Kumpulan Tips Cantik Alami Perawatan Wajah Tradisional Tips Sehat Pewarna Rambut Cat Rambut Halal Model Rambut Terbaru

7 Cara Pengobatan Rumahan untuk Mengatasi Jerawat Kistik

Info Pengobatan Rumahan untuk Jerawat Kistik - Menurut Mayo Clinic, jerawat kistik bukan hanya bentuk jerawat yang paling serius dan parah, tetapi juga cenderung paling dalam di bawah kulit. Jerawat kistik biasanya berkembang karena minyak, bakteri, dan sel kulit mati yang terperangkap di dalam folikel atau pori rambut. Kistik biasanya muncul di wajah, leher, punggung, bahu, dan lengan. Mereka menyerupai bisul dan menyakitkan saat disentuh. Baca Juga: Konsumsi Vitamin E untuk Mengatasi Jerawat dan Luka Bekas Jerawat.
 
Jerawat Kistik dan Cara Mengatasinya dengan Pengobatan Rumahan | shopify.com


Dalam artikel ini, kita akan membahas tujuh pengobatan rumahan yang dapat Anda coba, serta beberapa pilihan pengobatan tradisional. Meskipun beberapa ramuan dalam pengobatan ini telah menunjukkan beberapa khasiat penyembuhan, tidak satupun dari pengobatan ini yang terbukti secara ilmiah menjadi pengobatan yang efektif untuk jerawat kistika.

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Pengobatan Jerawat Kistik

Sebelum mencoba salah satu pengobatan ini, pertimbangkan untuk mendiskusikan penggunaannya dengan dokter atau dokter kulit. Mereka mungkin memiliki beberapa saran atau peringatan berdasarkan:

  • Jerawat kistik khusus yang Anda derita
  • Kondisi kesehatan Anda saat ini
  • Obat-obatan yang saat ini Anda konsumsi

Mengatasi Jerawat Kistik Dengan Obat Rumahan


1. Es

Karena es sering kali efektif untuk mengurangi pembengkakan, gatal, nyeri, dan kemerahan, beberapa penyembuh alami menyarankan untuk menggosokkan es batu pada bintik jerawat kistik sampai rasa dingin menjadi tidak nyaman. Beberapa merekomendasikan melakukan ini tiga kali sehari.

2. Masker aspirin

Beberapa pendukung pengobatan rumahan menyarankan untuk mencampurkan tablet aspirin yang dihancurkan dengan air untuk membuat pasta dan mengoleskannya pada jerawat kistik. Keyakinannya adalah masker ini dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Penting untuk diperhatikan bahwa aspirin dapat menyebabkan iritasi saat dioleskan langsung ke kulit. Juga, jika Anda memiliki alergi terhadap salisilat, Anda mungkin ingin menghindari mencoba obat ini.

3. Diet

Beberapa pendukung penyembuhan alami merasa bahwa produk susu mungkin bertanggung jawab atas jerawat kistik. Mereka menyarankan untuk menghilangkan semua produk susu, termasuk susu, keju, yogurt, dari makanan Anda selama 3 minggu, memantau kulit Anda untuk berjerawat baru. Mereka menyarankan bahwa jika tidak ada jerawat baru, itu indikasi bahwa produk susu adalah pemicu atau penyebab jerawat kistik Anda.

Beberapa pendukung penyembuhan alami juga mengutip bukti anekdotal bahwa gula dan makanan olahan adalah penyebab peradangan yang dapat menyebabkan munculnya jerawat kistik. Mereka merekomendasikan untuk menghilangkan semua gula rafinasi dan makanan olahan dari diet Anda.

4. Pembersih cuka

Beberapa pendukung penyembuhan alami menyebutkan sifat antibakteri cuka. Mereka merekomendasikan penggunaan pembersih cuka putih yang diencerkan pada kulit Anda dua kali sehari. Pengenceran yang disarankan biasanya sekitar 2 tutup penuh cuka dicampur dengan sekitar 3 cangkir air murni. Sekali lagi, berhati-hatilah saat mengoleskan cuka ke kulit, karena bisa menyebabkan iritasi.

5. Masker kunyit

Mengutip reputasinya sebagai anti-inflamasi dan antiseptik, beberapa penyembuh alami merekomendasikan penggunaan masker kunyit untuk mengobati jerawat kistik. Mencampur sedikit air dengan bubuk kunyit akan menghasilkan pasta yang kental.

Rekomendasi pengobatan rumahan adalah mengoleskan pasta ini langsung ke jerawat kistik dan membiarkannya di tempatnya selama sekitar 45 menit, sebelum membilasnya dengan air. Para pendukung menyarankan untuk mengulangi proses ini dua kali sehari. Penting untuk berhati-hati saat mengoleskan kunyit langsung ke kulit, karena dapat menyebabkan iritasi.

