timbulnya bau mulut.

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Upaya Mencegah Tejadinya Bau Mulut

Untuk mencegah bau mulut maka perlu dilakukan upaya-upaya untuk mengurangi penyebab bau mulut.


  • sikat gigi secara rutin minimal dua kali sehari dengan sikat gigi yang masih dalam kondisi baik atau bagus. Menyikat gigi adalah upaya untuk menjaga kebersihan mulut. Menyikat gigi juga membersihkan gigi dari sisa makanan yang apabila tertinggal terlalu lama akan menjadi asupan bagi bakteri. Jika banyak bakteri hidup di dalam mulut maka akan berakibat pada timbulnya bau mulut. Oleh karena itu, menyikat gigi secara rutin menjadi hal wajib untuk menjaga bau mulut tetap sedap. Kondisi kebersihan sikan gigi juga perlu diperhatikan. Rajinlah mengganti sikat gigi Anda setidaknya tiga bulan sekali atau jika sikat gigi sudah terlihat rusak. Sikat gigi yang sudah tidak bagus justru akan menjadi sumber bakteri.
  • bersihkan sela-sela gigi dengan benang flossing dan lidah dengan tounge cleaner atau tounge scraper. Lakukan ini minimal sekali sehari. Hal ini merupakan upaya tambahan untuk mencegah bau mulut.
  • jika Anda menggunakan gigi palsu maka bersihkan gigi palsu secara rutin dan lepas gigi palsu lepasan tiap kali hendak tidur. Gigi palsu sering kali menjadi faktor terjadinya bau mulut. Oleh karena itu membersihkan gigi palsu dengan tepat akan mencegah bau mulut.
  • kurangi konsumsi makanan ataupun minuman dengan aroma yang tajam. Makanan atau minuman dengan aroma tajam akan meninggalkan aroma tersebut di dalam mulut. Oleh karenanya, untuk mengurangi akibat dari bau mulut yang ditimbulkan maka kurangilah konsumsi makanan dengan aroma yang tajam,
  • minum air yang cukup sehingga akan menjaga kondisi mulut tidak kering. Seperti saat melakukan puasa, kondisi mulut yang kering akan menimbulkan bau mulut. Oleh karenanya, minumlah air dengan jumlah yang cukup dan dengan pengaturan waktu yang tepat sehingga mulut tidak berada pada kondisi kering yang akan berujung pada terjadinya bau mulut.

0 Komentar untuk "Faktor Penyebab dan Cara Mencegah Bau Mulut"

Back To Top