Kumpulan Tips Cantik Alami Perawatan Wajah Tradisional Tips Sehat Pewarna Rambut Cat Rambut Halal Model Rambut Terbaru

MANFAAT SARAPAN PAGI UNTUK KESEHATAN Tips Makan Pagi

MANFAAT SARAPAN PAGI UNTUK KESEHATAN Tips Sarapan Pagi. Makan pagi atau sarapan pagi merupakan aktivitas yang sering dilupakan, baik oleh pelajar, mahasiswa maupun pekerja, hal tersebut disebabkan kerena kesibukan dan waktu yang terbatas untuk menyiapkan sarapan pagi, sehingga terkadang sarapan pagi ala kadarnya bahkan mungkin tidak sarapan.

MANFAAT SARAPAN PAGI UNTUK KESEHATAN
Padahal, sarapan pagi sangatlah penting untuk tubuh, bahkan apabila aktivitas tersebut ditinggalkan atau tidak dibiasakan maka akan berakibat kurang baik terhadap kesehatan tubuh.

5 Manfaat Sarapan Pagi

Apa saja manfaat dari sarapan pagi sehingga kita perlu membiasakannya? Berikut 5 manfaat dari sarapan pagi yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Meningkatkan konsentrasi

Sarapan pagi terbukti mampu meningkatkan konsentrasi, terutama fokus belajar dan bekerja. Kita mengetahui bahwa pada saat tidur malam, otak tetap bekerja sehingga membutuhkan energi yang cukup, sehingga energi tubuh berkurang pada saat bangun tidur, akibatnya pada pagi hari tubuh lemas akibat kurang energi, dengan sarapan pagi hal tersebut dapat diatasi sehingga asupan energi ke otak dan tubuh tetap tercukupi. Bagi anda yang beraktivitas dan bekerja terutama dengan fokus pikiran seperti guru, sangat disarankan untuk sarapan pagi.

2. Mencegah sakit maag

Sakit maag atau Gastritis merupakan sakit yang diakibatkan oleh jumlah asam lambung yang meningkat sehingga mengiritasi lambung. Salah satu penyebabkan adalah keterlambatan makan. Kita mengetahui bahwa lambung, pada jam-jam tertentu menghasilkan asam lambung yang tinggi, terutama pada waktu jam makan, apabila pada saat itu tidak ada asupan makan maka asam lambung akan mengiritasi lambung yang menyebabkan terjadinya radang lambung. Sarapan pagi adalah salah satu cara untuk mencegahnya.

3. Menurunkan berat badan

Mitos bahwa sarapan pagi dapat meningkatkan berat badan kurang tepat. Bahkan sebaliknya, dengan sarapan pagi, bagi yang sedang program diet untuk menurunkan berat badan, hal tersebut sangat efektif. Sarapan pagi dapat meningkatkan metabolisme tubuh, tubuh yang istirahat pada malam hari kemudian melakukan metabolisme karena ada asupan sarapan, dengan tubuh melakukan metabolisme (selain aktivitas) maka lemak-lemak yang ada dalam tubuh, juga ikut dibakar, sehingga program penurunan berat badan menjadi lebih efektif dengan porsi diet pada sarapan pagi.

4. Membantu tumbuh kembang anak

Pada anak-anak (usia 0-12 Tahun) asupan sarapan pagi merupakan salah satu prasarat bagi tumbuh kembang yang baik. Anak yang tidak sarapan pagi jauh lebih rendah tumbuh kembangnya dibandingkan dengan anak yang sarapan pagi selain itu juga dari segi prestasi, anak yang rutin sarapan pagi cenderung memiliki prestasi yang lebih baik dibandingkan dengan yang tidak sarapan pagi. Secara logika, hal tersebut sangat mungkin, mengingat dengan sarapan pagi, anak lebih mudah menerima pelajaran.

5. Membantu mengontrol makan yang berlebihan

Sarapan pagi sangat membantu mengontrol makan yang berlebihan. Hal tersebut disebabkan dengan sarapan pagi maka kecenderungan untuk "ngemil" pada saat pagi menjelang siang atau makan siang berkurang, serta porsi makan siang yang tentu saja "lebih sedikit" dibandingkan dengan orang yang tidak sarapan pagi. Mengemil dan makan dalam porsi yang banyak tentu saja dapat menjadi salah satu faktor resiko dari obesitas atau kegemukan, hal yang dihindari oleh orang yang diet untuk penurunan berat badan.

Demikian 5 manfaat dari sarapan pagi, semoga menjadi pengayaan pengetahuan bagi kita sehingga dengan suka rela maupun terpaksa, kita membiasakan diri untuk sarapan pagi, berat memang diawal, tapi hasilnya akan kita rasakan kemudian. Membiasakan hidup sehat memang sulit, tetapi lebih sulit lagi kalau kita harus menyembuhkan penyakit akibat kebiasaan hidup yang tidak sehat.
0 Komentar untuk "MANFAAT SARAPAN PAGI UNTUK KESEHATAN Tips Makan Pagi"

Back To Top