Kumpulan Tips Cantik Alami Perawatan Wajah Tradisional Tips Sehat Pewarna Rambut Cat Rambut Halal Model Rambut Terbaru

Inilah Manfaat Menggunakan Kosmetik Halal Sertifikasi Kehalalan MUI BPOM

Manfaat Menggunakan Kosmetik Halal Sertifikasi MUI BPOM - Memakai kosmetik begitu melekat dengan kecantikan wanita dan dianggap faktor penunjang penampilan yang wajib digunakan setiap hari. Masyarakat Indonesia, tak mau ketinggalan dalam hal menggunakan maupun memroduksi produk kosmetik. Buktinya, semakin banyak produsen kosmetik kecil, sedang, maupun besar yang semakin bersaing dalam menjajakan beragam produk kosmetik yang berbeda beda kualitas dan ciri khasnya. Namun, yang menjadi pertanyaan utama adalah apakah produk kosmetik yang Anda gunakan sudah halal? Apakah sebuah produk kosmetik memiliki sertifikasi kehalalan? Dan adakah manfaat menggunakan kosmetik halal yang telah memiliki sertifikasi dari MUI dan lolos uji BPOM? Sebagai referensi, lihat Daftar Kosmetik Halal MUI Terbaru LPPOM 2015.
Foto Kosmetik Halal Manfaat Memakai Kosmetik Sertifikasi Kehalalan MUI
Foto Kosmetik Halal Manfaat Memakai Kosmetik Sertifikasi Kehalalan MUI

Menurut data yang dimiliki oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), hingga saat ini, jumlah kosmetik yang ada di Indonesia mencapai 1.550 produk, namun sayangnya, yang sudah tersertifikasi halal baru sebanyak 21 produk saja, atau senilai 1,79 persen dari jumlah produk terdaftar.

Hal ini, menurut Ir. Lukmanul Hakim, MSi, direktur eksekutif LPPOM MUI, sangat disayangkan, mengingat Indonesia adalah salah satu negara bermasyarakat muslim terbanyak di dunia.

Pada kenyataannya, standar kehalalan bagi produk kosmetik di Indonesia sangatlah penting dijunjung tinggi, mengingat sebagian besar masyarakat Indonesia memeluk agama Islam, yang menjunjung tinggi kehalalan.

"Namun, tidak hanya dalam aspek agama, standar kehalalan ini juga berkait pada efek jangka panjang, yang menjadi alasan mengapa sertifikasi halal sangat penting bagi kami," ujarnya.

Lalu mengapa dan apa manfaat memakai kosmetik halal? Beriikut ini beberapa alasan mengenai hal ini:

1. Kosmetik adalah produk yang bereaksi langsung dengan tubuh, melalui luar seperti yang diaplikasikan pada kulit, dan dalam tubuh yang berbentuk obat-obatan. Jadi potensi bahayanya harus ditekan, dengan menentukan halal atau tidaknya sebuah produk tersebut.

2. Kosmetik, menggunakan bahan baku yang bisa saja mengandung zat-zat berbahaya, seperti salah satunya yang berasal dari binatang. Hal ini yang menjadi masalah, mengingat penyembelihan binatang harus dilakukan secara Islami, jika ingin memastikan kehalalan binatang tersebut.

3. Beberapa jenis kosmetik, biasanya mengandung zat zat anti air (waterproof) yang menahan air di kulit dan tidak terserap oleh kulit. Hal ini bisa membuat wudhu tidak sah.

Hal-hal seperti itulah, yang kemudian membuat pemerintah Indonesia terus berusaha untuk memastikan bahwa semua produk kosmetik, makanan, maupun obat-obatan yang beredar di Indonesia sudah tersertifikasi halal. Tidak hanya untuk melengkapi syariah agama, namun juga untuk kesehatan dan kemanan jangka panjang dari produk tersebut.

Nah semoga dengan membaca informasi mengenai kegunaan atau Manfaat Menggunakan Kosmetik Halal yang telah memiliki Sertifikasi Kehalalan MUI dan lulus uji BPOM ini dapat memberikan gambaran, khususnya kepada para muslimah, untuk berhati-hati dalam memilih dan memakai kosmetik. Cantik dan sehat tentunya yang kita harapkan ya.
0 Komentar untuk "Inilah Manfaat Menggunakan Kosmetik Halal Sertifikasi Kehalalan MUI BPOM"

Back To Top