Kumpulan Tips Cantik Alami Perawatan Wajah Tradisional Tips Sehat Pewarna Rambut Cat Rambut Halal Model Rambut Terbaru

FLEK HITAM DI WAJAH Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Secara Alami

FLEK HITAM DI WAJAH Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Secara Alami. Noda hitam di wajah bisa membuat wanita tidak percaya diri. Tak heran bila banyak wanita yang mengeluh karena memiliki bintik hitam di wajahnya. Beberapa dari mereka kemudian pergi ke dokter kulit demi mengurangi flek hitam tersebut.
FLEK HITAM DI WAJAH

Meskipun sudah melakukan berbagai perawatan terkadang flek hitam sulit dipudarkan terutama karena faktor bertambahnya usia. Dr. Vinia Permata, SpKK mengatakan salah satu tanda penuaan adalah munculnya flek.

"Salah satu tanda penuaan kulit adalah flek. Kondisi flek berupa bercak-bercak kecoklatan yang timbul di permukaan kulit akibat proses penuaan," tutur Dr Vinia saat ditemui Wolipop beberapa waktu lalu.

Jika penyebabnya karena bertambahnya usia, dokter spesialis kecantikan dan gizi, DR med. Dr. Maya Surjadjaja, MS, SpGK, mengatakan salah satu cara untuk memudarkan flek hitam di wajah adalah dengan minum suplemen yang tak hanya berguna untuk kecantikan tapi juga kesehatan. Berikut tips yang diberikan oleh Maya untuk memudarkan flek hitam sekaligus mengurangi tanda penuaan di wajah tanpa harus memakai krim.

1. Suplemen
Menurut dokter lulusan Freie Universitaet Medical Faculty, Jerman itu, salah satu cara mengurangi flek hitam dengan mengonsumsi suplemen kecantikan atau neutraceutical. Pilih suplemen yang fokus untuk memudarkan flek hitam di kulit tapi perhatikan pula kandungannya.

"Neutracetical, dia adalah suplemen untuk menambah estetika. Suplemen ini perpaduan antara nutrisi dan pharmaceutical," ujar Maya saat berbincang dengan Wolipop usai peluncuran 'H2 Health & Happiness' di Bistronomy, Jakarta Selatan, Rabu (28/1/2014).

2. Pola Makan Dijaga
Maya menuturkan, tak hanya minum suplemen tapi juga pola makan yang baik. Kecantikan kulit dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Jika pola makan tak dijaga, tidak hanya menimbulkan bercak hitam tapi juga bisa mempercepat tanda-tanda penuaan.

3. Hormon Seimbang
Maya mengatakan flek hitam adalah pigmentasi yang terjadi di kulit wajah. Pigmentasi juga dipengaruhi hormon. Oleh karena itu, Anda harus memiliki hormon yang seimbang. Untuk mengetahui hormon seimbang atau tidak, sebaiknya cek ke dokter. Hormon yang tak seimbang bisa menimbulkan masalah pada kulit seperti jerawat membandel. Bekas jerawat juga bisa menimbulkan flek hitam yang mengganggu.

4. Hindari Stres
"Kita tak boleh bersahabat dengan stres karena akan mempengaruhi kesehatan dan kecantikan kulit," saran wanita yang praktek di Klinik Gracia Patricia itu. Stres bisa memperbanyak kerutan di wajah. Ini tentu akan mempengaruhi penampilan Anda. Oleh karena itu, hindari stres menjadi cara ampuh untuk mengurangi tanda-tanda penuaan tanpa harus pakai krim.

5. Olahraga
Cara mencegah tanda penuaan lainnya dengan rutin berolahraga. Olahraga sangat penting untuk kesehatan kulit dan tubuh. Oleh karena itu, rajinlah berolahraga yang akan mempengaruhi penampilan Anda.

6. Istirahat yang Cukup
"Tidur yang cukup bisa mengurangi tanda penuaan," ujar Maya. Mendapatkan istirahat yang cukup bisa membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Tidak hanya itu, memiliki waktu tidur yang teratur juga berpengaruh terhadap kesehatan dan kecantikan kulit.

Flek wajah merupakan noda atau bercak berwarna coklat atau kehitaman biasanya simetris, terdapat pada wajah akibat pigmentasi kulit yang berlebihan. Bila bentuk flek besar disebut sebagai melasma, bila bentuk titik-titik disebut sebagai freckles atau ephelides. Flek bisa terjadi di beberapa bagian tubuh, terutama di daerah wajah.

Penyebab umum dari munculnya flek diwajah diantaranya :
  • Faktor keturunan. Beberapa orang pada masa dewasa mempunyai “bakat” untuk timbul flek coklat pada wajah
  • Akibat paparan sinar matahari.
  • Pemakaian obat hormonal, misalnya obat pencegah kehamilan atau suntik KB.
  • Kehamilan
  • Bekas adanya jerawat.
  • Pemakaian obat antibiotik, antiepilepsi dan antiperadangan.
  • Pemakaian kosmetik yang kemungkinan besar mengandung merkuri dan asam salisilat, bila digunakan terus menerus, akan menyebabkan kulit menjadi sangat sensitif terhadap sengatan sinar matahari.
Usaha untuk mengatasi flek diwajah sebenarnya tidak bersifat instan sehingga dibutuhkan ketekunan dalam mengabungkan perawatan wajah sehari-sehari yang disesuaikan dengan jenis kulit (normal, berminyak, kering / sensitive) dengan perawatan khusus secara kosmetik medis.

Cara lain  yang bisa dilakukan untuk menghilangkan flek, mulai dari memakai masker hingga pemakaian krim pemutih (bleaching cream) yang bermanfaat untuk mencerahkan wajah. Fungsi krim pemutih adalah untuk mengangkat lapisan tanduk pada kulit, melenyapkan komedo, melancarkan peredaran darah di bawah kulit, mencerahkan dan menambah kekenyalan kulit wajah. Dengan teknologi kecantikan medis modern saat ini, flek bisa cepat dihilangkan. Tapi untuk dapat melakukannya, biaya yang harus dikeluarkan pun tak sedikit.

Masker yang biasa digunakan untuk mengurangi keluhan flek adalah masker bengkuang atau mentimun, kita blender bengkoang atau mentimun, lalu lumurkan di wajah agar flek hitam di wajah memudar. Gunakanlah buah-buahan yang masih segar dan kondisinya baik, sebab bila tidak diperhatikan, bisa saja kulit wajah akan gatal-gatal. Gunakan masker secara rutin 1xz seminggu selama 10x pemakaian rutin, biasanya dapat memudarkan flek diwajah.

Selain menggunakan masker bengkoang atau mentimun secara rutin, bisa diupayakan dengan menggunakan rendaman teh semalaman, lalu besoknya usap air rendaman teh ke wajah dan biarkan kering sendiri, setelah itu basuh dengan air hangat. Irisan jeruk nipis yang di pakai merata diwajah juga bisa membantu mengangkat sel kulit mati, diamkan hingga kering lalu bilas dengan air hangat agar pori-pori terbuka, setelah itu bilas kembali dengan air dingin agar pori-pori menutup.

Untuk kesempurnaan dalam mengatasi flek wajah, kombinasikan perawatan sehari-hari diatas dengan konsultasikan ke ahli kecantikan medis sehingga perawatan bisa disesuaikan dengan jenis kulit dan berat ringan keluhan flek kamu saat ini.
0 Komentar untuk "FLEK HITAM DI WAJAH Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Secara Alami"

Back To Top