Kumpulan Tips Cantik Alami Perawatan Wajah Tradisional Tips Sehat Pewarna Rambut Cat Rambut Halal Model Rambut Terbaru

MANFAAT TIDUR SIANG UNTUK KESEHATAN Fungsi Tidur Siang

MANFAAT TIDUR SIANG UNTUK KESEHATAN Fungsi Tidur Siang . Tidur siang merupakan salah satu aktivitas yang baik untuk dilakukan terutama bagi mereka yang melakukan aktivitas pagi atau kegiatan yang cukup berat di pagi sampai siang hari. Tidur siang rata-rata dilaksanakan antara pukul 13.00 sampai 17.00 dengan durasi antara 30 menit sampai 1 jam.

MANFAAT TIDUR SIANG UNTUK KESEHATAN
Meskipun dengan waktu yang relatif singkat, ternyata manfaat dari tidur siang bagi kesehatan ini cukup banyak. Oleh karena itu, bagi kita yang setiap harinya melakukan aktivitas kerja atau belajar di pagi sampai siang hari sebaiknya melakukan tidur siang ini.

Manfaat Hebat Tidur Siang
Secara umum manfaat tidur siang berkaitan dengan proses kerja otak, dimana dengan adanya istirahat maka otak akan kembali segar dan pekerjaanpun dapat diselesaikan dengan efektif dan efisien.

1. Mampu meningkatkan mood atau gairah kerja

Aktivitas yang kita lakukan sering kali menimbulkan kebosanan atau kejenuhan, sehingga diantara waktu kerja, sebaiknya kita mengistirahatkan badan dan otak kita, salah satunya dengan tidur siang. Menurut Mednick "Tidur siang dapat menggenangi otak dengan serotonin serta mampu membalikkan efek tersebut serta menciptakan suatu pandangan yang lebih positif."

2. Mampu meningkatkan daya ingat

Tidur siang mampu meningkatkan daya ingat otak terutama bagi para lansia. Jeda yang singkat antara aktivitas atau bekerja (tidur siang) membantu seseorang untuk mengembalikan kondisi otak menjadi lebih segar, dengan kondisi otak yang lebih segar mempermudah seseorang untuk mengingat dan belajar. Oleh karena itu selain ditujukan kepada lansia, tidur siang ini juga baik untuk anak-anak dalam masa pembelajarannya.

3. Meningkatkan indra dan kreativitas kerja

Secara umum tidur siang dapat juga meningkatkan persepsi sensorik pada otak yang sama efektifnya dengan tidur malam hari, hal tersebut disampaikan oleh Ilmuwan Sara Mednick C. Selain peningkatan pada indra, tidur siang juga dapat menambah kreativitas kerja, hal tersebut dikarenakan dengan kondisi otak yang lebih baik daripada orang yang tidak melakukan tidur siang, sehingga kreativitas kerja pun dapat meningkat. Kebiasaan tidur siang yang baik dan benar, secara bertahap akan membuat kreativitas kerja seseorang menjadi lebih baik.

4. Membantu meningkatkan kewaspadaan

Tidur siang antara 30 menit sampai 1 jam sangat baik untuk meningkatkan kewaspadaan, terutama dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi kafein 200mg untuk fungsi yang sama. Penelitian itu dilakukan oleh NASA terhadap pilot maupun co-pilot yang bertugas disana. Dengan demikian apabila kita ingin lebih waspada terutama pada siang hari, maka sebaiknya melakukan tidur siang.

5. Membantu mengatasi insomnia

Pada orang yang mengalami insomnia atau susah tidur malam, salah satu solusinya adalah tidur siang. Insomnia yang berkepanjangan dapat menyebabkan : Kelelahan, Penurunan daya ingat, Sulit berkonsentrasi dan Penurunan kualitas kerja. Dengan melakukan tidur siang, kondisi tubuh dapat beristirahat sejenak setelah aktivitas, sehingga pada saat tidur Malam, tubuhpun sudah siap untuk tidur namun dalam kondisi yang jauh lebih rileks dibandingkan tanpa tidur siang.

6. Membantu mengurangi stress

Stress berkepanjangan, kurang baik untuk kesehatan. Meskipun setiap manusia pasti mengalami stress akibat permasalahan yang timbul, namun bagaimana mencegah timbulnya stress yang berkepanjangan dan mengatasinya menjadi sangat penting. Penyelesaian yang baik terhadap stress ini dapat dilakukan manakala tubuh dan otak dalam kondisi yang prima, dengan tidur siang, kondisi tubuh dan otak yang prima dapat lebih mudah untuk didapatkan.

7. Meningkatkan kesehatan tubuh

Secara umum, dengan kondisi tubuh yang prima dan baik, maka kesehatan pun akan terjaga. Tidur yang cukup termasuk dalam pola hidup yang sehat, hal tersebut bertujuan untuk menjaga kesehatan dan kesegaran tubuh. Meluangkan waktu tidur 30 menit sampai 1 jam pada siang hari dapat mencegah peningkatan hormon kortisol, hormon yang membuat tubuh mengalami stress dan gangguan fungsi organ lainnya.

Demikian 7 manfaat tidur siang, semoga kebiasaan yang baik dapat kita terapkan dalam rangka memperoleh kesehatan tubuh yang baik serta mencegah terjadinya penyakit-penyakit akibat kekurangan tidur. Mencegah jauh lebih baik daripada mengobati.
0 Komentar untuk "MANFAAT TIDUR SIANG UNTUK KESEHATAN Fungsi Tidur Siang "

Back To Top