Kumpulan Tips Cantik Alami Perawatan Wajah Tradisional Tips Sehat Pewarna Rambut Cat Rambut Halal Model Rambut Terbaru

Dampak Kebanyakan Minum Susu Kalsium Tinggi Mengakibatkan Pengapuran Tulang. Benarkah?

Apa Dampak Kebanyakan Minum Susu Kalsium Tinggi Terhadap Pengapuran Tulang - Saat ini sudah banyak produk susu atau asupan lain yang disebut-sebut tinggi kalsium dan dapat memenuhi kebutuhan kalsium dalam sehari. Namun tak sedikit juga yang khawatir mengonsumsi produk semacam ini karena takut mengalami pengapuran tulang akibat kelebihan kalsium tinggi. Nah kebenarannya masih dikaji lebih lanjut ya, baca hingga tuntas. Buat persiapan Ramadhan, sebaiknya dilihat posting sebelumnya tentang Tips Sehat Saat Puasa Kulit Tidak Kering dan Kusam.

Menurut ahli gizi Jansen Ongko, MSc, RD, hal tersebut tak sepenuhnya benar. Jika misalnya tubuh memperoleh vitamin atau mineral dalam jumlah berlebihan, maka secara alami akan dibuang lewat feses.

"Pengapuran itu justru kurang kalsium, jadi tulang kita mengambil kalsium dari darah. Pengapuran bukan karena kelebihan kalsium. Kalau asupannya berlebihan ya dibuang lewat urine dan sekresi," imbuh nutrisionis lulusan California State University, Los Angeles..

Untuk sumber kalsium, selain dari susu bisa juga diperoleh dari sumber lain seperti sayur dan ikan, salah satunya teri. Teri merupakan contoh makanan dengan sumber kalsium yang tinggi dan murah.

Selain teri, macam-macam makanan dari golongan seafood seperti kerang dan udang juga bisa menjadi pilihan asupan tinggi kalsium. Bisa juga dari golongan sayur seperti brokoli.

Beberapa tanaman lainnya juga dapat dimanfaatkan karena memiliki kandungan kalsium yang tinggi, di antaranya kacang almond, brokoli, kol, collard, dandelion, dulse (tanaman laut), kale, dan prunes.

Sementara itu, menurut ahli gizi Leona Victoria MND, di usia yang tak lagi muda, mengonsumsi cukup kalsium (baik susu maupun suplemen) ditambah dengan olahraga ringan merupakan cara terbaik untuk mengaktifkan pembentukan atau penguatan tulang.

"Sebaiknya sejak usia 25 tahun ke atas mulai rajin minum susu dan olahraga ringan untuk memadatkan tulang," saran Victoria.

Nah semoga dapat menjawab kekhawatiran mengenai akibat atau dampak kebanyakan minum susu tinggi kalsium ya. Pengapuran tulang dapat dihindari dengan asupan kalsium yang cukup dan kekuatannya terjaga dengan berolahraga. Selamat hidup sehat.
0 Komentar untuk "Dampak Kebanyakan Minum Susu Kalsium Tinggi Mengakibatkan Pengapuran Tulang. Benarkah?"

Back To Top