Kumpulan Tips Cantik Alami Perawatan Wajah Tradisional Tips Sehat Pewarna Rambut Cat Rambut Halal Model Rambut Terbaru

Cara Mengetahui Kosmetik Halal atau Haram dari Jenis Alkohol Info MUI

Cara Mengetahui Kosmetik Halal atau Haram dari Jenis Alkohol Info MUI- Saat ini para wanita muslimah semakin mawas dalam memilih produk kosmetika karena takut mengandung bahan yang tidak halal. Coba lihat artikel tentang Daftar Kosmetik Halal MUI LPOM Sertifikasi Terbaru ya. Wakil Direktur Lembaga Pengawasan Pangan Obat dan Makanan Majelis Ulama Indonesia (LPPOM-MUI) Bidang Auditing, Ir Muti Arintawati Msi, menerangkan, tidak seluruh jenis alkohol diharamkan. Menurutnya, hanya kosmetika yang mengandung alkohol jenis ethyl alcohol (etanol dan methylated spirit) yang dinilai haram. Jenis ini banyak digunakan pada lotion aftershave maupun parfum wanita. Zat ini dapat diserap oleh kulit.
Kosmetik Halal Sertifikasi MUI LPOM Tips Cara Mengetahui Kehalalan Kosmetika www.tipscantikterkini.com

Sedangkan, jenis cetyl alcohol dan cetearyl alcohol dikategorikan halal. Cetyl adalah alkohol yang terdiri atas molekul berantai panjang. Alkohol ini berbentuk padat sehingga tidak dapat diminum dan tidak dapat diserap kulit. Bahan ini juga tidak beracun. Sedangkan, cetearyl alcohol banyak terdapat pada kosmetik dan skin care. Cetearyl alcohol sebenarnya bukan benar-benar alkohol. Zat ini merupakan lilin (wax) yang teremulsi yang dibuat dari tumbuhan. www.tipscantikterkini.com

Fatwa MUI tentang kosmetik halal ini sudah ditetapkan dalam sidang komisi fatwa 13 Juli 2013 lalu. Dalam sidang tersebut dinyatakan, penggunaan kosmetika untuk kepentingan berhias hukumnya boleh dengan syarat bahan yang digunakan halal dan suci, ditujukan untuk kepentingan yang dibolehkan secara syar’i, dan tidak membahayakan.

Penggunaan kosmetika dalam yang dikonsumsi atau masuk ke tubuh yang menggunakan bahan najis atau haram hukumnya ialah haram. Namun, jika untuk penggunaan luar (tidak masuk ke tubuh) yang menggunakan bahan najis atau haram selain babi diperbolehkan. Namun, syaratnya harus melakukan penyucian setelah pemakaian (tathhir syar’i).

MUI juga mengimbau masyarakat untuk memilih kosmetika yang suci dan halal serta menghindari penggunaan produk kosmetika yang haram dan najis, makruh, tahrim, dan yang menggunakan bahan yang tidak jelas kehalalan serta kesuciannya.

Nah semoga informasi mengenai Tips Cara Mengetahui Kosmetik Halal atau Haram dari Jenis Alkohol dari MUI ini dapat menjadi pedoman buat kamu yang ingin tetap merias diri namun takut jika produk yang digunakan tidak jelas kehalalannya.
0 Komentar untuk "Cara Mengetahui Kosmetik Halal atau Haram dari Jenis Alkohol Info MUI"

Back To Top