Kumpulan Tips Cantik Alami Perawatan Wajah Tradisional Tips Sehat Pewarna Rambut Cat Rambut Halal Model Rambut Terbaru

Apa Faktor Penyebab Muka Jerawatan untuk Orang Dewasa Wajah Penuh Jerawat

Kenali Faktor Penyebab Muka Jerawatan untuk Orang Dewasa - Kalau berhubungan dengan penampilan, jerawat menjadi masalah kulit yang cukup menjengkelkan dan susah untuk diatasi. Apalagi jerawat tidak mengenal usia, bisa diderita oleh remaja dan orang dewasa. Dokter spesialis kulit dari India, dr Jushya Sarin mengatakan bahwa mengatasi jerawat orang dewasa itu sangat sulit karenanya harus diatasi dari akar masalahnya. Dan kalau terlambat ditangani, bisa menjadi masalah kulit yang serius. Baca juga: Cara Mengatasi Masalah Jerawat di Dahi atau Jidat.

 
Kulit Wajah Cantik dan Mulus Tidak Jerawatan
Kulit Wajah Cantik dan Mulus Tidak Jerawatan | look-beautiful.de


“Dengan kata lain, untuk benar-benar mengobati jerawat, Anda mungkin perlu memahami apa penyebabnya sejak awal,” kata Sarin, sebagaimana dilansir oleh Rpublika dari situs Indian Express.

Faktor Penyebab Muka Jerawatan Orang Dewasa Muka Penuh Jerawat



Fluktuasi hormonal

Peningkatan hormon progesteron dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak pada kulit. Demikian pula hormon androgen pada pria juga dapat meningkatkan produksi sebum yang bisa menyebabkan jerawat. Kedua hormon ini bertambah jumlahnya seiring dengan bertambahnya usia. Perlu diwaspadai sejak dini.
Muka Bersih dan Halus Cantik Tanpa Jerawat
Muka Bersih dan Halus Cantik Tanpa Jerawat | beautifulyouskincare.com


Stres

Stres dapat memperburuk keadaan dan mempengaruhi tubuh menjadi tidak sehat. Stres kronis berperan besar dalam masalah kulit seperti jerawat, dan hormon stres atau kortisol diduga kuat bertanggung jawab atas hubungan tersebut. Hal ini perlu ditangani dengan cepat, agar kesehatan kulit dapat terjaga. 

Polusi

Kotoran berlebih yang bersumber dari polusi bisa meningkatkan kemungkinan pori-pori tersumbat. Jadi pastikan untuk membersihkan wajah atau lakukan double cleansing setelah pulang beraktivitas di luar rumah. Sebisa mungkin tidak memegang muka atau menggunakan tangan untuk menghapus keringat atau minyak di wajah. Siapkan sapu tangan bersih atau tisu di tas, karena tangan yang tidak higenis justru semakin menambah sumbatan pori di wajah.

Menggunakan produk yang salah

Salah satu penyebab jerawat yang umum pada orang dewasa adalah penggunaan skin care yang tidak sesuai dengan jenis kulit. Jadi jika Anda memiliki jenis kulit berminyak atau kombinasi, maka gunakanlah produk dengan label oil-free, non-comedogenic, atau water-based. Perlu juga untuk melakukan pemeriksan ke ahli kecantikan atau dokter kulit untuk mengetahui jenis kulit kita.

Faktor makanan

Makanan berminyak, cepat saji, produk susu dan konsumsi tepung yang berlebihan juga dapat menyebabkan kulit berjerawat. Maka solusinya, kurangilah konsumsi makanan tersebut dan gantilah dengan asupan yang lebih sehat. Perbanyak makan sayur dan buah serta konsumsi air putih yang cukup.

Terlalu sering membersihkan wajah

Untuk menghindari munculnya jerawat, disarankan untuk membersihkan wajah dua kali saja dalam sehari.
Membersihkan Muka dengan Benar Bebas Jerawatan
Membersihkan Muka dengan Benar Bebas Jerawatan | freepik


Karena jika terlalu sering, wajah akan memproduksi lebih banyak minyak untuk mengimbangi keringnya kulit akibat terlalu sering membersihkan wajah. Hal ini dapat menyebabkan memperbesar pori-pori kulit, yang pada gilirannya menyebabkan jerawat.

Kondisi medis

Dr Sarin menjelaskan bahwa kondisi medis seperti sindrom polikistik ovarium (PCOS) dapat membuat hormon Anda berfluktuasi. Tidak hanya itu, suplemen vitamin B12, steroid hingga lithium juga bisa memperparah jerawat.

Dengan mengetahui berbagai faktor penyebab muka atau wajah orang dewasa berjerawat di atas, diharapkan dapat menjadi perhatian, agar dapat dilakukan langkah yang tepat dalam mengatasi masalah jerawatan yang Anda derita. Untuk ulasan lebih lengkap, silahkan dibaca artikel Jerawat - Faktor Penyebab Pencegahan Gejala Pengobatan Jerawat dan Luka Bekas Jerawatan

0 Komentar untuk "Apa Faktor Penyebab Muka Jerawatan untuk Orang Dewasa Wajah Penuh Jerawat"

Back To Top