Kumpulan Tips Cantik Alami Perawatan Wajah Tradisional Tips Sehat Pewarna Rambut Cat Rambut Halal Model Rambut Terbaru

Kapan Harus Membuang Kosmetik Lama Yang Telah Dibuka (Masa Kadaluarsa)

Waktu Yang Tepat Membuang Kosmetik Lama Yang Telah Dibuka - Melihat promo diskon dengan harga yang menggiurkan bisa membuat kita sulit menahan godaan belanja. Terlebih jika itu kosmetik atau skincare yang sudah lama kita incar. Yang sering kita lupakan adalah masih ada kosmetik yang bisa digunakan di rumah. Baca juga: Daftar Krim Penghilang Bekas Jerawat Ampuh.
Kosmetik Info Masa Pakai Kadaluarsa Setelah Dibuka
Kosmetik Info Masa Pakai Kadaluarsa Setelah Dibuka | theculturetrip.com


Membiarkan kosmetik menumpuk bukanlah ide yang bagus. Oleh karenanya, jangan ragu untuk membersihkan kosmetik dan "membuang"-nya bila sudah tak dibutuhkan.

Waktu yang tepat kapan kosmetik dibuang sudah saatnya dibersihkan



1. Hanya tersimpan di laci

Apabila kosmetik hanya dipakai beberapa kali dan lebih sering disimpan di laci, tanyakan pada diri sendiri apakah kosmetik benar-benar dibutuhkan.

Hal lain yang perlu diingat, kosmetik memiliki masa pakai setelah dibuka. Walau terlihat masih bagus, bisa saja kosmetik tersebut sudah rusak.

Terutama jika kosmetik disimpan di tempat yang lembap. Adanya perubahan warna, konsistensi, atau aroma menandakan kosmetik harus dibuang.

Panduan umum masa pakai (kadaluarsa) kosmetik setelah dibuka



  • Maskara: 2-3 bulan
  • Concealer cair dan foundation: 6-12 bulan
  • Lipstik: 2 tahun
  • Lip gloss: 1 tahun
  • Cat kuku: 1- 2 tahun Bedak riasan seperti blush on, eyeshadow, dan foundation: 2 tahun
  • Wewangian: 6-18 bulan


2. Tidak dipakai sama sekali

Seperti yang dikatakan sebelumnya, terkadang orang belanja secara impulsif padahal sebenarnya barang tersebut tidak dibutuhkan. Sama halnya dengan kosmetik.

Beberapa perempuan ada yang membeli kosmetik karena sedang diskon atau tergiur dengan review dari influencer. Tapi pada akhirnya produk itu tidak dipakai dan hanya disimpan.

Kosmetik yang tidak terpakai sebaiknya dibersihkan, bisa juga diberikan kepada orang lain. Jangan merasa "sayang", hingga enggan membuangnya.

3. Ada orang lain yang lebih membutuhkan

Ada sejumlah alasan yang membuat seseorang tidak lagi memakai kosmetik yang dibelinya. Contoh, kosmetik tidak cocok dengan warna atau jenis kulit.

Tidak ada salahnya untuk memberikan kosmetik tersebut kepada teman atau anggota keluarga sehingga lebih bermanfaat.

4. Meja rias berantakan

Meja rias yang berantakan dan pengelompokan kosmetik tidak rapi bisa menjadi tanda sudah saatnya kosmetik dipilih ulang. Taruhlah kosmetik yang benar-benar dibutuhkan di atas meja rias.

Tak ada salahnya untuk mengelompokkan kosmetik agar lebih efisien ketika dipakai.

 
Masa Kadaluarsa Kosmetik Setelah Dibuka
Masa Kadaluarsa Kosmetik Setelah Dibuka

Demikianlah artikel tentang tips kapan harus membuang kosmetik atau menyingkirkannya dari meja rias, sebagaimana dilansir dari situs kompas. Hal ini sangat penting ya, jangan sampai disepelekan. Kebersihan adalah satu kunci penting terkait perawatan kecantikan.

0 Komentar untuk "Kapan Harus Membuang Kosmetik Lama Yang Telah Dibuka (Masa Kadaluarsa)"

Back To Top