Kumpulan Tips Cantik Alami Perawatan Wajah Tradisional Tips Sehat Pewarna Rambut Cat Rambut Halal Model Rambut Terbaru

TIPS MENGHILANGKAN STRES BAGI KESEHATAN Cara Unik Membantu Mengurangi Stres

TIPS MENGHILANGKAN STRES BAGI KESEHATAN Cara Unik Membantu Mengurangi Stres. Saat dilanda stres, suasana hati dan tubuh Anda pun bisa terasa tak keruan. Berbagai cara pun dilakukan agar pikiran bisa terbebas dari stres. Nah, ketika merasa stres sudah pernahkan Anda mencoba cara unik ini?
TIPS MENGHILANGKAN STRES BAGI KESEHATAN

Sebab, ada beberapa cara tak terduga dan cenderung unik yang bisa dilakukan untuk membantu mengurangi stres yang dirasakan, seperti berikut:

1. Hirup aroma jeruk


Ketika stres, indera penciuman seseorang akan lebih tajam karena tubuh sedang dalam mode 'bertahan'. Nah, manfaatkanlah mode bertahan tubuh dengan menghirup aroma jeruk. Melalui cara itu, kadar stres yang dirasa bisa menurun.

Penelitian di Brazil menemukan peserta yang stres saat ujian dan diberi wewangian jeruk lima menit sebelum ujian merasa tidak terlalu stres saat ujian tiba. Bahkan, efek menurunnya tingkat stres ini bisa bertahan sampai seharian. Jika tak punya wewangian jeruk, aroma buah jeruk pun bisa dimanfaatkan.

2. Ngemil sehat

Umumnya, makan menjadi salah satu cara ampuh untuk relaksasi. Tapi ingat, bukan berarti Anda harus menyantap camilan dengan kalori tinggi lho. Ada baiknya pilih sayur, buah, atau olahan lain yang tida tinggi kalori.

Misalnya saja blueberry yang sarat dengan vitamin C dan berguna untuk membantu menurunkan kadar hormon stres yakni kortisol. Atau, sesap saja teh chamomile yang dikenal bisa menenangkan pikiran ketika cemas.

3. Lenturkan wajah

Ketika stres dan merasa tegang, membuat muka konyol bisa membantu Anda lebih rileks. Caranya, kernyitkan wajah Anda selama 15 detik, lepaskan, kemudian lakukan lagi. Cara ini bisa membantu mengurangi ketegangan terutama di wajah, pada bagian atas leher.

4. Ganti warna lampu kamar

Saat dirasa banyak masalah yang harus diselesaikan dan rentan membuat Anda stres, tak ada salahnya menjajal untuk mengganti warna lampu di kamar Anda. Dari awalnya berwarna putih terang, Anda bisa mengganti dengan sinar lampu agak kebiruan.

"Mengganti lampu dari cahaya putih menjadi warna kebiru-biruan bisa mengurangi kelelahan, memperbaiki suasana hati, serta meningkatkan kualitas tidur," kata psikolog Joseph Cilona.

5. Keluar ruangan sejenak

Tak perlu harus pergi ke taman, berjalan cepat di luar ruangan, termasuk di halaman kantor bisa membantu memperbaiki suasana hati akibat stres. Jika tak memungkinkan, misalnya karena hari sedang hujan, coba saja melakukan meditasi selama 5 menit. Saat pulang kantor pun, usahakan jangan membawa pekerjaan ke rumah.
0 Komentar untuk "TIPS MENGHILANGKAN STRES BAGI KESEHATAN Cara Unik Membantu Mengurangi Stres"

Back To Top