Kumpulan Tips Cantik Alami Perawatan Wajah Tradisional Tips Sehat Pewarna Rambut Cat Rambut Halal Model Rambut Terbaru

ALASAN KANDUNGAN KIMIA PADA MAKE-UP MEMPERCEPAT MENOPAUSE Resiko Bahan Kimia Pada Make-Up

ALASAN KANDUNGAN KIMIA PADA MAKE-UP MEMPERCEPAT MENOPAUSE Resiko Bahan Kimia Pada Make-Up. Belum lama ini seorang make-up artist mengaku mengalami berbagai gangguan kesehatan akibat penggunaan produk kosmetik. Rose Marie-Swift, nama penata rias tersebut dilaporkan mengalami kerontokan rambut, cepat lupa, hormon tidak stabil dan sering terkena panic attack. Belakangan diketahui gangguan kesehatan itu terjadi karena Rose terpapar bahan kimia yang ada pada kosmetik secara terus menerus.
ALASAN KANDUNGAN KIMIA PADA MAKE-UP MEMPERCEPAT MENOPAUSE

Kewaspadaan para wanita terhadap penggunaan kosmetik setiap hari tampaknya harus lebih ditingatkan lagi. Sebab baru-baru ini sebuah penelitian menemukan bahwa produk make-up juga bisa mempercepat menopause pada wanita.

Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Washington University, St. Louis, Missouri, Amerika Serikat menunjukkan bahwa pthalates, bahan pelunak plastik yang biasa ditemukan pada produk kosmetik, toiletries dan wadah makanan bisa membuat wanita menopause empat tahun lebih awal. Pada produk make-up dan perawatan tubuh, zat kimia ini banyak terkandung dalam parfum, lipstik, sabun mandi, pewarna kuku dan perawatan rambut.

Para peneliti menganalisa kandungan 111 bahan kimia di dalam darah dan urin pada 31.575 wanita yang menjadi objek penelitian. Ditemukan ada beberapa zat tertentu yang bisa menginterupsi produksi dan distribusi sejumlah hormon pada tubuh. Penemuan mereka menunjukkan bahwa wanita dengan tingkat zat kimia berbahaya tinggi di dalam tubuhnya, satu di antaranya pthalates mengalami menopause dua hingga empat tahun lebih cepat ketimbang wanita dengan tingkat bahan kimia yang lebih rendah.

Zat-zat kimia pada kosmetik ini juga bisa meningkatkan risiko beberapa jenis kanker tertentu, gangguan metabolisme, memengaruhi kesuburan, osteoporosis dan pada remaja wanita bisa mengalami pubertas dini.

"Bahan-bahan kimia tertentu terkait dengan menopause dini pada wanita dan kemungkinan bisa menyebabkan penurunan fungsi ovarium lebih cepat. Banyak dari paparan zat kimia ini yang sulit dikontrol karena berada dalam tanah, air dan udara," ujar Professor Amber Cooper yang menulis penelitian, seperti dikutip dari Daily Mail.

Selain pthalates, zat kimia berbahaya lain yang juga terdapat pada make-up, toiletries dan wadah makan plastik adalah polychlorinated biphenyls dan yang bersifat toksin yaitu furan. Zat-zat inilah yang paling berpotensi menimbulkan efek merugikan dan mengganggu fungsi ovarium.

"Menopause dini bisa menurunkan kualitas hidup wanita secara keseluruhan mulai dari kesuburan hingga kesehatan holistik," tambah Amber.

Untuk meminimalisir atau mencegah dampak negatif terhadap tubuh, para wanita diharapkan bisa membatasi pemakaian make-up maupun produk perawatan yang terlalu banyak mengandung bahan kimia. Bacalah terlebih dahulu informasi bahan-bahan pada kemasannya. Jika terlalu banyak istilah-istilah asing yang tidak dimengerti maka kemungkinan produk tersebut 70 hingga 80 persennya mengandung bahan kimia.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan produk alami atau berbasis bahan organik. Kosmetik dan perawatan tubuh berbahan organik umumnya sangat membatasi pemakaian bahan kimia atau bahkan tidak mengandung sama sekali. Carilah produk dengan sertifikasi organik untuk memastikan Anda dapatkan produk yang tepat.
0 Komentar untuk "ALASAN KANDUNGAN KIMIA PADA MAKE-UP MEMPERCEPAT MENOPAUSE Resiko Bahan Kimia Pada Make-Up"

Back To Top