6. Probiotik

Hubungan antara kesehatan kulit dan kesehatan usus dianjurkan oleh banyak penyembuh alami, beberapa di antaranya menyarankan bahwa dosis probiotik harian dapat mendorong kulit lebih bersih dan mengurangi peradangan kulit. Mereka menyarankan untuk mendapatkan probiotik dengan makan yogurt, kimchi, sayuran, kefir, dan makanan lain yang dikatakan mengandung bakteri sehat.

7. Minyak pohon teh

Sifat antimikroba dan anti-inflamasi minyak pohon teh digunakan oleh para pendukung penyembuhan alami untuk membenarkan saran mereka untuk menggunakannya sebagai pengobatan rumah topikal untuk jerawat kistik.

8. Terapkan Perawatan Spot

Selanjutnya, terapkan tiga bahan anti jerawat. Benzoil peroksida menurunkan tingkat bakteri penyebab jerawat, krim hidrokortison mengurangi peradangan, dan asam salisilat menghilangkan minyak berlebih untuk mengeringkan jerawat. Direkomendasikan pilihan di atas dari Neutrogena dan opsi penargetan jerawat lainnya seperti Clean and Clear Advantage Acne Spot Treatment dan Cortaid.

9. Bermeditasi Lebih Sering

Jerawat sangat berhubungan erat dengan level atau tingkatan stres, apakah itu berasal dari sekolah, pekerjaan, apa pun. Oleh karena itu, apa pun yang dapat Anda lakukan untuk tetap tenang akan membantu menurunkan risiko breakout. Disarankan hal-hal seperti meditasi, yoga, olahraga, atau apa pun yang Anda sukai untuk menenangkan pikiran Anda.

10. Jangan Pecahkan Jerawat di Wajah Anda

Ya, godaan untuk memecahkan jerawat akan selalu ada, tetapi pada akhirnya, gejolak kistika Anda akan jauh lebih aman (dan menghilang lebih cepat) jika Anda menggunakan produk secara benar. Jika Anda melihat ke dalam hampir setiap lemari produk editor Byrdie, Anda mungkin akan menemukan botol kecil ajaib ini untuk tujuan yang tepat. "Karena kebanyakan terjadi di daerah dagu dan rahang, penting untuk diingat bahwa kista seperti kapal selam; mereka dimaksudkan untuk tetap berada di bawah kulit," kata Rouleau.

Dengan kata lain, jangan pecahkan. Tidak peduli metode apa yang Anda gunakan, infeksi dari kistik tidak akan naik ke permukaan kulit, meskipun Anda bisa merasakan benjolan yang menyakitkan di bawahnya. Cara terbaik Anda adalah mengobati gejala kistik dengan sesuatu seperti disarankan. Bump Solution, yang dapat membantu menenangkan infeksi dari dalam sekaligus mencegah infeksi di masa mendatang. 

Pilihan Perawatan Medis untuk Jerawat Kistik


Seorang dokter atau dokter kulit mungkin menyarankan untuk menghindari pengobatan dan perawatan rumahan, termasuk produk yang dijual bebas. Itu karena opsi ini mungkin tidak cukup kuat untuk mengobati jerawat kistik. Sebagai gantinya, untuk mengobati jerawat kistik, dokter mungkin merekomendasikan hal berikut:

  • asam azelaic (Azelex)
  • dapson (Aczone)
  • isotretinoin (Accutane)
  • antibiotik oral (tetrasiklin)
  • spironolakton (Aldactone)
  • retinoid topikal (Retin-A)

Mereka mungkin juga merekomendasikan perawatan seperti terapi berbasis cahaya (laser atau fotodinamik) atau suntikan steroid ke dalam lesi kistik dan nodular.

Baca: Daftar 6 Krim Penghilang Bekas Jerawat Efektif dan Ampuh  

Kesimpulan


Meskipun banyak pendukung penyembuhan alami merekomendasikan pengobatan rumahan ini untuk mengurangi jerawat kistik, efeknya didasarkan pada bukti anekdot yang bertentangan dengan penelitian ilmiah klinis.
 
Jerawat Kistika dan Solusi Obat Alami untuk Mengatasinya
Jerawat Kistika dan Solusi Obat Alami untuk Mengatasinya | hypb.st


Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk mencoba pengobatan rumahan seperti masker aspirin, pembersih cuka, atau masker kunyit, diskusikan gagasan tersebut dengan dokter atau dokter kulit terlebih dahulu. Mereka dapat memberi tahu Anda apakah itu pilihan perawatan yang tepat untuk kulit dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Jika Anda mengkhawatirkan jerawat kistik dan belum memiliki dokter kulit, Anda dapat mengunjungi dokter di daerah Anda.
0 Komentar untuk "7 Cara Pengobatan Rumahan untuk Mengatasi Jerawat Kistik"

Back To Top